7 Ide Usaha Saat Wisuda Untuk Mahasiswa

Usaha saat wisuda memang tidak bisa mendapatkan pemasukan secara rutin setiap hari. Tapi dengan membuat usaha saat wisuda merupakan peluang yang patut dicoba dan hasilnya juga menjanjikan loh! Sebab momen wisuda adalah momen yang paling dinantikan oleh para mahasiswa yang sudah menyelesaikan skripsinya. Oleh karena itu, momen wisuda tersebut akan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menggelar acara formal yang cukup meriah.

7 Ide Usaha Saat Wisuda Untuk Mahasiswa
theprogress.com

Momen Wisuda

Di momen wisuda juga biasanya para wisudawan mengajak keluarga, sahabat, maupun sanak saudara untuk bisa menghadiri acara tersebut. Sehingga sangatlah wajar bila sedang berlangsung wisuda, kampus serta sejumlah tempat lainnya begitu ramai dan padat.

Selain dipadati oleh para pengantar wisudawan, disekitar tempat wisuda biasanya dipadati oleh penjual yang menggelar dagangannya. Barang yang dijual tersebut diantaranya adalah makanan, minuman, pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya.

Membuka usaha saat wisuda sebenarnya sangat bisa dilakukan oleh para mahasiswa yang ingin mencoba berbisnis. Kamu bisa menjajakan barang yang unik serta kreatif untuk mendatangkan keuntungan dari membuka usaha saat wisuda. Tapi di masa pandemi covid-19 ini wisuda yang dilaksanakan oleh kampus-kampus dilakukan secara online. Maka dari itu ketika kondisi sudah normal kembali kamu bisa mempersiapkan usaha saat wisuda lebih matang lagi.

Ide Usaha Saat Wisuda

Berikut ini Binis UKM akan membagikan beberapa ide usaha saat wisuda yang bisa kamu coba ketika kondisi sudah kembali normal, pelaksanaan wisuda dilakukan seperti biasanya. Beberapa di antaranya tetap bisa kamu lakukan meski wisuda dilakukan secara online karena pandemi covid-19. Simak ulasan selengkapnya.

1. Fotografer Momen Wisuda

rizkimurti.wordpress.com

Seorang fotografer pastinya selalu ada di momen wisuda. Sebab momen wisuda adalah salah satu momen berharga dalam perjalanan hidup seseorang. Ketika wisuda dilakukan secara online, kamu tetap bisa membuka jasa foto wisuda melalui virtual photoshoot.

Kamu bisa mempromosikan jasa kamu di media sosial. Konsumen dari jasa kamu ini sudah tentu tidak perlu bertatap muka, cukup lakukan pertemuan secara online untuk membahas konsep sesi foto, apa saja yang perlu dipersiapkan, dan kapan waktunya.

2. Buket Boneka Spesial Momen Wisuda

tokopedia.net

Usaha kreatif yang bisa kamu jual saat wisuda adalah buket boneka sebagai hadiah wisuda. Buket boneka saat wisuda rupanya tengah menjadi trend tersendiri karena bentuknya yang unik serta kreatif. Boneka yang biasanya menghiasi wajah kebahagiaan wisudawan adalah boneka tedy bear yang menggunakan baju serta toga wisuda.

Ukuran boneka yang dijual pun beragam mulai dari ukuran kecil hingga besar. Biasanya untuk boneka berukuran kecil dibuat sebuah buket sehingga terlihat menarik. Untuk menjalankan usaha ini kamu bisa bekerjasama dengan para pengrajin boneka. Kamu juga bisa menawarkan boneka custom dengan pemesanan maksimal H-3 minggu atau H-2 minggu. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa.

3. Buket Bunga

shopee.co.id

Kalau kamu tertarik untuk menjual bunga spesial untuk momen wisuda, bisa mengusung konsep yang unik. Contohnya menjual buket bunga dengan menampilkan nama wisudawan di tengah-tengah buket. Selain itu, bisa pula dengan membuat kemasan unik pada bunga. Seperti kemasan botol kecil atau bunga di dalam kotak kaca. Bunga sendiri masih dianggap sebagai pemberian unik dan juga romantis. Terlebih bila yang memberikan bunga adalah orang yang spesial bagi calon wisudawan. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa.

4. Plakat Wisuda

tokopedia.net

Selain bunga dan boneka kamu juga bisa menjual plakat untuk para wisudawan. Para wisudawan sendiri biasanya memang diberikan plakat oleh pihak kampus. Tapi biasanya, palakat tersebut bersifat formal dengan konsep desain yang itu-itu saja.

Tentu melihat hal ini adalah sebuah peluang bisnis yang bisa kamu ambil. Dengan kreativitas yang dimiliki, kamu bisa membuat konsep plakat yang unik dan kreatif. Plakat yang dijualnya biasanya terbuat dari akrilik yang terpampang foto diri wisudawan. Ada pula yang terbuat dari kayu dimana bisa diukir khusus nama wisudawan. Karena memerlukan ketelitian dalam membuat, untuk usaha ini bisa dengan sistem PO atau Pre Order. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa.

5. Selempang Gelar

tokopedia.net

Momen wisuda dulu dan zaman sekarang sangatlah berbeda. Hal tersebut bisa dilihat dari aksesoris yang dikenakan para wisudawan. Tentunya aksesoris yang mencolok tersebut bisa dilihat dari selempang gelar yang dikenakan para wisudawan.

Selempang tersebut mirip dengan selempang yang dikenakan di ajang pencarian putri indonesia atau dunia. Bedanya, selempang yang dikenakan wisudawan tentu saja diberi nama dan juga gelar dari yang bersangkutan. Selain dibuat formal, aksesoris tersebut bisa diberi nama non formal atau sekadar lucu-lucuan. Contonya “Wisudawan 4 tahun”, “akhirnya pakai toga juga”, “Yes, akhirnya wisuda”, dan lain sebagainya. Sama halnya plakat, untuk memesan selempang ini bisa diberlakukan sistem PO. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa.

6. Scrapeframe

kadowisudaku.com

Scrapeframe merupakan sebuah kerajinan tangan di mana foto diri seseorang dengan menggunakan baju wisuda bisa terpampang dalam sebuah frame dengan pernak-pernik yang menarik dilengkapi kata-kata atau hanya gelar si wisudawan. Menjual scrapframe bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Untuk membuatnya diperlukan ketelitian dan juga ketekunan sehingga ketika menjualnya bisa menggunakan sistem PO. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa. Buatlah ide yang unik, untuk referensinya kamu bisa cari di youtube atau instagram untuk akun-akun yang sering membagikan tips hand craft.

7. Vektor Wajah

aboutjukri.blogspot.com

Kalau yang satu ini cocok banget untuk kamu yang punya kemampuan dalam mengolah software desain grafis. Gambar atau ilustrasi digital sekarang ini bukan semata menjadi karya seni tapi bisa menjadi ladang bisnis juga. Biasanya tarif untuk jasa pembuatan gambar digital ini mulai dari 50 ribu sampai ratusan ribu tergantung gaya ilustrasi dan tinggat kerumitan.

Sebagai permulaan kamu bisa memasang tarif standar atau yang biasanya ada di pasaran. Kamu bisa melakukan riset sederhana dengan melihat kompetitor di media sosial. Mulai dari twitter atau instagram biasanya para pelaku usaha ini memasang portofolio dan tarif di akun mereka. Kamu bisa lakukan perbandingan harga dan style ilustrasi yang mereka bikin.

Kalau biasanya jasa vektor wajah ini hanya memberikan soft file gambarnya kamu bisa menambahkan layanan sekaligus cetak dan frame yang unik. Ide usaha ini bisa kamu lakukan saat wisuda dilaksanakan secara online atau normal seperti biasa.

Itulah beberapa ide usaha saat wisuda yang bisa kamu coba. Baik itu wisudah di masa pandemi covid19 seperti sekarang ini atau di momen wisuda ketika nanti kondisi sudah normal kembali. Simak artikel menarik tentang usaha mahasiswa lainnya hanya di bisnisukm.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba