7 Ide Bisnis Rumahan Kreatif Ini Cocok Untuk Mahasiswa

Bisnis rumahan kreatif saat ini pelakunya makin beragam. Mulai dari kalangan ibu rumah tangga. Pelajar, mahasiswa selalu mengalami inovasi dan kreasi yang semakin kreatif. Sebab bisnis rumahan kreatif ini bukan hanya sekadar dijadikan sarana untuk mencari keuntungan bisnis. Tapi bisnis rumahan kreatif juga dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan potensi diri perihal menyalurkan ide kreatif.

7 Ide Bisnis Rumahan Kreatif Ini Cocok Untuk Mahasiswa
tabloidpeluangusaha.com

Bisnis Kreatif Rumahan

Untuk menjalankan bisnis kreatif rumahan ini tentu dibutuhkan niat yang kuat. Buat kamu mahasiswa yang ingin mengisi sela waktu selama perkuliahan masih dilakukan secara online karena pandemi covid19 ini, bisnis kreatif rumahan sangat cocok untuk kamu coba. Sebab selain mengasah kreativitas kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain uang saku dari orang tua. Kamu bisa memulai bisnis kreatif ini dari rumah. Mulai dari proses produksi sampai pemasarannya.

Tips Memulai Bisnis Kreatif Rumahan

Sebelum kamu memulai bisnis kreatif rumahan ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Apa lagi untuk kamu yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis. Simak beberapa tips berikut ini ya.

1. Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar merupakan hal krusial yang harus kamu pikirkan sebelum memulai bisnis. Dengan ini kamu bisa dengan mudah memasarkan produk sesuai karakteristik target konsumen. Apakah target pasarmu adalah para remaja? Maka kamu bisa mengemas produk dengan warna-warna cerah yang menggambarkan semangat jiwa muda. Apakah target pasarmu adalah laki-laki usia dewasa? Maka kamu bisa mendesain laman instagram dengan warna-warna maskulin dan netral dengan perpaduan yang modern.

Dengan menentukan target pasar yang jelas maka produk yang kamu jual akan tepat sasaran dan bisa mendatangkan keuntungan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Biaya pemasaran yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar karena pasar yang dituju lebih spesifik.

2. Konsep Branding Bisnis Kreatif

Konsep branding merupakan langkah dasar yang harus dimiliki sebuah bisnis baru. Branding adalah mengenai kegiatan untuk menentukan apa yang akan diingat konsumen mengenai produk yang kamu jual. Mulailah dengan membuat logo produk yang mudah diingat. Logo harus merepresentasikan produk yang dijual.

Branding apa yang akan kamu usung? Apa yang membedakan produk buatanmu dengan barang lain yang sudah beredar di pasaran? Itulah pertanyaan yang harus dijawab sebelum memasarkan produk. Dengan ini kamu sudah punya pondasi kokoh untuk mengenalkan produkmu ke khalayak.

3. Pemasaran Produk Bisnis Kreatif

Setelah semuanya siap, mulailah memasarkan produk buatanmu! Di era modern seperti sekarang ini manfaatkanlah platform online dengan semaksimal mungkin. Cara ini lebih mudah karena kamu tidak perlu memiliki toko fisik untuk memulai bisnis kreatif rumahan ini.

Kamu bisa mengandalkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Apakah kamu akan fokus memasarkan di Instagram, Twitter, atau Facebook? Apakah dengan memanfaatkan market place seperti Tokopedia, Shopee, Tokopedia, dan platform lainnya? Tentunya kamu sendiri yang menentukan. Dari sana kamu bisa mengenalkan produkmu ke orang banyak lintas kota bahkan negara. Semakin banyak orang yang melihat produkmu, semakin banyak juga yang berminat membeli barang buatanmu.

Ide Bisnis Kreatif

Setelah kamu mengetahui tips apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk memulai bisnis rumahan kreatif, berikut ini beberapa ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Semua ide ini sudah pasti perlu niat dan komitmen. Kamu bahkan bisa memulainya dari rumah sehingga nggak mengharuskan kamu untuk bepergian ke luar rumah.

1. Bisnis Kreatif Hand Craft

sumbercenel.com

Mulai dari seni dekoratif, hiasan, pajangan, atau apapun. Semua bentuk hand craft atau kerajinan tangan pada umumnya bernilai lebih karena sifatnya handmade. Apalagi di zaman sekarang keberadaan berbagai situs e-commerce dan social media sangat memudahkan kamu untuk memasarkan hasil karyamu. Bingung mau bikin kerajinan tangan yang seperti apa? Yang pasti pahami dulu ketertarikan kamu dan kemampuan kamu dimana baru setelah itu menyesuaikan karya yang kamu buat dengan segmen pasar.

2. Bisnis Kreatif Aksesoris

kuka.co.id

Aksesoris seperti kalung, cincin, hingga gelang juga jadi hal yang digemari banyak orang. Bahkan bros hingga jepitan juga kini juga ikut-ikutan nge-hits loh. Dengan berbagai material, kamu bisa mencoba membuat aksesoris kreatif khas dengan karya-karya kamu. Banyak orang suka membeli aksesoris handmade karena keunikan desainnya. Lebih bagus lagi jika kamu menyediakan jasa custom. Untuk semakin meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk kamu, pemilihan kemasan yang sesuai juga penting loh! Supaya produk kamu nilainya juga bertambah!

3. Bisnis Kreatif Bingkisan Parcel

whatsnewindonesia.com

Semua orang pasti punya orang terdekat yang ingin diberikan hadiah. Tapi belum tentu mereka bisa menata dan mengemasnya secara apik dengan indah. Kamu bisa menjadikan ini peluang bisnis untuk menawarkan parsel untuk berbagai kesempatan. Mulai dari hari ulang tahun, hari raya, pernikahan , hingga momen melahirkan. Karena alasan kesibukan, nggak sedikit orang yang suka mencari parsel karena praktis dijadikan hadiah. Kamu bisa membuat pilihan isinya custom sesuai pilihan pelanggan.

4. Lukisan

beritagar.id

Kamu yang hobi melukis,nggak ada salahnya untuk mulai membuka peluang baru dari hobimu selain untuk mengekspresikan diri. Lukisan tetap punya target pasarnya tersendiri juga karena banyak pemilik tempat yang ingin ada lukisan orisinil di tempatnya. Seperti di restoran hingga kantor-kantor.

5. Fotografi

diykamera.com

Jika kamu selama ini suka mengambil foto dan sering mendapatkan pujian, rasanyanggak perlu lagi menutupi talenta yang kamu miliki. Yuk, mulai berani melihat potensi dari hobimu ini. Ada beberapa cara agar fotografi menjadi bisnis kreatif rumahan yang menguntungkan. Salah satunya adalah menawarkan layanan potret personal. Pilihan lain adalah menyediakan jasa mengambil gambar di acara-acara, seperti pernikahan atau ulang tahun. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menjual hasil jepretan kamu di website-website fotografi.

6. Designer Grafis

fastwork.id

Di era serba digital seperti sekarang, kehadiran designer grafis sangat dibutuhkan. Bahkan usaha-usaha kecil menengah pun membutuhkan jasanya untuk membuat logo, banner promo, hingga konsep media sosial. Kamu bisa menyediakan jasa khusus membuat logo, feeds media sosial atau membuat ilustrasi desain wajah. Buatlah akun media sosial khusus portofolio kamu supaya orang mudah melihat karya-karya yang telah kamu buat.

7. Menjual Tulisan

huffingtonpost.in

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari menulis. Mulai dari menulis artikel freelance, menawarkan jasa copywriting, hingga menulis karya fiksi untuk selanjutnya dijadikan buku dan dijual. Bahkan nggak jarang karya fiksi juga bisa dijual dalam bentuk e-book. Atau jika kamu sudah ahli di bidang tertentu seperti memasak, makeup, atau hal lainnya, kamu bisa membuat panduan e-book yang berkaitan dengan keahlian kamu.

Itulah tips dan beberapa ide bisnis rumahan kreatif yang bisa kamu coba. Pastikan bisnis kreatif yang akan kamu jalankan ini sesuai dengan minat dan kemampuan kamu ya. Supaya kamu bisa menjalankan bisnis dengan enjoy dan bisnis yang kamu mulai tetap bertahan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Simak artikel bisnis mahasiswa menarik lainnya dengan klik di sini!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba