Usaha Kuliner Mahasiswa Kekinian Yang Menjanjikan

Usaha kuliner mahasiswa sudah makin banyak dilirik karena keuntungannya yang menjanjikan. Bukan hanya pelaku usaha yang sudah berpengalaman saja yang bisa menjalankan usaha kuliner melainkan kamu yang masih mahasiswa juga punya kesempatan yang sama. Apa lagi kalau kamu yang masih berada di rumah karena perkuliahan masih dilakukan secara online.

Usaha Kuliner Mahasiswa Kekinian Yang Menjanjikan
phinemo.com

Usaha Kuliner

Supaya makin produktif kamu bisa memulai usaha kuliner mahasiswa yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Sudah pasti sebagai mahasiswa kamu mengikuti tren pasar yang sedang terjadi. Salah satunya adalah di bidang kuliner. Karena di masa pandemi ini usaha kuliner tidak akan mati ketika bisa berinovaasi menyesuaikan dengan kondisi. Salah satunya adalah digitalisasi usaha, bisa dengan memanfaatkan marketplace untuk menjual produk, menjadi mitra di jasa ojek online, dan menjadikan media sosial sebagai sarana untuk menjual.

Kira-kira apa saja sih ide usaha kuliner mahasiswa yang menguntungkan? Bisnis kuliner apa saja yang cocok untuk kamu para mahasiswa yang juga pemula dalam dunia usaha? Usaha di bidang kuliner itu jenisnya sangat beragam. Kamu bisa menetukan jenis makanan yang akan kamu jual terlebih dahulu. Apakah itu menu berat, menu sarapan, camilan, atau aneka jenis minuman.

Ide Usaha Kuliner Mahasiswa

Salah ide yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha kuliner mahasiswa ini adalah dengan menjual makanan kekinian. Jenis makanan kekinian juga beragam. Untuk segmen pasarnya sebenarnya beragam, tapi lebih cocok target utamanya adalah anak-anak muda. Apalagi buat kamu yang tinggal di daerah dimana jenis makanan kenikian masih belum banyak tersedia di wilayah kamu. Maka peluang usaha kuliner mahasiswa ini sangat menjanjikan. Simak beberapa ide usaha mahasiswa makanan kekinian yang bisa kamu coba!

1. Usaha Kuliner Rice Bowl Menu Sarapan

detik.net

Pagi hari adalah waktu yang hentic untuk banyak orang yang harus beraktivitas seperti bekerja atau sekolah. Seringnya mereka tidak sempat sarapan. Coba sediakan solusi dengan cara membuka usaha kuliner rumahan berupa rice bowl menu sarapan. Konsep kemasannya menggunakan paper bowl dengan tutup transparan di atasnya. Namun isinya adalah menu sarapan seperti nasi uduk, nasi kuning, dan lainnya.

Bahan

– 300 gram beras

– 1 buah kelapa

– 6 daun salam

– 3 buah sereh

– 6 daun jeruk

– 5 potong daging ayam

– secukupnya kaldu jamur

– 5 buah telur

– Cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe

– Gula pasir

– Asam jawa

Cara Membuat

1. Membuat nasi kuning. Beras dicuci bersih lalu diaron dengan santan, garam, kaldu jamur, sereh, daun salam, daun jeruk. Selesai diaron tunggu 15 menit supaya tanak lalu di masak lagi sampai matang.

2. Membuat ayam asam pedas. Ayam dicuci bersih dan dilumuri jeruk nipis. Cuci lagi sampai bersih. Bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe diulek atau blender. Tumis sampai harum dan ditambah daun jeruk, daun salam, sereh, santan, kaldu ayam, garam, air asam jawa. Masukkan ayamnya. Diaduk dulu lalu tambahkan air.

3. Membuat telur balado. Rebus telur kemudian goreng sampai coklat. Bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, garam, kaldu jamur, gula, daun jeruk ditumis sampai harum kemudian masukkan telur.

4. Setelah semua matang, sajikan dalam paper bowl. Nasi kuning, ayam, dan telur balado.

2. Usaha Kuliner Bento Box

restaurant-hospitality.com

Salah satu tren makanan yang sedang hits adalah katering bento box. Tawarkan bento box dari usaha kuliner kamu dengan beragam bentuk menarik agar menu yang kamu jual juga memiliki nilai tambah yaitu “instagramable” selain cita rasa adalah hal yang harus menjadi hal utama. Misalnya nasi berbentuk binatang dan beragam lauk sebagai hiasan. Hal ini tentu juga beriringan dengan tren media sosial dimana banyak orang berlomba-lomba untuk mengunggah konten yang menarik. Seperti foto makanan, vide review makanan, dan lainnya. Usaha makanan kekinian bento box ini fleksiblel karena bisa dikerjakan dari rumah dan dikirim menggunakan jasa ojek online.

Bahan

– 250 gram dada ayam fillet

– 1 buah bawang bombay

– 5 siung bawang putih (geprek dahulu baru cincang)

– 1 sdt jahe parut

– 6 sdm teriyaki sauce

– 1 sdm kecap ikan

– 2 sdm soyu

– 1 sdt minyak wijen

– 2 sdm mirin

– 1 sdm kecap manis

– secukupnya kaldu jamur, garam dan air

– nasi

– tambahan (nori, wortel, daun selada)

Cara Membuat

1. Fillet ayam dengan cara buang kulitnya kemudian buang tulang ayam dengan cara disisiri dengan pisau

2. Potong ketebalan sesuai selera

3. Siapkan bahan-bahan, cuci bersih dan potong sesuai selera

4. Tumis bawang putih hingga harum

5. Masukkan bawang bombay hingga sedikit layu

6. Masukkan ayam dan semua bumbu saus teriyaki, kecap manis,soyu, minyak wijen,kecap ikan, garam, parutan jahe dan gula kemudian tumis aduk rata

7. Campur rata semua saus teriyaki, kecap manis,soyu, minyak wijen,kecap ikan, parutan jahe.

8. Lumuri ayam dengan saus hingga rata

9. Simpan di kulkas kurang lebih 30-45 menit

10. Masak hingga matang sambil diaduk hingga agak mengental

11. Sajikan dalam bento box di samping nasi, tambahkan potongan nori, daun selada, dan wortel

3. Usaha Camilan

medium.com

Sepertinya hampir semua orang gemar membeli makanan kecil untuk menemani aktivitas mereka. Daripada menghabiskan uang untuk membeli camilan, kamu bisa membuat camilan keripik sendiri di rumah. Tak hanya untuk dikonsumsi, ini bisa menjadi peluang usaha kuliner kekinian. Mulai dari keripik berbahan dasar ubi, singkong, kentang, atau olahan daging dan tepung seperti baso goreng akan menjadi camilan favorit anak muda.

Apalagi ketika kamu nenambahkan kreasi pada varian rasanya yang beragam. Seperti rasa pedas dengan level tertentu. Kemudian ditambahkan dengan bumbu varian rasa yang lain bisa rasa keju, balado, BBQ, rumput laut, dan varian rasa lainnya. Salah satu camilan yang bisa kamu coba untuk dijadikan ide usaha adalah basreng atau bakso goreng.

Bahan

– 1 bungkus baso goreng yang diiris tipis

– minyak goreng secukupnya

– bumbu asin

– bumbu pedas

Cara Membuat

1. Jemur basreng yang sudah diiris supaya merekah sekitar 2-3jam

2. Siapkan minyak kedalam wajan sampai panas

3. Goreng basreng sedikit demi sedikit sampai selesai (minyak harus lebih banyak dibanding basreng)

4. Taburi dengan bumbu asin dan pedas

5. Kripik basreng siap disajikan

4. Aneka Sambal

productnation.co

Jika kamu adalah termasuk orang yang doyan pedas, kamu bisa menyalurkan kegemaran ini menjadi bisnis. Buat bisnis aneka sambal kemasan di rumah kamu. Usaha kuliner ini bisa dicoba dengan mengkreasikan resep yang sudah ada agar lebih menarik dan enak. Jual dalam kemasan botol-botol kecil, dan jangan lupa cek ketahanan sambal yang kamu jual supaya aman ketika dikonsumsi oleh pelanggan. Salah satu jenisnya adalah sambal bawang kemasan.

Bahan

– 120 gr cabai rawit merah

– 40 gr bawang merah

– bawang putih 40 gr

– 40 gr tomat

– 1 sdm gula palem

– Garam 40 gr

– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Bersihkan cabai, bawang dan tomat, kemudian goreng ± 5 menit, tiriskan

2. Setelah agak dingin, ulek semua bahan sampai menjadi tekstur yang diinginkan

3. Masak kembali dengan menggunakan minyak yang cukup banyak, tambahkan bumbu, masak hingga benar-benar matang ±10-20 menit

4. Setelah benar-benar dingin, masukkan ke kemasan botol plastik atau botol kaca

Itulah beberapa ide usaha kuliner mahasiswa yang bisa kamu coba supaya kamu makin produktif. Ikuti terus artikel bisnis mahasiswa lainnya hanya di bisnisukm.com Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu #NaikKelas ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba