Ibu Rumah Tangga Yuk Manfaatkan Peluang Agribisnis Ini

Peluang agribisnis sangat cocok untuk Bunda yang punya kegemaran dalam bercocok tanam. Usaha dalam bidang agribisnis bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Saat ini sektor pertanian menurut data dari Badan Pusat Statistik hanya sekitar 23% dari generasi milenial terjun dalam bidang agribisnis. Sementara sisa lainnya kebanyakan dari mereka berkarier di perusahaan swasta atau multinasional. Maka dari itu peluang agribisnis masih sangat terbuka lebar untuk Bunda coba memulainya.

Ibu Rumah Tangga Yuk Manfaatkan Peluang Agribisnis Ini
squarespace.com

Peluang Agribisnis

Berkaitan dengan peluang agribisnis saat ini justru makin menjanjikan seiring perkembangan zaman. Sebab komoditas pertanian merupakan kebutuhan pokok manusia yang makin hari kebutuhannya juga bertambah. Misalnya saja mulai dari padi, gandum, rempah-rempah, sayur-sayuran, serta buah-buahan. Konsumennya juga mencakup semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua  sudah pasti membutuhkan komoditas pertanian. Begitu juga sektor industri pangan yang akan selalu membutuhkan komoditas pertanian sebagai bahan baku.

Istilah agribisnis merujuk pada usaha di bidang pertanian atau lainnya yang mendukung rantai sektor pangan atau food supply chain. Seluruh usaha berkaitan dengan penyediaan pangan masuk dalam kategori ini. Pergeseran makna agribisnis pun terjadi kini. Pasalnya beberapa usaha di bidang lain, seperti farmasi, energi, hingga teknologi bahan yang tak lepas dari pertanian disebut agribisnis pula.

Agribisis atau biasa juga disebut dengan agrobisnis pada dasarnya terdiri dari dua kata gabungan yaitu agro dari bahasa Yunani yang artinya tanah atau lahan, serta kata bisnis yang diartikan sebagai aktivitas untuk memproduksi suatu hal yang menghasilkan keuntungan. Kalau digabungkan dapat diartikan bahwa bisnis yang berkaitan dengan tanah atau lahan atau pertanian. Tapi bukan hanya berurusan dengan pengelolaan tanah saja, melainkan juga berkaitan dengan manajemen hasil pertaniannya, alat-alat produksi, perawatan pertanian, hingga pemasaran produknya.

Perkembangan Agribisnis

Perkembangan Agribisnis
modernfarmer.com

Para pelaku agrobisnis pun mulai merangkul akademisi untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dan keuntungan. Aktivitas dari hulu ke hilir yang mencakup budidaya, proses panen, pengolahan, sampai pemasaran. Setiap orang yang bekerja di dalamnya bisa disebut sebagai pelaku agribisnis dalam artian luas. Tapi sejauh ini masih banyak masyarakat yang menganggap kalau bisnis yang satu ini tergolong tradisional, identik dengan penghasilan yang kecil, dan tentunya kurang bergengsi bagi kalangan anak muda. Itulah sebabnya banyak anak-anak muda sekarang ini yang lebih memilih untuk pergi ke kota, kerja kantoran, daripada mengurus pertanian. Padahal peluang agribisnis justru banyak didominasi oleh industri besar. Misalnya perusahaan teh atau perusahaan kopi.

Kalau dilihat lebih jauh lagi peluang agribisnis pada dasarnya bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan dengan dimulai dari skala kecil. Misalnya saja pertanian hidroponik yang banyak dilakukan dari skala rumahan tapi bisa menjadi suplier sayuran dan tanaman organik hingga ke retail modern. Sangat menjanjikan bukan?

Keuntungan Agribisnis

Ketika Bunda terjuan ke dunia agribisnis tentu akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan ini juga termasuk dalam peluang agribisnis yang bisa Bunda kembangkan ketika menjalankannya. Inilah beberapa keuntungan yang bisa Bunda dapatkan ketika memulai bisnis pertanian.

1. Tidak Pernah Kehilangan Konsumen

Produk-produk agribisnis selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari beras, sayur-sayuran, sampai buah-buahan adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Jadi bisnis pertanian yang Bunda jalankan nanti tidak akan pernah kehilangan konsumen, asalkan hasil pertaniannya punya kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hasil pertanian bisa dijual secara langsung ke perorangan, supermarket, atau pedagang di pasar.

2. Lingkungan Kerja Menyejukkan 

Biasanya bisnis pertanian dijalankan di lingkungan-lingkungan pedesaan, meskipun di perkotaan juga bisa dengan sistem aquaponik atau hidroponik. Tapi lebih banyak berkembang di pedesaan khususnya dataran tinggi. Hal ini yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Bunda sebagai pelaku usahanya. Karena Bunda akan mendapatkan sensasi bekerja di udara yang bersih dan sejuk, tanpa hiruk pikuk asap kendaraan. 

3. Berkontribusi Besar Pada Penyediaan Lapangan Pekerjaan 

Di dalam dunia agribisnis ada banyak profesi-profesi yang terlibat di dalam proses produksinya. Mulai dari petani, tim pemasaran, kurir, dan masih banyak lagi. Kalau Bunda memutuskan untuk terjun ke bisnis ini, artinya Bunda juga turut berkontribusi membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran. Tapi kalau memang Bunda ingin memulainya dengan skala kecil atau rumahan, seiring berjalannya waktu dan perkembangan bisnis yang dialami pasti Bunda juga akan membutuhkan tim dengan merekrut pegawai.

Setelah mengetahui keuntungan apa saja yang bisa Bunda dapatkan ketika memulai bisnis pertanian, Bunda juga perlu mengetahui jenis atau ide usaha agribisnis apa saja yang bisa Bunda jalankan nanti. Sebab untuk memulai usaha agribisnis bukanlah hal mudah, terutama ketersediaan modal. Peluang usaha agribisnis diklaim membutuhan modal yang tidak sedikit. Tetapi ada beberapa usaha agribisnis yang ternyata bisa dimulai dengan modal kecil loh Bund. Simak beberapa ide usaha agribisnis ini ya!

Ide Usaha Peluang Agribisnis

1. Sayuran Organik

Sayuran Organik
dissolve.com

Buat para Bunda-Bunda sebagai ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan dan semakin produktif, budidaya sayuran organik bisa jadi pilihan. Tidak perlu media tanam yang luas, Bunda bisa menerapkan sistem hidroponik. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang terbatas pun, sayuran organik bisa dikembangkan. Makin tingginya kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi sayuran membuka peluang usaha baru. Mengapa sayuran organik? Karena kualitas dan tampilan sayuran memang jauh lebih menarik.

2. Rempah-Rempah

Rempah-Rempah
hswstatic.com

Komoditas rempah-rempah asli Indonesia dipatok dengan harga tinggi oleh dunia. Kualitas dan rasa rempah yang kuat menjadi peluang ekspor baru. Selain digunakan sebagai bumbu masak, beberapa negara juga memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan baku kosmetik. Di Indonesia, beberapa brand lokal sudah memanfaatkan bahan-bahan baku rempah. Bunda bisa mencoba suplai ke perusahaan kosmetik tersebut.

3. Buah-Buahan

pixabay.com

Gaya hidup sehat rupanya menjadi peluang bisnis tersendiri, salah satunya agrobisnis buah-buahan berkualitas yang dihasilkan petani lokal. Mengingat harga buah yang cukup tinggi di pasaran, Bunda bisa mencoba budidaya buah di lahan pribadi. Ada banyak pilihan buah yang tidak pernah sepi peminat dan mudah dikembangkan, yakni buah naga, pisang raja, mangga, dan jeruk. Jika Bunda ingin harga jual yang lebih tinggi, buah musiman bisa jadi pilihan. Perlu diingat, membudidayakan buah juga harus memperhatikan tingkat kesuburan tanah dan area pemasaran.

4. Bibit Tanaman

vpr.org

Peluang agribisnis yang satu ini merupakan yang lebih rumit dari lainnya. Sebab Buda harus memiliki pengetahuan dasar terkait bibit berkualitas. Bibit mana yang paling disukai oleh petani dan mana yang tidak. Meskipun sulit Bunda sebenarnya bisa mempelajari informasi tersebut secara otodidak. Sudah banyak seminar dan informasi online yang bisa dibaca secara gratis. Selama ada kemauan untuk belajar, apapun akan terasa lebih mudah.

Itulah ulasan mengenai peluang agribisnis yang bisa Bunda pertimbangkan untuk terjun di dunia bisnis pertanian. Semoga tulisan ini bermanfaaat. Persiapkan bisnis Bunda dengan sebaik mungkin, salam suskses! Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi dan mempersiapkan diri untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba