Apa Saja Sih Kekurangan dan Kelebihan Google Analytics?

Google Analytics merupakan sebuah layanan dari google yang berfungsi untuk menganalisa sebuah data. Layanan ini banyak digunakan oleh para pebisnis yang memiliki sebuah website untuk memantau perkembangan konten. Google Analytic ini merupakan salah satu perangkat lunak dari google yang disediakan gratis dan dapat digunakan oleh siapapun.

Ada beberapa pebisnis yang menggunakan website yang merasakan kemudahan dengan adanya layanan yang satu ini. Namun tak jarang juga mengalami kesulitan ketika menggunakan layanan yang satu ini. Tentunya dengan kehadiran layanan yang disediakan google ini akan sangat membantu memudahkan para pebisnis. Dari sini kita dapat memantau dan mengontrol kata kunci yang sedang banyak digunakan, konten menarik, data pengunjung, minat pengunjung dan lain sebagainya.

Google Analytics

Google Analytics ini membantu kita untuk membuat sebuah laporan data analisis tentang trafik website dalam jangka waktu tertentu yang bisa diakses mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Namun untuk bisa mengakses Google Analytics ini maka kita diwajibkan memiliki akun google terlebih dahulu.

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para pebisnis yang memiliki website adalah Google Analytics. Hal ini tentunya dapat membantu untuk melihat trafik konten apa yang pas dan sesuai dengan keinginan para pengguna. Dari sana bisa dievaluasi ketika ada kekurangan maupun hal lainnya untuk memperbaiki. Layanan ini menyediakan berbagai fitur secara gratis, sehingga sangat membantu meringankan bagi para pebisnis.

Begini Kekurangan dan Kelebihan Google Analytics

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Google Analytics memiliki beberapa manfaat serta membantu memudahkan para pebisnis yang memiliki sebuah website. Namun meskipun begitu Google Analytics juga memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan yang perlu kamu ketahui untuk mempelajari lebih jauh tentang layanan google ini. Berikut ini kita akan bahas terlebih dahulu apa saja kekurangan dari Google Analytics.

Kekurangan Google Analytic

  • Untuk melihat statistik maka kamu harus melakukan login terlebih dahulu, sehingga bagi sebagian orang merasa cukup merepotkan.
  • Google Analytic ini akan sedikit memperlambat blog atau website kamu.
  • Layanan Google Analytics ini cukup rumit untuk diterapkan tanpa adanya pengetahuan dan pengalaman, terutama bagi orang awam yang baru menggunakan pasti akan kesulitan untuk memahami dan perlu waktu untuk belajar.
  • Membutuhkan passion untuk mempelajari teknik SEO yang benar.

Selain beberapa kekurangan dari Google Analytics tersebut ada banyak kelebihan yang diberikan oleh layanan perangkat lunak ini. Langsung kita simak saja beberapa point kelebihan dari Google Analytics.

Kelebihan Google Analytic

  • Mempermudah kegiatan pemasaran, yakni untuk mendapatkan pelanggan dari naiknya trafik dan pengunjung yang datang ke website.
  • Pemasaran lebih efektif dalam menjangkau customer, dengan Google Analytics ini kita akan lebih bisa mengontrol, menargetkan jumlah pengunjung dan membidik pangsa pasar kita.
  • Biaya iklan lebih mudah, bidang bisnis terutama online tidak akan pernah lepas dari yang namanya iklan. Penggunaan iklan ini dapat membantu memudahkan dalam memperkenalkan sebuah brand. Dengan iklan menggunakan sosial media tentunya akan memperkecil budget.
  • Data pemasaran lengkap, dengan adanya Google Analytics ini maka ada pelaporan data harian, mingguan, bulanan dan tahunan, yang mana bisa dijadikan acuan untuk mengetahui trafik dan mengevaluasi kinerja.

Demikian tadi adalah pengetahuan tentang apa itu Google Analytics dan apa saja kekurangan dan kelebihan dari layanan google yang disediakan secara gratis ini. Nah untuk kamu yang tertarik juga buat memanfaatkan Google Analytics ini sebagai media untuk meningkatkan bisnis, simak juga artikel bagaimana cara memasang Google Analytics dengan mudah. Semoga bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan tentang pemasaran online di era milenial ini.

Jangan lupa kunjungi website BisnisUKM.com dan dapatkan beberapa artikel menarik lainnya mulai dari peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video bisnis, bisnis fashion dan lain sebagainya. Tonton juga video liputan bisnis menarik dari para pebisnis sukses hanya di TVBisnis. Jangan lupa ikuti terus dan subscribe, share ke teman-teman yang membutuhkan inspirasi.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba