Manajemen UKM

Bagaimana Cara Memilih Usaha Franchise yang Tepat Untuk Dijalankan?

bagaimana-cara-memilih-usaha-franchise-yang-tepat-untuk-dijalankan

Cukup sering pertanyaan seperti berikut kami terima, “Makin banyak industri usaha franchise yang akhir-akhir ini dilirik dan diminati masyarakat awam maupun usahawan-usahawan untuk ditekuni. Bagaimana cara kita memilih usaha franchise yang tepat untuk di jalankan?”

Bila ada pertanyaan “Bagaimana cara kita memilih usaha franchise yang tepat untuk di jalankan?”

Biasanya kami dari Kantor Konsultan Franchise IFBM akan balik lagi bertanya, “Minatnya apa?”

Jika minatnya di bidang jasa lalu pegang retail maka akan sakit kepala. Demikian juga sebaliknya.

Jika seseorang telah memiliki minat di bidang usaha tertentu, maka ia akan benar-benar menjalankan bisnisnya tersebut. Sehingga jika ketemu dengan masalah ia tidak akan menggerutu, tapi memandangnya sebagai tantangan yang harus dihadapi.

Apabila minat terhadap usaha tersebut ternyata ada banyak pilihan yang bisa diambil, kami selalu menyarankan untuk melihat organisasinya seperti apa, artinya ada yang namanya monitoring, marketing. Jika yang mengerjakan semuanya itu hanya satu orang saja pasti tidak akan fokus untuk mengurus bisnisnya tersebut.

Selanjutnya yang harus ditanya itu supportnya apa saja. Mulai dari training, marketing, hingga branding. Usaha Franchise itu pada dasarnya adalah duplikasi bisnis. Apa yang diduplikasi? Experience atau sukses berbisnisnyalah yang kita ingin duplikasi. Tidak hanya sekedar bisnisnya.

Jadi saat akan memilih usaha franchise bukan hanya memperhatikan produknya saja yang ditawarkan tapi juga problemnya apa saja yang ada dan bagaimana cara mengatasinya. Tidak hanya mengetahui bagaimana caranya menjual bisnis.

Selamat beraktivitas…

Ditulis Oleh
Konsultan Franchise IFBM
konsultanwaralaba.com