Bali IKM dan UKM Expo Jadi Ajang Promosi Industri Kreatif Tanah Air

Bali IKM dan UKM Expo Jadi Ajang Promosi Industri Kreatif Tanah AirDalam rangka meningkatkan daya saing UKM Indonesia, khususnya di bidang Industri Kreatif untuk menghadapi pasar MEA, Kementrian Perindustrian, Kementrian Koperasi dan UKM RI bersama Institur Otomotif Indonesia (IOI) yang bekerjasama dengan Universitas Udayana, Pemerintah Provinsi Bali, serta Kadinda Bali, gelar event pameran yang bertema “Bali IKM dan UKM Expo 2016”.

Event pameran UKM ini tak hanya menjadi pameran terbesar pertama kali di pulau dewata, namun juga diharapkan bisa dijadikan sebagai ajang promosi produk industri kreatif di tanah air ke pasar internasional.

Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), Made Dana Tangkas, mengatakan Bali IKM dan UKM Expo ini menjadi ajang promosi produk industri kreatif tanah air ke taraf internasional dan diharapkan bisa menjadi momentum yang tepat untuk menggerakan potensi dan kekuatan lokal untuk merebut peluang pasar ASEAN maupun global.

Dalam keterangan tertulisnya, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga juga berharap UKM dan industri kreatif di tanah air bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional, sehingga diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk bisa terus berkembang dan salah satunya melalui event pameran seperti ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara baik, kementrian peridustrian dan IOI yang berkenan bekerjasama dengan kemenkop UKM untuk secara bersama membangun dan meningkatkan pertumbuhan IKM dan UKM dan industri kreatif di tanah air,” tutup mantan Wagub Bali itu.

Pada pagelaran ini, berbagai komoditas yang dipamerkan antara lain seperti industri logam, industri tekstil dan tenun, industri alat kecantikan dan kosmetik atau spa, industri herbal, industri Fesyen, industri kreatif, industri makanan dan minuman, serta industri produk pertanian dan pengolahannya.

Untuk memeriahkan pameran tersebut, pihak panitia juga mengadakan acara lomba melukis untuk anak-anak, lomba karaoke, fashion show, lomba modern dance, dan festival kuliner nusantara. Langkah ini sengaja dipilih untuk menarik minat calon pengunjung baik dari lokal maupun wisatawan mancanegara yang sedang liburan di Pulau Dewata.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba