Manajemen UKM

Jeff Bezos, Bos Besar Amazon Ini Beberkan Rahasia Jadi Entrepreneur

Jeff Bezos, Bos Besar Amazon Ini Beberkan Rahasia Jadi EntrepreneurSiapa yang tak kenal Jeff Bezos, raja toko online pendiri Amazon.com ini sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia yang berhasil menguasai pasaran bisnis online.

Mengawali bisnisnya pada tahun 1995, mulanya Amazon merupakan toko buku online yang kemudian berkembang menjual musik dan video, hingga sekarang telah tumbuh menjadi produsen bisnis hardware, dan menjadi salah satu toko online serba ada yang jutaan konsumennya telah tersebar di berbagai belahan negara.

Dengan memanfaatkan strategi pemasaran yang inovatif, bisa dikatakan Amazon berkembang cukup pesat dalam waktu yang relatif singkat. Bezos berusaha merebut perhatian konsumen dengan program diskon yang Ia tawarkan, dan menambahkan inovasi secara terus menerus hingga akhirnya lelaki kelahiran Albuquerque, New Mexico, 12 Januari 1964 ini berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai salah satu toko online terbesar yang ada di dunia jagat online.

Nah, untuk mengikuti jejak kesuksesan bos besar toko online tersebut dalam membangun Amazon, berikut kami beberkan rahasia sukses Jeff Bezos dalam merintis bisnis raksasa toko online.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Berani melangkah meskipun ada resiko yang siap menghadang

Sebagai seorang pelaku usaha, Jeff Bezos mengaku bahwa dirinya tidak pernah ragu dalam melangkah dan berani mengambil sebuah resiko untuk mencapai puncak kesuksesan yang telah Ia cita-citakan. Meskipun tidak semua jalan yang Ia pilih membuahkan hasil yang cukup manis, namun Bezos selalu yakin bahwa ada pembelajaran besar yang bisa Ia ambil dari setiap resiko kegagalan yang Ia temui.

“Jika kamu memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang kamu tahu akan berhasil, maka kamu akan meninggalkan begitu banyak kesempatan,” kata Jeff Bezos.

Tak perlu berlarut-larut menyesali kegagalan

Ketika merintis sebuah usaha, tak jarang para pemula menemui berbagai macam kendala yang bisa memicu sebuah kegagalan. Dalam menyikapi resiko tersebut, Bezos sebisa mungkin memotivasi dirinya agar tidak berlarut-larut menyesali kegagalan yang telah terjadi dan segera bangkit untuk melanjutkan perjuannya demi masa depan yang lebih baik. Sebab bagi Jeff Bezos, penyesalan terbesarnya adalah ketika Ia tidak mau mencoba.

Amati, Tiru, dan Modifikasi

Meskipun reputasi Amazon telah bersinar terang dengan jutaan pelanggan setia yang tersebar di seluruh dunia, namun Jeff Bezos tidak pernah malu untuk meniru hal-hal positif yang dilakukan para pesaingnya guna meningkatkan nilai tambah bagi toko online yang Ia bangun.

Lihat saja, bila awalnya Amazon.com hanya menjual buku secara online, kini perusahaan ini mulai mengamati perubahan minat pasar dan berusaha mengikuti permintaan pasar dengan menciptakan inovasi baru seperti misalnya memproduksi beragam jenis produk gadget dengan harga jual yang cukup terjangkau.

Kerja keras dan pantang menyerah

Untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang ini, Jeff Bezos yang mendalami ilmu komputer di Universitas Princeton ini awalnya memanfaatkan garasi sempit sebagai kantor dan menghadapi masalah kesulitan modal untuk membiayai gaji para karyawannya. Siapa sangka berkat kerja keras dan kegigihannya untuk membuat sebuah sejarah, Jeff Bezos bisa mengatasi permasalahan tersebut dan berhasil mengantarkan Amazon.com sebagai situs toko online terbesar saat ini.

Utamakan konsumen dan biarkan mereka mempromosikan usahamu

Bagi Bezos, dalam berbisnis tak ada yang lebih penting daripada konsumen. Tanpa dukungan para konsumen, bisa dipastikan sebuah perusahaan bisa gulung tikar. Keyakinan inilah yang mendorong Bezos untuk selalu fokus, fokus, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Sebab, modal inilah yang bakal Ia gunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen hingga akhirnya para pelanggan setianya yang akan menjadi agen promosi bagi perusahaannya, dengan memanfaatkan strategi pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).

Rahasia sukses inilah yang kemudian mengantarkan Jeff Bezos sebagai raja toko online, dan berhasil menguasai pasar dunia maya dengan mengibarkan bendera Amazon di berbagai belahan dunia.

Semoga kelima tips bisnis online dari bos besar amazon.com ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan memotivasi para pemula untuk segera melangkah merintis usaha di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!