Bijak Mengelola Keuangan Ketika Omzet Usaha Naik

mengelola keuanganMendapatkan omzet besar di moment-moment tertentu, pastinya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pelaku usaha. Namun sayangnya ketika mendapatkan omzet besar, kerapkali para pengusaha kalap dalam membelanjakan keuangan usaha.

Kebiasaan para pelaku usaha yang sering kali terlalu konsumtif dalam membelanjakan keuangannya, membuat pemanfaatan dana yang dilakukan kurang optimal. Masalah inilah yang dialami oleh hampir semua pelaku usaha. Mereka merasa omzet yang didapatkannya cukup besar, namun karena penggunaanya kurang tepat maka dana tersebut menguap begitu saja tanpa jejak atau hanya numpang lewat saja di rekening mereka.

Padahal, sejatinya omzet usaha yang sedang naik pun penggunaannya bisa direncanakan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara bijak mengelola keuangan ketika omzet usaha naik.

Buat perencanaan sedini mungkin

Agar para pelaku usaha tak terjebak pada pengeluaran konsumtif yang sebenarnya tidak terlalu penting, sebaiknya buatlah perencanaan sedini mungkin agar besarnya dana yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Tanpa adanya perencanaan keuangan, biasanya para pelaku usaha terjebak pada pengeluaran konsumtif setelah melihat omzet usaha yang mereka terima melebihi pendapatan rutin yang mereka terima sebelumnya.

Buat pemetaan anggaran pendapatan dan belanja

Pemetaan anggaran pendapatan dan belanja berfungsi untuk memperkirakan pendapatan yang Anda terima selama setahun dan menyusun pengeluaran apa saja yang akan Anda realisasikan pada tahun tersebut. Pemetaan ini sangat membantu Anda untuk mengatur arus kas setiap bulannya, sehingga ketika ada pengeluaran besar di bulan tertentu maka arus kas bulanan Anda tidak ikut terganggu.

Anggarkan untuk melunasi hutang

Hal terpenting yang tak boleh Anda lupakan ketika mendapatkan omzet cukup besar yaitu mengeyelesaikan seluruh hutang usaha yang dimiliki. Poin ini perlu Anda garis bawahi mengingat sebagian pelaku usaha mengesampingkan hutang usaha yang dimilikinya dan lebih mengedepankan rencana pengembangan bisnis mereka.

Sisihkan dana darurat

Apabila Anda tidak memiliki hutang usaha cukup besar, maka langkah yang perlu Anda lakukan yaitu menyisihkan sebagian omzet tersebut untuk persiapan dana darurat. Idealnya dana darurat yang perlu Anda persiapkan yaitu tiga hingga enam kali biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulannya.

Tingkatkan investasi

Ketika mendapatkan omzet usaha cukup besar, tak ada salahnya bila Anda meningkatkan anggaran biaya untuk berinvestasi. Langkah ini perlu Anda pertimbangkan agar dalam jangka waktu yang cukup panjang Anda masih memiliki tabungan investasi yang bisa dipergunakan dalam kondisi mendesak.

Selanjutnya, tugas Anda adalah memilah-milah omzet usaha yang didapatkan dan mengelolanya dengan bijak agar tak habis dalam satu waktu. Semoga bermanfaat dan salam sukses!
Jabat Kaban
Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://images.automotive-online.nl/upload/0535274001224676650_large.jpg

2 thoughts on “Bijak Mengelola Keuangan Ketika Omzet Usaha Naik”

  1. Trims ilmu nya sy pny usaha krupuk ada kesalahan sistem yg sy lakukan hingga sy terancam bangkrut..pembangunan sistem keuangan sy yg salah sy bru terjun 5bln ini istilahnya masih ngesot2…apaboleh sy ktemu bwt share soal usaha dan tata cara pengelolaan dengan benar..trims..no hp sy 085646753468

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Untuk sharing seputar pengelolaan bisnis, kami memiliki program Mastermind yang mengupas berbagai macam sistem manajemen usaha dan diadakan rutin setiap bulannya. Kebetulan tanggal 6 Maret 2014 kami akan mengadakan Mastermind dengan tema “MEMULAI USAHA TANPA MEMINJAM MODAL DI BANK“. Apabila Bapak Bimantoro berminat bisa menghubungi tim Training kami langsung melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054 (sdr.Anto). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba