Bisnis Affiliate, Apa Saja Resikonya?

ilustrasi resiko program afiiliateBerbicara mengenai cara bisnis online, salah satu peluang bisnis yang banyak digeluti masyarakat yaitu program affiliate. Bergabung dengan program-program affiliate yang ditawarkan di internet, merupakan cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan tambahan penghasilan cukup besar dari dunia maya.

Dengan menjadi perantara antara penyelenggara affiliate dan calon konsumennya, Anda akan mendapatkan komisi dari produk atau jasa yang iklannya telah dipasang pada website atau blog Anda. Besarnya income yang diperoleh bisa disesuaikan dengan banyaknya pengguna internet yang meng-klik iklan tersebut, atau bisa juga berdasarkan jumlah produk atau jasa yang terjual. Kemudahan dalam bergabung serta banyaknya keuntungan yang ditawarkan, berhasil menarik minat masyarakat untuk menggeluti program tersebut.

Banyaknya keuntungan yang ditawarkan bisnis internet tersebut, bukan berarti tanpa memiliki resiko. Walaupun bisa dibilang resiko bisnis affiliate sangatlah kecil, namun Anda perlu memperhatikannya agar terhindar dari kecurangan yang ada di dunia maya. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis affiliate, apa saja resikonya? berikut kami berikan tips affiliate selengkapnya :

  • Salah memilih program affiliate. Mencari program affiliate yang benar-benar bisa menghasilkan, tidaklah mudah. Mungkin di internet memang banyak situs yang menawarkan program affiliate dengan komisi cukup tinggi, namun sebaiknya Anda berhati-hati. Sebab banyak diantaranya hanya berupa penipuan. Jadi sebelum memilih program yang akan diikuti, sebaiknya cari informasi yang membahas secara lengkap (review) program affiliate tersebut. Agar Anda tidak salah memilih program affiliate.
  • Salah memilih produk affiliate. Yang perlu Anda perhatikan adalah, tidak semua produk affiliate memiliki prospek bagus. Ada beberapa produk yang ternyata kurang diminati konsumen, tapi ada juga suatu produk yang sudah banyak dipromosikan sehingga persaingannya sangat ketat. Jadi pertimbangkan produk atau jasa yang akan Anda pilih, usahakan produk-produk tersebut memang memiliki prospek  bagus. Sebab semakin banyak konsumen yang tertarik dengan produk affiliate Anda, maka komisi yang Anda terima juga semakin besar.
  • Banyak mengikuti program affiliate, tapi penghasilan minim. Kemudahan untuk bergabung dengan program  program affiliateaffiliate, membuat masyarakat tidak hanya menggeluti satu program saja. Berbagai penawaran affiliate diikutinya, padahal tidak semua program menghasilkan keuntungan. Yang ada hanya akan memecah konsentrasi Anda, sehingga komisi yang Anda terima juga tidak optimal.
  • Resiko persaingan yang cukup tinggi. Banyaknya orang yang bergabung dengan program affiliate, membuat persaingan antar pemain sangat ketat. Bukan hanya itu saja, terkadang ada pemain yang bersaing secara tidak sehat. Untuk itu, sebaiknya pilih program affiliate yang masih memberikan peluang kepada Anda untuk memenangkan persaingan.
  • Resiko adanya penipuan/scam. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu resiko terbesar menjalankan bisnis online, adalah banyaknya penipuan dalam dunia maya. Hal tersebut juga menjadi salah satu resiko bagi marketer affiliate. Beberapa kecurangan yang sering terjadi antara lain resiko tidak mendapatkan komisi dari penyelenggara affiliate, kecurangan affiliate lain yang merampas komisi Anda, atau ditariknya kembali komisi yang sudah Anda dapatkan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih program affiliate serta hapus program affiliate yang sering menarik kembali komisi yang Anda peroleh. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari penipuan yang merugikan kerja keras Anda selama ini.

Mungkin itu dulu yang bisa kami informasikan mengenai resiko program affiliate. Bila ada rekan-rekan yang memiliki informasi tambahan tentang topik tersebut, bisa dituliskan melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel.  Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses.
Sumber gambar : http://www.rekomendasisaham.net/wp-content/uploads/2010/06/resiko-300×299.jpg dan http://www.belajaraffiliatemarketing.com/wp-content/uploads/2010/11/affiliate.gif

3 thoughts on “Bisnis Affiliate, Apa Saja Resikonya?”

  1. program affiliate suka di barengi dengan pembuatan rekening seperti : pay pal, pay za dan lain sebagainya. Kadang menjadi kendala di saat memilih untuk perorangan, primer, bisnis. Kemudian ada biaya pembuatan kredit card, yang di alamatkan kpd tagihan.
    Bisa atau tidakah cara untuk mengikuti program affiliate tanpa biaya untuk arah pembayaran komisi.?
    mohon penjelasannya…trimakasih

    Reply
  2. memang memilih program affiliate gampang-gampang susah, artinya gampang diikuti tapi belum tentu menghasilkan. ya mungkin karena berbagai faktor yang Anda sebutkan diatas.

    Terima kasih infonya mas…

    Reply
  3. bisa ajarin saya tidak ??? sekalian klu aku bs link biar informasinya update
    http://basri-toraja.blogger.com

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba