Bisnis Angkringan Modal Kecil Untung Jutaan

bisnis angkringanIngin membuka bisnis dengan modal kecil? Bisnis angkringan adalah salah satu solusinya. Bisnis angkringan dikenal sebagai salah satu bisnis modal kecil yang mempunyai peluang cukup bagus. Warung angkringan merupakan konsep dari bisnis kuliner dengan nuansa yang terkesan sederhana dan murah.

Pada awal mulanya, bisnis angkringan ini dibuat untuk membidik para mahasiswa yang sedang merantau untuk kuliah serta para buruh pabrik dengan upah yang kecil. Namun, kini bisnis angkringan selain menjadi tempat makan yang ngirit juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat tempat nongkrong dan jananan wisata kuliner pada malam hari.

Warung angkringan banyak kita temukan disekitar wilayah Jogja karena memang warung angkringan identik dengan kota Jogjakarta. Disetiap sudut kota Jogja, depan kampus, di pinggir-pinggir jalan, dekat dengan stasiun bahkan samping bandara pasti Anda akan melihat warung angkringan. Tempat yang cukup sederhana serta penyajian menu yang khas menjadi alasan bagi para pelanggan untuk singgah kembali berkuliner di warung angkringan. Meskipun bisnis angkringan ini cukup sederhana dan termasuk dalam bisnis modal kecil, namun bisnis ini bisa meraup keuntungan yang cukup besar dan tentunya sangat menjanjikan.

Nah, jika Anda ingin mencoba bisnis modal kecil ini maka berikut ini adalah beberapa tips sukses bisnis angkringan modal kecil untung jutaan.

Menentukan target pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah target pasar yang akan di tuju pada bisnis angkringan. Kemudian membidik middle end, low end ataupun high end itu terserah Anda selaku pelaku bisnis. Yang terpenting disini adalah target pasar yang Anda bidik dapat tepat sesuai sasarannya.

Pemilihan Lokasi Usaha

Tips sukses yang kedua dalam menjalankan bisnis angkringan ini adalah memilih tempat yang strategis sehingga dapat diketahui oleh banyak orang. Dengan tempat yang strategis maka bisnis angkringan ini dapat berjalan dengan maksimal dan mendatangkan banyak pelanggan dengan mudah. Misalnya saja di sekitar area kampus, pasar, pabrik dan lain sebagainya.

Memperhatikan Infrastruktur

Dalam menjalankan bisnis angkringan perlu diperhatikan infrastruktur tentang air dan akses listrik yang mudah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan bisnis angkringan.

Mencari Tenaga Kerja (Karyawan)

Dalam mencari karyawan untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini, pilihlah orang yang ramah dan supel sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk setiap pelanggan yang datang ke wrung angkringan. Dengan pelayanan yang baik dan juga ramah maka para pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat datang untuk berkuliner di angkringan Anda.

Fasilitas Pendukung

Jika memiliki modal usaha yang lebih maka tidak ada salahnya jika Anda menambah sebuah fasilitas seperti WiFi. Dengan adanya fasilitas WiFi di warung angkringan Anda, maka pelanggan warung angringan Anda tidak hanya anak muda saja, namun orang dewasa bahkan kaum wanita juga akan singgah sebab saat ini internet sekarang ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi orang banyak.

Bisnis modal kecil yang mendatangkan keuntungan jutaan ini memang sudah banyak dilakukan di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Selain fleksibel, bisnis angkringan modal kecil ini juga mempunyai ciri khas tersendiri dalam menu yang disajikan maupun desain tempatnya. Jika Anda tertarik memulai bisnis ini, maka cobalah. Salam sukses!

Sumber gambar : http://mahirbelajar.files.wordpress.com/2013/04/sego-kucing.jpg

29 Komentar

  1. Sangat membantu membuka cakrawala usaha baik dengan cara mengikuti atau inovasi usaha. Terima kasih.

  2. Saya sworang ibu rumah tangga,sudah ada niat untuk jualan angkringan,,tinggal menemukan tempat yg pas saja,,klo boleh tau berapa persen keuntungan yg d dpat dr modal itu sendiri?

  3. Pak.. Memang ada ya sewa angkringan harian?
    Sy ada tempat tapi modal sy minim..
    Tolong di info ya pak
    Tks

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk informasi seputar modal bisnis Angkringan. Saudara bisa membaca kisah sukses pengusaha angkringan berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Mw ty gan,buka usahha enaknya modal sendiri atau modal bagi hasil ma tmn,so ana takut klo bagi hasil ma tmn ujungnya ruwet n iri2an..??thhaks..

  5. salam,saya donny dari bengkulu,dan saya telah ada rencana untuk membuka angkringan bersama teman teman saya,dan yang saya binung kan adalah,pengapian untuk memanaskan air,berdasarkan pengalaman saya waktu nongkrong di angkringan di daerah solo,mereka menggunakan bara api,jadi,apakah menggunakan bara api itu efektif? terimakasih.mohon balasan nya.

  6. missi saya minta soliusi gan, gmana caranya membuat kosumen tertarik pd angkrigan kita? makasih

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mensiasati persaingan pasar, Bapak Iwan bisa memberikan kenyamanan dan fasilitas tambahan untuk menarik minat pelanggan angkringan. Misalnya saja seperti menambahkan fasilitas free wifi, atau bisa juga menambahkan tikar untuk lesehan, atau lincak (tempat duduk bambu) untuk menambahkan kenyamanan bagi konsumen. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. Gan.saya sudah buka angkringan…tp tmpt saya berjualan msayarakatnya awam sekali dengan yang namanya angkringan…sudah 1 bulan ini saya buka dan hasilnya masih jauh dengan apa yang diharapkan..!apa yang harus saya lakukan..?terima kasih..!

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Ketika masyarakat belum begitu familiar dengan menu angkringan, maka tugas utama Ibu Fitriyani adalah memperkenalkan menu-menu andalan di warung angkringan Ibu. Misalnya saja seperti memasang baner dengan foto-foto menu angkringan beserta harga produknya, kemudian bisa juga memanfaatkan akun sosial media untuk memperkenalkan menu angkringan kepada masyarakat luas. Untuk membantu Ibu Fitriyani dalam mengembangkan bisnis angkringan, berikut ini kami lampirkan salah satu kisah sukses pengusaha yang merintis bisnis angkringan, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  8. Selamat malam,Saya Alviantara dari Denpasar.
    Saya ada keinginan dengan teman saya untuk membuka usaha Warung angkringan, dan kalau boleh tahu, Berapa kah Modal awal nya ?
    Lokasi yang saya rencana kan pertama tidak terlalu ramai , tidak ada saingan nya pula (belum ada yang membuka warung angkringan, persis di depan toko yang kalau malam hari tutup, dan hanya ada salah satu kantor yang beroperasional 24 jam di sekitar area yang pilih.
    mohon masukan nya mengenai usaha kami, Terima kasih.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Bapak Alvian dalam merintis bisnis warung angkringan, berikut ini kami lampirkan liputan UKM yang membahas informasi lengkap seputar Bisnis Angkringan, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  9. Klo sistem gaji pegawai bagi hasil,kira* persentase pmbgiannya brpa2?trus klo buka d sktaran trotoar,pasang wifi gmn?soalnya gak ada listrik.trma kasih…!

  10. Gini gan, saya ada tempat didekat universitas, saya pengen buka usaha angkringan, kira2 bisa berhasil gak ya usahanya? Di tempat itu sudah ada usaha lain seprti bisnis bakso dan mie ayam, dan saya juga kerja dengan sistem shif.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mengingat lokasi usaha yang Bapak miliki berdekatan dengan universitas yang notabene didominasi kalangan anak muda, sebaiknya Bapak mempersiapkan konsep angkringan yang sesuai dengan karakter anak muda. Misalnya saja seperti membuka angkringan dengan konsep free wifi, atau bisa juga membuat angkringan dengan model lesehan sehingga kalangan anak muda tertarik mengunjungi tempat Anda tidak hanya untuk menikmati kuliner angkringan namun juga sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  11. bravo gan … salam hangat dari Bali, saya seorang karyawan honorer yang penghasilanya sangat pas-pas-an gan … ketika mencoba googling, saya menemukan artikel ini, makasi banget sharingnya gan….
    Nah ada keraguan di benak saya dalam memulai usaha angkringan, maklum saya belum pernah sama sekali membuka usaha. bagaimana cara memberanikan diri untuk memulai suatu usaha gan?
    Kemudian bagaimana perhitungan jika saya hanya mengambil barang dagangan dari supllier nasi kucing atau makanan rakyat? apakah bisa menutupi biaya-biaya? mengingat lokasi tempat tinggal saya tidak sesuai dengan kreteria tempat di artikel ini..
    Masalah karyawan gan…karyawan itu umumnya mau “Pendapatan Instan”… mohon kesediaanya berbagi masalah2 yang umumnya terjadi dalam triwulan pertama, supaya saya ada bayangan untuk meyakinkan lagi gan…. terimakasih terimakasih terimakasih

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mengurangi keraguan Sdr. Dee dalam merintis usaha, berikut kami berikan beberapa tips menghindari kebangkrutan di awal usaha, KLIK DISINI (Klik link tersebut). Salah satu konsekuensi bisnis angkringan dengan sistem kerjasama mengambil barang dagangan dari suplier memang laba usahanya tidak begitu besar. Akan tetapi, Anda bisa menyiasati minimnya laba dengan meningkatkan jumlah transaksi setiap harinya. Ketika angka penjualan tinggi maka laba per bungkus nasi yang cukup minim bisa dilipatgandakan menjadi besar bahkan bisa mencukupi seluruh biaya operasional setiap harinya. Tentu saja dalam hal ini tidak hanya lokasi strategis saja yang perlu dipertimbangkan, namun juga cita rasa makanan yang ditawarkan, serta konsep bisnis dan pelayanan yang diberikan. Untuk karyawan bisa cari tenaga freelance, umumnya angkringann beroperasi dari sore sampai malam, Sdri. Dee bisa menggandeng mahasiswa atau karyawan yang ingin mendapatkan tambahan uang dari kerja paruh waktu. Tentu disini gaji freelancer tidak sebanyak gaji karyawan fulltime. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  12. numpang dikit nanya,
    sy seorang karyawan swasta ingin buka sampingan angkringan, trus sy akan merekrut sementara ini satu karyawan utk menjalankan tapi ketika sy sela kerja jg turut menjalankan,karena sy kerja shift.
    yg sy tanyakan mengenai sistem gaji karyawan sy tsb lebih tepatnya dg gaji bulanan ataukah sistem bagi hasil,?

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Pada dasarnya ada kekurangan dan kelebihan dari kedua sistem penggajian tersebut. Untuk sistem bagi hasil memang lebih menguntungkan kedua belah pihak, karena disini sebagai pemilik usaha pendapatan yang diperoleh di awal merintis usaha tentu belum begitu besar sehingga sistem gaji bulanan akan cukup membebani pelaku usaha. Meski awalnya memang cukup berat bagi karyawan karena gaji di awal tahun belum begitu besar, namun di tahun-tahun berikutnya ketika bisnis angkringan ini berkembang pesat maka peluang untuk mendapatkan gaji lebih tinggi dari karyawan restoran mewah benar-benar bisa menjadi kenyataan.

      Sebaliknya, kelebihan dan kekurangan sistem gaji bulanan bagi pengusaha akan terasa berat di awal merintis usaha namun di tahun-tahun berikutnya ketika bisnisnya berkembang pesat maka besar gaji yang dikeluarkan sebatas kesepakatan kontrak kerja yang ada. Sedangkan bagi karyawan, sistem gaji bulanan dirasa lebih jelas karena besarnya gaji setiap bulannya selalu sama sesuai dengan kesepakatan kontrak kerja. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  13. Permisi,. Bisa kasi solusi untuk mengatasi masalah modal,,
    apa perlu pinjam modal di bank, tolong kasi nasihatnya y gan
    karena modal yang terbatas, sedangkan posisi rumah tidak memunkinkan.
    terima kasih banyak.

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Meminjam modal di bank tentu bukan jalan satu-satunya untuk mendapatkan tambahan modal. Ibu Pudja bisa bekerjasama dengan investor yang ada di sekitar Ibu (misalnya saudara, orangtua, teman, rekan kerja, dll) untuk mendapatkan tambahan suntikan modal tentu dengan menawarkan sistem kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  14. Gan .sya lulusan bidan ,sdh bkrja diRB tpi sya jenuh dg kerjaan sya. Sya punya keinginan buka usah angkringan tapi berbentuk kafe, tpi sy terkendala modal .menurut agan sya harus bagaimana ?

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Kendala modal pada dasarnya bisa diatasi dengan kreativitas yang Ibu Ayu miliki, misalnya saja seperti memanfaatkan halaman rumah untuk diubah menjadi cafe angkringan dengan konsep outdoor. Sedangkan untuk kendala peralatan seperti gerobak dan menu angkringan yang ditawarkan, saat ini banyak “Juragan angkringan” yang menyediakan persewaan alat sekaligus menyuplai berbagai macam menu angkringan ke setiap mitranya dengan sistem bayar harian atau bulanan. Cara ini bisa Ibu Ayu jadikan sebagai alternatif untuk menghemat modal usaha. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  15. Mlm gan,sy bekerja d salah satu hotel bintang 4 d jogja tp dr hasil d tmpat skrmg sy bkrja hasinya cukup untk memenuhi kbtan hdp sja klo mau menyisihkn sdkt Terasa sulit nah saat ini sya tertarik mau mencoba bukak amgkringan tp istri slalu menolak gimana gan sbaiknya suya mengambil sikap dan keputusan?makasih sblimya gan

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Merintis bisnis angkringan terutama di kota wisata seperti Yogyakarta memang peluangnya masih tetap terbuka. Budaya masyarakat Yogyakarta yang senang berkumpul atau “nongkrong” menjadi salah satu faktor penarik bagi bisnis angkringan di Yogyakarta. Apabila Bapak Justo ingin mencoba bisnis angkringan, kami sarankan untuk membukanya di luar jam kerja (misalnya sore sampai malam hari setelah Bapak pulang kerja). Dengan begitu Bapak masih bisa tetap mendampingi dan membantu istri selama membuka angkringan. Kemungkinan penolakan dari istri muncul karena beliau belum mengetahui potensi bisnis warung angkringan atau bisa juga karena belum sanggup untuk menghadapi kerepotan ketika harus mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Tak bisa kita pungkiri bahwa sampai saat ini kesederhanaan warung angkringan masih menyedot perhatian banyak konsumen. Sesuai dengan ciri khasnya tempat yang sesuai dengan bisnis angkringan antara lain di sepanjang trotoar kaki lima, di pusat keramaian seperti di parkiran obyek wisata, atau di tengah pemukiman warga khususnya daerah kost karena warung angkringan bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.