Bisnis Es Krim Mochi, Lumer Untungnya Kebangetan

Peluang bisnis es krim mochi kini pangsa pasarnya semakin besar. Hal tersebut sebanding dengan peminat es krim mochi yang semakin tinggi. Menurut para pelaku bisnis es krim mochi ini keuntunganya benar-benar bisa dirasakannya. Bahkan memiliki potensi yang sangat cerah dalam jangka panjang.

Ditambah lagi jenis makanan ini masih terbilang baru dan belum banyak berkembang. Pemintanya juga cukup meningkat dari beberapa tahun belakangan. Maka dengan begitu memiliki kesempatan besar untuk meraup untung besar dan menguasai pasar.

Kesempatan tersebut tentunya merupakan keuntungan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Pasalnya kamu akan benar-benar mendapatkan keuntungan besar akan ketika terjun dalam bisnis yang satu ini. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menangkap peluang bisnis dan mendapatkan lumernya keuntungan dari bisnis yang satu ini.

Bisnis Es Krim Mochi

Kenalan Sama Mochi

Bagi sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan makanan yang satu ini, yakni mochi es krim. Sebelumnya kita kenalan dulu sama makanan yang satu ini yuk. Makanan ini bernama mochi yang diinovasikan dengan isian es krim yang dingin dan lumer.

Makanan ini merupakan kue tradisional Jepang yang cukup populer disana. Terbuat dari tepung beras yang dilembutkan. Bentuknya bulat imut dan rasanya kenyal serta lembut. Biasanya kue ini ada saat perayaan tertentu seperti ulang tahun Jepang.

Lazimnya mochi ini berisi remukan kacang hijau atau kacang merah, keju, gula dsb. Namun kini dihadir dalam inovasi baru yakni mochi es krim yang lumer dimulut. Rasa yang sangat khas dan unik ini cukup digemari dan populer dinegara asalnya maupun di Indonesia.

Konsumen

Rasanya yang lembut dan enak dengan berbagai isian tentu semakin banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Apalagi jika keunikan rasanya dari isian es krim menjadikan peminatnya naik. Kehadiran inovasi baru tersebut semakin menambah minat para pembeli semakin meningkat.

Saat ini yang menyukai makanan ini tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Jadi bukan tidak mungkin untuk kamu bisa berhasil menjalankan bisnis makanan ini karena banyak yang menyukai. Ditambah lagi harganya yang cukup terjangkau. Sehingga bisa menjangkau pangsa pasar lebih luas dan menembus seluruh lapisan masyarakat.

Memulai Bisnis

Memulai bisnis makanan es krim mochi ini memang tidak mudah. Kamu harus benar-benar memperhitungkan analisa ekonominya. Sehingga benar-benar bisa mengatahui biaya operasional, modal utama, menentukan harga jual hingga keuntungan.

Tidak cukup itu saja karena kamu juga harus menyusun strategi pemasaran yang akan digunakan untuk menaikkan penjualan. Disisi lain sebelum memulai bisnis diharapkan kamu juga harus melakukan survei. Tujuannya untuk melihat apa yang diinginkan oleh konsumen.

Dengan banyaknya persiapan dan ilmu untuk memulai bisnis tentunya akan dapat dengan mudah mencapai target pasar. Akan dengan mudah pula untuk mengembangkan karena setiap step tersusun dengan baik. Sehingga mudah dalam evaluasi dan perbaikan.

Inovasi Mochi

Mochi dengan kreasi baru dengan isian es krim ini cukup disukai oleh konsumen. Tentu karena memiliki cita rasa yang enak. Ditambah lagi dengan beberapa isian es krim aneka rasa yang bervariasi.

Tesktur dari kulit yang kenyal dan lengket dari beras ketan menjadikan rasanya semakin nikmat ditambah isian es krim yang manis dan lembut. Perpaduan yang sangat sempurna dan menakjubkan.

Tips Memanfaatkan Bisnis Mochi

Dari sekian permasalah dalam memulai bisnis yang paling sulit adalah persiapanya. Persiapan yang diambil agar tidak salah langkah. Berikut ini beberapa tips memulai peluang bisnis mochi.

Survei

Sebelum terjun dalam bidang ini kamu perlu untuk mempersiapkan beberapa hal termasuk survei. Memang survei memiliki peran penting. Pastikan jika disekita kamu jualan tidak ada kompetitor. Tentu akan cukup sulit bagi pemula untuk bersaing dengan para pendahulu yang sudah lama memiliki nama.

Jika dirasa tidak ada kompetitor maka bukan tidak mungkin kamu akan mudah untuk berkembang dan menguasai pasar. Selain itu perlu kamu ketahui kamu melakukan survei pada penjual mochi es krim yang ada di Indonesia. Kamu bisa survei melalui internet.

Cari referensi variasi menu mochi yang dijual di toko penjual mochi. Lihat harga yang ditawarkan dan lihat bagaimana kemasan produk tersebut. Selain itu perhatikan juga menu varian apa yang paling disukai konsumen. Dengan begitu kamu memiliki gambaran tentang produk dan kemasan.

Lokasi Tepat

Memilih lokasi untuk berjualan memang sangat penting terutama bagi para pemula. Hal tersebut akan mempengaruhi dengan hasil penjualan. Lokasi yang strategis dan akses jalan mudah akan lebih mudah dijangkau para konsumen.

Namun untuk mendapatkan lokasi yang strategis tentu akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka kamu bisa mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan budgetmu. Jika dirasa kurang maka jangan dipaksakan untuk menyewa.

Kamu bisa menggunakan cara lain, dengan menyewa lokasi yang cukup strategis dan masih dipinggir jalan. Sehingga masih terlihat dan mudah dijangkau konsumen. Namun tak perlu khawatir karena kamu bisa lebih memaksimalkan pemasaran online.

Promosi

Biasanya para pemula gegabah dalam melakukan promosi sehingga terlalu menggebu-gebu. Sesuatu yang berlebihan juga tidak akan baik. Caranya dengan melakukan promosi secara efektif dan terkonsep. Jangan spam promosi secara terus menerus dan asal posting tanpa dikonsep.

Jadi alangkah lebih baiknya jika kamu mempersiapkan jadwal konten yang akan kamu buat. Kemas dengan konsep yang simpel dan relevan. Sehingga terkesan menarik dan maksud tujuan yang kamu sampaikan tepat sasaran.

Resep Es Krim Mochi

Bahan :

  • Tepung beras 200 g
  • Tepung kanji secukupnya
  • Vanili bubuk 2 sdt
  • Air 150 ml
  • Gula 100 g
  • Es krim secukupnya
  • Potongan buah sesuai selera

Cara Membuat :

  1. Pertama siapkan buah, kupas dan potong dadu dengan ukuran yang sedang.
  2. Disamping itu siapkan cetakan talam dan lapisi dengan plastik kue untuk menaruh es krim.
  3. Masukkan potongan buah ke dalam es krim , bungkus dan ulangi sampai selesai. Lalu masukkan ke freezer.
  4. Kemudian siapkan panci masukkan beras ketan, vanili bubuk dan gula. Masukkan air secara bertahap sambil sesekali diaduk.
  5. Lalu siapkan kompor dan panaskan panci, masak adonan sampai kental.
  6. Siapkan plastik dan taburi dengan tepung kanji agar adonan tidak lengket. Setelah itu tuang adonan dalam plastik dan taburi dengan tepung kanji lagi agar tidak lengket.
  7. Giling adonan dengan penggiling roti dengan tebal 2-3 mm. Giling selagi masih panas lalu dinginkan.
  8. Buat adonan yang sudah dingin menjadi pipih untuk diberi isian es krim.
  9. Siapkan es krim yang sudah diberi potongan buah tadi dari freezer.
  10. Lalu ambil es krim dan masukkan dalam adonan mochi yang berbentuk pipih tadi. Kemudian bungkus dengan adonan hingga semua permukaan es krim tertutup.
  11. Lakukan sampai semua adonan mochi habis, lalu masukkan mochi dalam freezer sekitar setengah jam.
  12. Lalu jika sudah dingin es krim mochi siap untuk dijual.

Sekian pembahasan kita tentang bisnis mochi es krim kali ini. Semoga ide bisnis diatas dapat memberikan inspirasi, dan beberapa tips diatas dapat membantu kamu dalam memulai bisnis.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment