Yuk Jualan Menu Buka Puasa di Bulan Ramadan dan Raup Untung Besar!

Jualan menu buka puasa di bulan ramadan bisa menjadi peluang bisnis sederhana yang menarik untuk dicoba. Datangnya bulan suci ramadan ternyata tidak hanya membawa berkah bagi para umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Tapi momen ramadan juga memberikan peluang bagi sebagian besar masyarakat yang menjalankan bisnis musiman selama bulan ramadan, seperti halnya dengan bisnis jualan menu buka puasa.

Dari tahun ke tahun, tradisi munculnya bisnis musiman setiap menjelang bulan ramadan memang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat di berbagai daerah. Beragam jenis usaha dari mulai bisnis di bidang kuliner, bisnis baju muslim, bisnis aneka kue kering, bisnis parcel lebaran, sampai bisnis peralatan dan perlengkapan ibadah mulai dijalankan para pelaku usaha untuk mendapatkan untung besar di setiap bulan spesial ini tiba.

Dari sekian banyak peluang bisnis musiman yang ada di bulan ramadan, berjualan menu buka puasa menjadi salah satu alternatif bisnis yang paling banyak diminati oleh pelaku usaha. Berbagai macam lauk-pauk, snack ringan, jajanan pasar, serta aneka macam minuman es menjadi buruan konsumen setiap menjelang waktu berbuka tiba. Peluang inilah yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk mencoba mengais untung dengan jualan menu buka puasa di bulan ramadan.

Persiapan Usaha Jualan Menu Buka Puasa

Buat kamu yang tertarik jualan menu buka puasa di bulan ramadan, ada beberapa hal penting yang perlu deperhatikan sebelum memulai. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Perhatikan minat konsumen yang ada di sekitar. Sebelum memulai usaha, lakukan survei pasar untuk mengetahui menu apa saja yang banyak dicari konsumen. Hal ini penting agar produk yang kamu tawarkan laris manis di serbu konsumen.
  2. Persiapkan kemampuan kamu dalam memproduksi aneka macam hidangan buka puasa. Tapi kalau kamu merasa kurang ahli dalam hal masak-memasak, jangan berkecil hati. Sebab, banyak produsen makanan yang siap menjadi supplier untuk bisnis kamu.
  3. Tawarkan aneka macam pilihan hidangan kepada para konsumen. Beberapa menu khas buka puasa yang banyak dicari konsumen antara lain buah kurma, es kolak, es pisang ijo, es kelapa muda, aneka jajanan pasar, aneka macam gorengan, lauk pauk, serta beberapa menu hidangan manis lainnya. Semakin lengkap menu yang ditawarkan, bisnis kamu makin punya daya tarik tersendiri di mata para konsumen.
Yuk Jualan Menu Buka Puasa di Bulan Ramadan dan Raup Untung Besar
Sumber Gambar : bertuahpos.com

Berikut ini  resep kolak pisang yang bisa menjadi salah satu ide jualan menu buka puasa di bulan ramadan.

Resep Es Kolak Pisang

Bahan yang diperlukan :

  • Pisang kepok ukuran sedang 5 biji (potong miring)
  • Ubi 1/2 kg (potong dadu)
  • Kolang kaling 2 ons (belah 2)
  • Gula jawa 2 ons
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula pasir secukupnya
  • Buah kelapa, diparut, ambil santannya (kurang lebih 1 liter)
  • Garam secukupnya
  • Es batu (secukupnya)
  • Air mineral 200 ml

Cara membuat :

  1. Rebus gula jawa dengan 200 ml air
  2. Masukan ubi ke dalam rebusan gula, sampai setengah matang
  3. Selanjutnya tambahkan kolang kaling, pisang, daun pandan, dan diaduk dengan perlahan
  4. Kemudian masukan santan, garam, dan gula pasir (secukupnya)
  5. Aduk perlahan hingga mendidih dan pastikan santan tidak sampai pecah
  6. Masak hingga semua bahan matang
  7. Angkat dan sajikan dengan tambahan es batu

Kelebihan Bisnis

Masih banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk menyiapkan aneka hidangan berbuka puasa. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan buat kamu yang menjalankan bisnis musiman di bulan ramadan. Sebab, rata-rata konsumen cenderung lebih senang membeli aneka menu buka puasa dibandingkan harus repot-repot membuatnya setelah seharian beraktivitas. Maka dari itu, manfaatkan peluang ini sebaik mungkin dengan jualan menu buka puasa yang lezat. Pastikan kualitas rasa dan kebersihan makanan terjaga, supaya konsumen tidak kecewa.

Kekurangan Bisnis

Ketika menjalankan usaha musiman di bulan ramadan, hambatan yang paling sering muncul adalah persaingan pasar yang sangat ketat. Banyaknya pedagang dadakan di bulan tersebut  menuntut kamu untuk bisa menawarkan nilai lebih kepada para konsumen. Supaya bisnis kamu tidak kalah saing dengan para pedagang lainnya. Di samping itu, aneka produk makanan yang ditawarkan menjelang buka biasanya tidak bisa bertahan lama. Untuk itu sebaiknya jangan memproduksi secara berlebihan, persiapkan secukupnya saja untuk melayani pesanan konsumen maupun pembelian secara langsung.

Konsumen Potensial

Target konsumen yang bisa kamu bidik adalah masyarakat umum yang mencari hidangan buka puasa setiap menjelang adzan magrib tiba. Dari mulai ibu rumah tangga, para remaja, anak-anak sampai orang tua, semuanya begitu antusias ketika memilih aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Bahkan masyarakat secara luas yang tidak menjalankan puasa juga antusias dengan kehadiran para penjaja kuliner ramadan. Melihat peluang pasarnya yang masih terbuka lebar, maka tidak menutup kemungkinan kalau bisnis yang kamu jalankan bisa menjanjikan untung besar selama bulan ramadan.

Strategi Pemasaran Jualan Menu Buka Buasa

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis musiman, dibutuhkan adanya strategi pemasaran jitu agar bisnis yang hanya sebentar tersebut bisa mendapatkan hasil optimal. Kamu bisa memanfaatkan pemasaran dari mulut ke mulut untuk menginformasikan keberadaan bisnis kamu kepada masyarakat di sekitar lokasi usaha. Mulailah dengan promosi ke para sahabat, tetangga, serta saudara-saudara kamu agar mereka menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain.

Zaman sekarang sudah ada platform pemasaran yang bisa diakses dengan mudah bahkan gratis yaitu media sosial. Manfaatkanlah Whatsapp, Instagram, ataupun Facebook untuk memasarkan jualan kamu. Pastikan setiap menu buka puasa yang kamu tawarkan difoto dari sudut pengambilan gambar yang terbaik. Selain foto, buat juga konten video makanan yang kamu jual. 

Analisa Modal Usaha

Agar peluang usaha jualan menu buka puasa di ramadan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal, ada beberapa yang perlu diperhatikan ketika menjalankan usaha ini. Pertama pilihlah lokasi usaha yang benar-benar strategis, kedua jaga kualitas rasa dan kebersihan makanan serta lapak jualan, ketiga tawarkan variasi menu yang beragam. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah perhitungan modal dan keuntungan yang tepat. Berikut ini simulasi analisa modal usaha jual menu buka puasa yang bisa kamu jadikan acuan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
- Lokasi usaha di pinggir jalan, dengan membayar uang kebersihan
- Barang dagangan diambil dari para produsen makanan dan minuman

Modal Awal
Meja panjang                                          Rp   500.000
Peralatan (nampan, streples, dll)                     Rp   150.000
Kulakan awal barang dagangan                          Rp   400.000
Kantong plastik dan kemasan                           Rp    75.000 +
Total                                                 Rp 1.125.000

Biaya operasional 
Pembelian dagangan (Rp 300.000 x 25 hari)          Rp 7.500.000
Kantong plastik (Rp 15.000 x 25 hari)              Rp   375.000
Transportasi (Rp 10.000 x 25 hari)                 Rp   250.000 +
Total                                              Rp 8.125.000

Omset Penjualan

Penjualan aneka macam kue :
(Rp 1.500 x 75 snack x 25 hari)                    Rp  2.812.500

Penjualan aneka macam minuman :
(Rp 3.000 x 40 gelas x 25 hari)                    Rp  3.000.000

Penjualan aneka macam lauk :
(Rp 4.000 x 50 bungkus x 25 hari)                  Rp  5.000.000 +
Total                                              Rp 10.812.500

Laba Bersih 
Rp 10.812.500 - Rp 8.125.000                    Rp 2.687.500

Cukup menggiurkan bukan? Buat kamu yang sedang bingung mencari peluang bisnis musiman di bulan ramadan, tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan menu buka puasa di beberapa tempat yang memang strategis. Perhatikan kebutuhan konsumen dengan jeli, dan ambilah peluang yang ada di sekitar. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis!

Itulah ulasan mengenai ide usaha jualan menu buka puasa yang bisa kamu jadikan referensi untuk berbisnis musiman di bulan ramadan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu semakin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Apakah kamu tertarik untuk menjalankan bisnis musiman?

5 Komentar

Leave a Comment