Bisnis Itu, Karena Pengen Atau Karena Ada Peluang?

bisnis-itu-karena-pengen-atau-karena-ada-peluang
sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Baru-baru ini, kami mengadakan forum diskusi melalui akun Instagram @bisnis_ukm yang mengajak masyarakat untuk menilik kembali, “Bisnis Itu, Karena Pengen Atau Karena Ada Peluang?” sih? Nah, melalui diskusi tersebut, rupanya dua pendapat itu sama-sama bisa dipertimbangkan. Kamu tim yang mana? Menjalankan usaha karena pengen atau menjalankan usaha karena memang melihat adanya peluang?

Mengutip dari beberapa jawaban diskusi online, berikut ini pendapat mereka terkait pengen atau peluang.

“Kalau saya pilih pengen karena dengan adanya hasrat pengen untuk memilih berbisnis, Saya akan berusaha sebisa mungkin untuk mewujudkan. Apa yang ingin saya capai, harus yakin, tetap berusaha dan selalu berdoa. Karena usaha tak akan mengkhianati hasil.” – tim pengen.

“Karena pengen dan kebetulan ada peluang.”tim mempertimbangkan keduanya.

“Kalau saya sih karena ada peluang.”tim melihat peluang.

Dari hasil diskusi di Instagram juga dapat ditarik kesimpulan jika rata-rata masyarakat memang berawal dari keinginan untuk berbisnis sesuatu. Ada juga yang tidak sekadar pengen, tapi karena melihat ada peluang.

Mengenal Lebih Dekat Alasan Memulai Bisnis

Kedua hal di atas tentu tidak ada yang salah, semua benar karena memang sumber motivasi orang kan berbeda antara satu dengan yang lain. Lalu, kalau ditinjau lebih jauh lagi mengenai motivasi itu, ada apa saja sih dan bagaimana dinamikanya? Simak bersama-sama yuk!

1. Keinginan pribadi

keinginan
sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Seseorang sering kali merasa dirinya pintar masak, lalu muncul keinginan untuk memulai usaha kuliner makanan tertentu. Bisa masak kue enak, kepikiran untuk berbisnis. Semua berawal dari hobi jadi sesuatu yang menghasilkan uang juga tidak sedikit. Kalau motivasimu memulai bisnis karena keinginan, kamu perlu memperhatikan urgensi atau ‘orang-orang suka nggak ya dengan jualanku?’. Karena kalau hanya mementingkan ‘aku mau bisnis ini karena aku bisanya ini’, dikhawatirkan ternyata orang-orang tidak begitu tertarik dengan bisnismu sehingga bisnismu tidak bisa bertahan lama. Kalau memang kamu menjalankan usaha karena pengen, jangan lupa untuk riset pasar untuk mengetahui keinginan konsumen ya biar bisnismu nggak zonk!

2. Melihat ada peluang

melihat-ada-peluang
sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Bukan barang baru lagi kalau di antara orang di sekitar kita ada yang mudah sekali melihat peluang bisnis. Tapi, tidak sedikit pula yang mempertanyakan darimana mereka bisa dengan mudah menemukan peluang itu dan menjalankan usaha dengan baik. Orang yang pandai melacak kesempatan memang sangat diuntungkan apabila hendak berbisnis. Bagi kamu yang merasa kesulitan menemukan peluang bisnis, tidak perlu risau gundah gulana, ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu temukan di sini.

3. Campur, karena melihat ada peluang dan keinginan untuk berbisnis

pengen-dan-peluang
sumber gambar: Unsplash.com/John Schnobrich

Kalau tim yang melihat peluang sekalian pengen juga ada banyak. Nah, motivasi ini yang sangat direkomendasikan. Dengan demikian, ketika menjalankan bisnis tidak egois dengan apa yang kita bisa saja, tapi juga melihat apakah orang akan butuh dengan produk kita? Maka, bisnis yang dijalankan akan lebih hidup karena merasa saling menguntungkan dan membutuhkan. Adanya keinginan dan kesukaan pada bisnis yang kamu geluti tentu membuat kamu lebih bahagia menjalankan usahamu.

Sharing yuk sebenarnya kamu tim yang melihat ada peluang dulu atau menjalankan usaha karena pengen. Biar makin seru, kamu pribadi yang gampang melihat peluang bisnis nggak sih? Kalau memang iya, boleh dong sharing tips buat teman-teman yang memang agak kesulitan menemukan peluang. Biar jadi ladang pahala juga. Yuk, sharing di kolom komentar!

 

 

2 thoughts on “Bisnis Itu, Karena Pengen Atau Karena Ada Peluang?”

  1. Dari punya ingin punya bisnis ga melulu kerja… pasa jalan jalan lihat peluang… kenapa ga di ambil aja… walaupun ga ada modal…kan bisa pinjem temen.. ortu.. jngan ke bank ya… hehehe.. jalan seadanya sambil belajar… go…

    Reply
    • bener banget gan, klo ada peluang kenapa enggagk langsung disikat aja. Bisnis itu kan prinsipnya dijalani, bukan terus-terus ditanyakan peluang apa enggak?! he..he..

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba