Risol Cokelat, Ide Antimainstream Untuk Bisnis Risolesmu

risol-cokelat-ide-brilian-nan-antimainstream-untuk-bisnis-risolmu

Risol biasanya identik sama yang gurih-gurih. Yang paling sering kita jumpai di antaranya adalah risol mayo. Nah, kalau risol tapi manis gimana? Sekarang risol dengan rasa lucu-lucu sudah bukan barang baru lagi. Orang-orang makin kreatif dan peluang bisnis terbuka sangat lebar untuk wilayah perisolan. Sebenarnya nggak cuman risol cokelat yang lagi ngehits banget. Semakin kreatif kamu melihat peluang, maka akan muncul varian rasa risoles lainnya yang brilian dan bisa mendulang rupiah dengan sangat mudah.

Bagaimana kalau coba risoles green tea, matcha, atau bahkan keju? Pokoknya tergantung kreativitas. Semakin kreatif kamu dalam berpikir, semakin besar peluang bisnismu dilirik pertama kali oleng penggemar risoles. Untuk segmen kali ini kita bahas tentang risol cokelat dulu ya. Soalnya, rasa ini kan difavoritkan sejuta umat. Banyak banget penggemar cokelat di dunia ini.

Manfaat Cokelat Yang Luar Biasa

Ternyata selain rasanya enak dan jadi primadona, cokelat hitam sangat bergizi dan mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh yang mengonsumsi. Kandungan utama dari cokelat adalah kokoa. Kandungan ini dapat mengurangi kerusakan sel dan bisa juga menurunkan risiko penyakit tertentu, contohnya penyakit jantung.

Terdapat penelitian yang mengungkap manfaat cokelat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Kemampuan makanan ini untuk memperlancar aliran darah juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Ada juga penelitian yang membuktikan bahwa cokelat hitam yang dikonsumsi dapat mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami tiap hari.

Oh iya, selain itu, cokelat, khususnya cokelat hitam memiliki enzim dan zat-zat yang diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang setelah mengonsumsinya, memperbaiki suasana hati, hingga mengatasi rasa lelah. Pokoknya, cokelat diyakini ampuh untuk dijadikan obat penghilang stres karena banyak pikiran.

Habis ngomongin soal kandungan cokelat yang luar biasa banget, sekarang kita masuk ke resep pembuatannya aja yuk? Nggak susah kok, bisa kamu coba praktik sendiri di rumah.

Resep Membuat Risoles Cokelat Number One

Jajanan kampus yang best seller ini cocok buat kamu jadikan inspirasi bisnis. Bikinnya juga nggak ribet kok.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    1. Bahan kulit:

      100 gr tepung terigu

      200 ml susu cair

      1 butir telur ayam

      1/2 sdt garam

      2 sdt gula pasir

      1 sdm margarin leleh/minyak goreng

      Bahan isi:

      Secukupnya DCC (coklat blok)

      Bahan baluran:

      2 butir telur ayam

      100 gr tepung panir

      Secukupnya coklat bubuk manis (misalnya: milo)

      Cara membuat:

      1. Campurkan terigu, telur, garam, dan gula lalu aduk.
      2. Tuangkan susu cair perlahan sambil diaduk.
      3. Sampai cair gitu ya konsistensinya, tambahkan minyak/margarin leleh kedalam adonan,aduk hingga rata.
      4. Panaskan teflon anti lengket,aku pake diameter 20cm. Jangan terlalu panas, pakai api kecil.
      5. Tuangkan 1 centong sayur adonan. Lalu ratakan dengan mengangkat teflon (langsung diangkat ya dan sebar merata, kalau sudah rata letakkan lagi di atas kompor)
      6. Tunggu sampai keluar gelembung, langsung angkat.
      7. Letakkan kulit risol di piring, ulangi hingga adonan habis.
      8. Isi dengan potongan kecil coklat blok, lipat seperti amplop.
      9. Celupkan kedalam telur yg telah dikocok lepas.
      10. Balurkan dengan tepung panir hingga rata.
      11. Sebelum digoreng, simpan dulu di kulkas hingga kaku (bisa semalaman)
      12. Goreng risol, gunakan api paling kecil karena mudah gosong.
      13. Jika sudah kecokelatan, angkat dan tiriskan.
      14. Balurkan dengan bubuk coklat manis
      15. Sudah selesai, selamat menikmati!

      Bisnis Risol Cokelat Yuk?

      Well, salah satu karakteristik mahasiswa kan mudah merasa laper. Nah, kalau kamu mau menjadikan ini sebagai peluang bisnis sangat bisa. Kalau sebelumnya sudah kita berikan salah satu resep membuat risol cokelat, sekarang kita ingin memberikan sedikit tips dalam menjalankan bisnis ini.

      1. Tentukan siapa mangsa bisnismuKalau kamu mahasiswa, pastinya mangsa kamu adalah sesama mahasiswa yang mudah kelaparan saat kuliah. Risol dengan ukuran segitu sangat mudah dimakan kapan pun di manapun, jadi usaha risolmu nggak akan sia-sia.

      2. Varian apa saja yang akan kamu jual?Dari pada bingung-bingung, sebaiknya satu atau dua varian rasa dulu saja. Misalnya risoles cokelat dan risoles green tea. Kalau seperti ini, kamu menyiapkan bahannya juga tidak kesulitan. Kamu juga bisa survei diawal dengan mengadakan jejak pendapat. Tanyakan pada teman-temanmu, rasa apa sih yang mereka inginkan? Jika kamu sudah tahu, kamu juga jadi lebih yakin kalau daganganmu akan laris manis.

      3. Gunakan sistem pre-order dan adakan giveaway kecil-kecilanMenggunakan sistem pre-order bisa membantumu dalam manajemen waktu sebagai anak kuliahan. Giveaway yang kamu adakan juga bisa sebagai sarana promosi (strategi marketing).

      4. Kemasan yang baik akan jadi penunjang larisnya jualanmu

      box kue window
      Bayangin kalau kamu membeli makanan tapi kemasannya nggak banget? Pasti kalau mau beli lagi juga mikir dua kali. Jadi, semakin menarik kemasan yang kamu pakai, konsumenmu juga akan semakin senang membeli produkmu. Selain cita rasa, visual dari produkmu juga menjadi hal paling penting yang perlu kamu perhatikan. Untuk tahu kemasan seperti apa yang cocok untuk risol cokelatmu, kamu bisa cek macam-macam kemasannya di sini.
    2. Oke, itu tadi bahasan mengenai risol cokelat yang bisa kamu jadikan peluang usaha. Nggak cuman mahasiswa kok yang bisa bikin bisnis ini. Kamu yang tertarik mencoba juga boleh banget. Oh iya, apa rasa risoles favoritmu? Atau apakah kamu tertarik bisnis risol? Sharing yuk di kolom komentar.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba