Tips Bisnis Kuliner, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnisnya!

Bisnis kuliner sekarang sudah sangat menjamur meskipun sebenarnya ada peluang lainnya. Dari mulai level rumahan sampai level harga selangit juga ada. Tergantung jenis makanan yang dihidangkan juga tentunya. Well, sebelum kamu memulai bisnis jenis ini, nggak ada salahnya untuk mengetahui tips bisnis kuliner baik kelebihan maupun kelemahannya. Tidak bisa dipungkiri, segala sesuatu di dunia ini pasti ada plus dan minusnya.

Sebelumnya, kalau ingin memulai suatu usaha tentu perlu rasa percaya diri dan keberanian mengambil risiko. Menjadi pengusaha itu memang nggak semudah membalik telapak tangan, ada perhitungannya juga supaya tidak salah mengambil langkah. Tenang, kalau kamu ragu memulai berwirausaha hanya karena merasa tidak berbakat, kamu salah besar. Seseorang yang sukses berwirausaha itu bukan semata-mata karena dia berbakat. Ada aspek lain yang lebih penting yaitu kompetensi, keberanian, serta optimisme.

Kekurangan Bisnis Kuliner Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Jumlah saingan yang sangat banyak

Bukan rahasia lagi apabila bisnis jenis ini sudah sangat menjamur. Dengan demikian, jumlah saingan bisnis kuliner sangat banyak. Apabila kita tidak bisa menyuguhkan sesuatu yang brilian, unik, dan menarik, tidak akan ada yang mau melirik. Jadi, kalau memang tertarik terjun ke bisnis ini harus mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya.

2. Makanan tidak bisa bertahan lama alias ada waktu expired

Tidak seperti bisnis fashion yang bisa tahan lama bahkan hingga bertahun-tahun asal disimpan di tempat yang baik. Kalau bisnis makanan ada rentang waktu dia masih layak makan atau tidak. Itulah mengapa sebagai pelaku bisnis kuliner perlu memasang target dengan ketat supaya tidak merugi karena expired.

3. Perlu kreativitas dan improvisasi supaya tidak ditinggalkan pelanggan

Nah, melanjutkan poin pertama soal banyaknya saingan, bisnis kuliner memerlukan kreativitas super tinggi. Kalau kamu tidak mau mengambil risiko dan hanya berani berkutat di zona nyaman, sudah banyak pelaku bisnis yang menampilkan produknya seperti itu. Intinya jangan jadi mainstream, kamu harus buat gebrakan baru supaya tidak terlihat membosankan.

Kelebihan Bisnis Kuliner Yang Menyebabkan Menjamurnya Bisnis Ini

1. Target konsumen bervariasi

Asalkan kamu pandai membagi segmen pasarmu, kamu pasti bisa meraih keuntungan maksimal dari keuntungan bisnis kuliner bahwa target konsumennya bervariasi. Dari mulai anak kecil hingga orang dewasa bisa kamu jadikan sasaran. Dengan begitu, hadirkan menu yang memang cocok dikonsumsi anak-anak, hadirkan juga konsumsi yang bisa dinikmati remaja hingga dewasa. Sebelum itu, perlu melakukan riset supaya menu yang kamu suguhkan memang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan mereka.

2. Peluang besar karena orang setiap hari butuh makan

Semua orang di dunia ini butuh makan. Dengan begitu kamu sangat enak jika ingin memasang target mangsa pasarmu. Bahkan kamu juga bisa membidik konsumen berdasar kelas ekonominya. Tinggal strategi bisnis kamu disesuaikan dengan realitas yang memang ada.

Kamu juga bisa menentukan kapan mulai melayani pembeli. Kalau pagi biasanya untuk sarapan, tentukan makanan apa saja yang cocok untuk sarapan. Ada juga yang mencari makan untuk sekadar mengganjal perut, sediakan juga aneka cemilan. Kalau makan siang dan seterusnya juga bisa kamu sesuaikan, salah satunya dengan cara riset. Riset bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, tapi yang paling mudah dengan menyebarkan link berisi jejak pendapat. Zaman yang serba digital ini harus dimanfaatan dengan sebaik-baiknya!

3. Tidak kesulitan menentukan lokasi usaha

sumber gambar: Unsplash.com/Fancycrave

Kamu mau buka usaha kuliner kecil-kecilan di rumah sendiri atau menyewa/membeli bangunan untuk membuat kedai/restoran juga tidak ada masalah. Semua kembali lagi pada mangsa pasarmu. Kalau kamu menyasar mahasiswa, kamu bisa membuka usaha di sekitar kampus. Kalau kamu mau membuka lapak dadakan dengan mangkal di pinggir jalan juga sangat bisa. Semua benar-benar kembali pada strategi pemasaranmu juga.

Nah, itu tadi Tips Bisnis Kuliner buat kamu. Bagaimana? Apakah kamu sudah 100 persen yakin ini berjalan di jalan ini? Tinggalkan uneg-uneg atau pertanyaan kamu soal bisnis di kolom komentar yuk! Oh iya, kalau kamu butuh inspirasi peluang bisnis boleh banget mampir ke sini.

2 thoughts on “Tips Bisnis Kuliner, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnisnya!”

  1. Malam pak.. Mnta sarannya klo bka usaha makanan roti jala kuah kari dn kuah kolak durian.. Kemasannya bgusnya sprti apa pak.. Biar menarik. Makasi

    Reply
    • Untuk roti jala kuah kari bisa pakai Plastic Thin Wall dikombinasi stiker label yang menarik. Ada nomor WA yang bisa dihubungi atau boleh kontak langsung ke tim diKemas.com, terimakasih.

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba