Mau Bisnis Jajanan Tradisional Klepon? Ini Dia Kunci Suksesnya

Bisnis jajanan tradisional memang menjanjikan omzet yang cukup menjanjikan. Maka tak heran lagi ya jika usaha ini banyak dilirik para pelaku usaha. Salah satu jajanan pasar yang cukup populer dikalangan masyarakat adalah klepon. Rasanya yang gurih dengan isian gula jawa semakin sedap dinikmati. Sangat cocok dimakan saat sore hari ataupun pagi hari untuk temen nge-teh.

Kue tradisional klepon yang satu ini juga tak kalah menarik jika dijadikan bisnis jajanan. Bagaimana tidak, hampir semua orang menyukainya. Dengan rasa yang manis legit dan kenyal banyak orang yang menggemarinya. Yah itu dia jajanan klepon.

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Mau Bisnis Jajanan Tradisional Klepon? Ini Dia Kunci Suksesnya

Apa Kunci Sukses Bisnis Jajanan Tradisional Klepon Ini?

Membuat Produk Lebih Menarik

Selama ini kita hanya menjumpainya dipasar – pasar tradisional dengan kemasan yang cukup sederhana dan tidak memiliki jaminan mutu. Bagaimana jika anda mengambil celah ini, maksudnya adalah anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang usaha dengan membuat kelepon dengan kemasan yang lebih baik.

Lantas bagaimana caranya? kamu bisa mengemasnya dengan kemasan yang lebih menarik, misalnya dengan kotak kardus dan dialasi dengan daun atau kertas lilin terlebih dahulu. Kemasan kardus disertai dengan memberikan pelabelan dan jaminan mutu produk anda (kehalalan produk dan standar mutu) dengan mendaftarkan pada dinas jaminan mutu yang berwenang.

Jaminan Mutu Produk

Dengan memberikan kejelasan jaminan mutu, konsumen akan semakin percaya dengan mutu produk anda termasuk kehalalannya. Karena saat ini konsumen sudah mulai banyak sadar akan makanan yang dikonsumsinya, maka dari itu dengan adanya jaminan mutu konsumen akan lebih memilih produkmu.

Nah, Sekarang kamu tak ragukan jika akan memulai usaha pembuatan klepon ini, karena klepon yang kamu buat akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan pembuatan klepon yang tidak repot, mudah, serta menggunakan bahan-bahan yang cukup terjangkau akan memberikan keuntungan bagi kamu yang ingin usaha jajanan ini.

Kamu yang lagi cari kemasan dengan desain yang menarik ngak perlu binggung kmana harus mancari tempat yang bisa bikin kemasan dengan kesain yang kekinian dan pastinya keren. Kamu bisa pesan di dikemas.com, bisa cek websitenya. Berbagai aneka kemasan makanan, minuman, snack dan fashion bisa kamu temukan dengan berbagai aneka model, jenis dan ukuran sesuai keinginan.

Pelayanan Prima

Pelayanan yang dimaksud adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Usahakan selalu melayani pelanggan dengan ramah, sabar dan mendengarkan keluh kesah dan apa yang diinginkan pelanggan. Maka dengan begitu pelanggan akan merasa terkesan dan dihargai. Usahakan juga untuk melakukan pelayanan dengan cermat, cepat dan teliti. Jika pelanggan terkesan maka akan mendatangkan pelanggan yang lainnya.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika kamu memilih bisnis kuliner. Usahakan untuk terus menjaga kebersihan baik alat, bahan dan kemasan. Makanan yang higienis tentu akan membuat pelanggan semakin percaya dengan usahamu. Tentu makanan yang bersih dan terbebas dari benda – benda asing akan membuat pelanggan nyaman untuk menikmati.

Gencar Melakukan Promosi

Promosi adalah cara yang dilakukan untuk mengenalkan produk jajanan tradisional kepada masyarakat. Sosial media menjadi media promosi andalan pelaku bisnis paling ampuh untuk memasarkan secara luas. Promosi dengan media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan lain sebagainya dianggap lebih cepat responnya. Hal ini karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di media tersebut.

Mendengarkan Keinginan Pelanggan

Bisnismu akan terus tumbuh dan berkembang semakin menjadi lebih baik lagi karena dari masukan para pelanggan. Maka penting sekali mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan. Melalui pelanggan kamu juga bisa mengevaluasi apa yang kurang, apa yang perlu diperbaiki dan lain sebagainya.

Inovasi Yang Kreatif

Pentingnya adanya inovasi yang kreatif dalam sebuah bisnis. Jika produk yang kamu tawarkan sama dengan usaha sejenis tanpa adanya sebuah inovasi tentu akan membuat pelanggan bosan. Maka perlu adanya inovasi, tidak hanya produknya saja, namun juga tampilan, kemasan, bisa juga dengan membuat varian rasa yang beragam.

Ciri Khas

Salah satu yang menjadi daya tarik pelanggan adalah produk yang memiliki ciri khas. Maka penting sekali untuk mempertahankan ciri khas. Ini sangat membantu untuk mempermudah mengenal dan mengingat produkmu agar mudah dibedakan dari bisnis sejenis. Usahakan untuk membuat konsep dan ciri khas produkmu, baik dari segi tampilan, rasa, kemasan dan inovasi.

Bahan Pembuatan Klepon

Bahan dasar pembuatan kelepon adalah dari tepung ketan putih, dengan rasa manis dari isian gula aren di balut dengan parutan kelapa dan warna hijau didapat dari warna alami daun pandan suji. Dari pada penasaran gimana cara buatnya Berikut ini kita bagi proses pembuatan jajanan tradisional klepon ini.

Mau Bisnis Jajanan Tradisional Ini? Baca Resepnya

Bahan – bahan :

  • tepung ketan 100 gr
  • air panas 75 ml
  • sendok teh garam ½
  • gula jawa 50 gr
  • pewarna hijau dari daun suji

Taburan :

  • kelapa parut 100 gr
  • teh garam ½ sendok

Cara Membuat :

  1. Campur tepung ketan dengan garam kemudian tuang air panas. Uleni hingga kalis.
  2. Tuang pewarna hijau ,aduk rata.
  3. Ambil 1 sdm adoanan isi dengan gula jawa lalu bulatkan
  4. Rebus dalam air mendidih higga mengapung
  5. Gulingkan diatas taburan kelapa.
  6. Klepon siap dihidangkan

Gimana mudah banget kan cara pembuatannya? Tentu tidak sulit untuk bisa dapetin bahan bakunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Sekian dulu, bisnisukm cukupkan sampai disini dulu inspirasi sukses menjalankan bisnis jajanan tradisional. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk mendapatkan ide -ide bisnis. Selamat mencoba :)

Jangan lewatkan pula inspirasi dan ide – ide bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com. Untuk mempelajari lagi bagaimana strategi pemasaran lainnya yang bisa kamu coba juga terapkan di bisnismu. Kamu bisa baca inspirasi bisnis dari pengusaha kopi berikut ini. Kamu juga bisa dapetin informasi bisnis lainnya dengan tema peluang usaha, inspirasi usaha, ide usaha, pemasaran, video bisnis dan bisnis online.

Atau bisa juga kamu pelajari dari video liputan hasil wawancara dengan mitra kami di bisniskuliner.id. Sedikitnya ada 100 lebih pengusaha cafe, warung makan dan restaurant yang berhasil diliput dan mereka membagikan kisah dan pengalamannya dalam merintis usahanya dari nol.

Lengkap bisa kamu pelajarin mulai dari bagaimana pengusaha membagikan kisahnya dari memulai usaha, memilih lokasi usaha, mendapatkan modal usaha, mempertahankan resep, proses prouksi, strategi pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM da pengembangan usaha.

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar : https://www.tokopedia.com/blog/resep-cara-membuat-klepon/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba