Inspirasi Bisnis, Peluang Bisnis

Ide Bisnis Klepon Rasa Buah, Unik Rasanya, Segar Omzetnya!

Ide Bisnis Klepon Buah Unik Rasanya, Segar Omzetnya!

Makanan tradisional atau biasa disapa dengan jajanan pasar, banyak sekali macamnya, mulai dari kue basah, kue kering, camilan, dengan ciri khas rasa dan bentuk masing – masing. Sibulat kecil warna hijau ditaburi kelapa parut dan didalamnya biasa diisi dengan gula aren cair, yups kue klepon namanya. Klepon atau kelepon merupakan makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke kelompok jajanan pasar. Klepon ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola – bola kecil dan diisi dengan gula merah atau gula aren kemudian direbus dengan air, setelah direbus digelindingkan di parutan kelapa sehingga terlihat berbalur dengan parutan kelapa.

Variasi Baru

Semakin zaman bertambah modern, variasi pun semakin maju dan pemikiran untuk inovasi semakin meluas. Sebagaimana hal ini terjadi pada makanan tradisional klepon, karena bosan dengan rasa – rasa yang monoton, maka munculah sebuah ide untuk membuat variasi rasa kue klepon ini dengan rasa buah, hal ini membuat daya tarik baru bagi pecinta kue klepon. Tidak hanya itu, kue ini juga bisa menjadi solusi bagi yang kurang suka memakan buah secara langsung, maka dengan makan klepon bisa menjadi salah satu solusi untuk makan buah dengan olahan lain.

Peluang usaha

Menjadi seorang entrepeuner atau wirausahawan memang tidak segampang di khayalan semata, harus benar – benar terjun, fokus, dan tekun, serta mempertajam melihat peluang usaha. Bisnis dibidang kuliner tidak ada matinya karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Klepon buah ini, salah satu hasil inovasi makanan yang bisa dijadikan bisnis menguntungkan, dengan memiliki ciri khas tersendiri dari yang lain membuat produk kita bisa menjadi pembeda diantara yang lainnya. Kue Klepon ini digemari banyak kalangan mulai dari anak – anak, remaja, hingga dewasa.

Kisah Sukses

Salah satu kisah sukses seorang remaja yang dilansir dari wartabromo.com, Reynaldi Angga Pratama Sazali (23) seorang mahasiswa universitas brawijaya yang berasal dari kabupaten pasuruan ini sukses dengan hasil kreasinya memodifikasi klepon original menjadi klepon buah dengan beragam varian rasa. Bermula dari eksperimennya membuat 2 varian rasa buah, namun kurang cocok untuk isi klepon, hingga akhirnya menemukan varian rasa yang cocok untuk dijadikan isi klepon seperti rasa anggur, strawberry, durian, dan melon. Berkat ketekunannya, sekarang omzet perharinya mencapai Rp 2 juta, dan ketika weekend Rp 3 juta – Rp 5 juta, dalam sebulan bisa mencapai Rp 100 juta hingga Rp 150 juta omzetnya.

Bahan dan Cara Pembuatannya

Bahan :

  1. 250 gr tepung ketan
  2. 200 ml air hangat
  3. 1/2 sdt garam
  4. Gula merah disisir halus secukupnya
  5. Gula pasir untuk campuran secukupnya
  6. Pasta strawbery,pasta durian, pasta melon
  7. Kelapa parut secukupnya

Cara Pembuatannya :

  1. Campur tepung ketan,garam tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis lalu bagi 2, olesi pasta strawberry dan pasta durian
  2. Siapkan gula merah yang sudah disisir halus, campur dengan gula pasir kemudian aduk rata
  3. Didihkan air di panic lalu ambil adonan beri isian bulatkan dan langsung masukkan kedalam air yg sudah mendidih masak hingga mengapung, angkat terus gulingkan di kelapa parut. klepon rasa buah siap di nikmati!

 

Supaya mendapatkan rasa yang enak dan konsisten, terus lakukan eksperimen hingga benar – benar enak dan pas, rasa klepon yang kita buat. Jangan lupa perhatikan kemasannya juga, supaya menjaga kualitas produk klepon yang kita buat selalu oke dan terbaik, dengan begitu konsumen lebih percaya kepada produk kita.

Semoga bermanfaat!

 

SHARE YUK!