Inspirasi Bisnis, Kemasan

Bisnis Jamu Kekinian: Kata Siapa Minum Jamu Itu Kuno?

bisnis-jamu-kekinian

sumber gambar: Halodoc

Jamu merupakan minuman tradisional herbal khas Indonesia. Biasanya terdiri dari bahan-bahan alami, tanaman herbal, dan rempah yang menjadikan cita rasa jamu spesial. Jamu sudah nggak bisa diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Sekarang mungkin agak sulit menemuan penjual jamu keliling. Beberapa alasan sangat mungkin, seperti karena merasa itu minuman terlalu kuno sehingga tidak yakin jika jamu itu benar-benar aman dikonsumsi.

Nah, sekarang produk jamu ada beberapa altenatif. Ada yang masih setia dengan penjual jamu yang meracik dahulu jamu sebelum diminum konsumen. Ada juga yang sudah memproduksi jamu sachet yang tinggal minum kapan pun di manapun. Tapi tentu saja kalau rasanya akan berbeda.

Well, karena sekarang masyarakat Indonesia didominasi oleh usia milenial dan generasi z, alangkah baiknya supaya bisa sekalian menjaga warisan budaya, kita bisa menghadirkan jamu dengan wajah baru. Lantas, bagaimana caranya ya agar jamu bisa kelihatan elegan dan kekinian?

Berkenalan Dengan Macam-Macam Jamu Dan Khasiatnya

Sekarang enaknya ngomongin jenis jamu sama manfaatnya. Udah bukan rahasia lagi kalau jamu dari dulu memang jadi salah satu minuman herbal yang dipercaya dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini informasi macam-macam jamu dan khasiatnya untukmu.

1. Kunyit Asam

Jamu ini menjadi jamu yang sangat familiar terutama buat cewek-cewek. Oleh karena khasiatnya yang besar, sekarang sudah banyak kok yang memproduksi jamu kunyit asam dalam bentuk sachet. Bahan utama kunyit asam sendiri adalah kunyit dan asam jawa. Biasanya memang diberi tambahan gula merah, temu lawak, dan rempah lain sesuai ramuan khusus yang dimiliki masing-masing penjual sehingga memunculkan cita rasa yang menyegarkan.

Khasiatnya untuk meredakan nyeri haid menjadikan jenis jamu ini paling dicari sama cewek-cewek. Selain buat masalah nyeri datang bulan, kunyit asam juga cocok buat kamu yang lagi diet dan bikin kulit jadi bagus juga bisa. Cocok banget nih buat para cewek yang ingin hidup sehat dengan minuman sehat.

2. Beras Kencur

Wah, kalau jenis jamu satu ini siapa sih yang nggak kenal? Semua kalangan usia dan status ekonomi pasti familiar sama beras kencur. Selain kunyit asam, beras kencur juga jenis jamu yang memang banyak penggemarnya. Tidak berbeda dari namanya, jamu ini terbuat dari ekstrak kencur, beras, jahe, dan buah asam. Pokoknya rasanya enak dan menyegarkan. Anak-anak nggak bakal nolak enaknya jamu ini.

Mau tahu manfaatnya apa? Jamu beras kencur cocok buat anak dan memang salah satu khasiatnya untu menambah napsu makan anak. Kalau kamu lagi banyak kerjaan atau sibuk belajar, fungsi jamu ini bisa untuk menghilangkan pegal dan memberikan efek menyegarkan. Sudah rasanya enak, kualitasnya jahud pula! Cocok banget jadi peluang bisnis.

3. Temulawak

Manfaat temulawak sendiri sudah terbukti untuk pengobatan tradisional China dan memang sudah terbukti secara ilmiah. Temulawak sendiri memiliki kandungan di antaranya seperti germakron yang berfungsi sebagai anti radang dan tumeron sebagai antimikroba. Lalu kandungan katatoga dalam temulawak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan hati dan membantu memperbaiki sel hati yang rusak.

Wah, keren banget ya khasiat-khasiat tiga jenis jamu di atas. Sebenarnya masih banyak jenis jamu tapi ini rekomendasi jamu enak dari kami dengan banyak mangsa karena banyak yang doyan sama ketiga jenis jamu ini. Oh iya, sebagai informasi, jamu nggak cuman yang manis, tapi juga ada jamu yang pahit sesuai dengan khasiatnya.

Oke, setelah bahas jamu dan khasiatnya, sekarang kalian mampir baca artikel ini pasti karena mau usaha jamu kan? Kalau begitu kami akan bagikan tips supaya jamu kekinianmu bisa laris manis di pasaran.

Jurus Jitu Supaya Jamu Laris Manis Di Pasaran

Kalau mau menjalankan bisnis, kamu harus kuasai jurus-jurus ini. Nggak susah kok, cukup kamu baca sekali dan langsung terapkan.

1. Riset pasar diperlukan supaya tahu jamu apa saja yang banyak diinginkan konsumen

Di jaman yang serba canggih ini nggak ada salahnya kamu memanfaatkan media sosialmu dengan baik. Sekarang apa-apa serba medsos, kamu bisa bikin polling di Instagram atau memanfaatkan fitur pertanyaan di story Instagram. Selain itu, Twitter juga menjadi sarana jejak pendapat yang bisa kamu pertimbangkan karena Twitter masih banyak penghuninya bahkan makin banyak! Dengan riset, kamu jadi tahu orang mau jamu apa sih? Nah, kalau udah dapat jawabannya kamu bisa memulai bisnismu dengan gembira.

2. Promosikan jamu kamu ke berbagai media sosial

Media sosial harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kalau mau, gunakan saja semua platform seperti facebook, twitter, hingga instagram untuk mempromosikan bisnis jamu kamu.

3. Adakan giveaway atau promo menarik

Jaman sekarang orang juga masih serig berburu giveaway. Tidak apa-apa, kamu bisa menjadikan ajang ini untuk mempromosikan bisnis kamu secara luas. Kamu juga bisa minta mereka mereview hadiah giveaway setelah diterima sehingga secara tidak langsung itu sudah menjadi bagian dari promosi juga.

Para pemuja promo di dunia ini juga hampir semua orang. Kamu bisa hadirkan promo menarik seperti jika membeli jamu di tempatmu sebanyak sepuluh hingga kelipatannya bisa dapat gratis satu jamu di pembelian berikutnya. Pokoknya promo yang menarik dan kamu sesuaikan dengan kemampuan juga biar nggak rugi.

4. Kemasan jamu menjadi daya tarik tersendiri supaya bisnismu bisa laris

Jualan jamu kok botolnya polosan? Bisa ketuker tuh bisnis siapa dan siapa. Kalau ada logonya kan jadi bisa buat promosi sekaligus mempercantik tampilan produk. Kalau kamu mau produk jamu kamu sampai bisa didistribusi hingga ke seluruh Indonesia, kamu pakai saja kemasan botol. Jamu yang dikemas dalam botol juga memberikan daya tarik tersendiri. Pokoknya generasi milenial pasti melirik kemasan yang lucu-lucu, jadi pakai kesempatan ini buat bikin jamu kekinianmu laris manis.

Kalau kamu bingung kemasan seperti apa yang cocok untuk memberikan kesan jamu kekinian,kamu bisa gunakan kemasan botol. Bingung botol seperti apa yang cocok untuk jamu? Kamu bisa mampir ke sini. Di dikemas.com kamu akan dapat referensi kemasan yang oke banget. Di sini kami juga bisa memberikan desain gratis lho biar botol yang kamu pakai nggak hanya polos doang. Kalau mau konsultasi kemasan juga boleh banget.

Masih ada uneg-uneg? Tinggalkan komentarmu aja ya! Nanti kita bahas bareng-bareng….