Inspirasi Bisnis

Wajib Baca! Peluang Bisnis Ramadhan, Berani Coba?

peluang-bisnis-ramadhan-berani-coba

Bisnis Ramadhan? Ramadhan sebentar lagi… Bagi kamu yang mau menjajal peruntungan di bulan penuh rahmat ini, kamu beruntung menemukan artikel ini. Kali ini kita akan kupas tuntas bisnis yang bisa kamu coba jalankan selama bulan puasa. Nah, kalau misalnya rejekimu bagus, bisa saja dong dia tetap berlanjut sekalipun bulan puasa telah usai? Itu tandanya kamu sukses bisnis. Hm, oke sekarang kita cari tahu dulu yuk bisnis menjanjikan apa yang bisa kamu coba selama puasa. Cekidot!

Jajanan Buka Puasa Yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Bulan suci bisa jadi kesempatan emas bagi kamu yang mau memulai usaha kuliner. Dari utara ke selatan, hingga timur ke barat, pasti akan kamu jumpai dengan mudah lapak-lapak jualan dadakan, Kalau mereka bisa memulai, kamu juga harus lebih bisa dong, apalagi sudah menemukan tulisan ini.

1. Es Susu Kacang Hijau

Kalau bubur kacang hijau kan dari namanya saja sudah mainstrem, sekarang cobain deh bisnis es susu kacang hijau. Dari julukannya ada udah kelihatan lezat dan bikin penasaran mau cobain. Lagipula bikinnya super gampang. Rebus kacang hijau barengan sama daun pandan sampai benar-benar empuk. Masukkan air gula merah ke dalamnya lalu sajikan dengan santan dan es batu. Setelah itu, tuangkan susu kental manis ke atasnya. Hm, dimakan dingin-dingin waktu buka puasa seger banget nih!

2. Es Cendol atau Dawet

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan minuman yang satu ini? Sekalipun sudah banyak yang jual, kalau kamu bisa menyuguhkan rasa terbaik, nggak usah takut bersaing. Cara bikinnya ini nih.

Bahan membuat minuman es dawet:

  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung tapioka 250 gram
  • Air sari daun pandan 100 ml
  • Air matang 600 ml
  • Es batu serut secukupnya

Santan untuk es dawet:

  • Santan 1 liter
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam ½ sendok teh

Larutan gula merahnya:

  • Gula merah aren 500 gram, disisir
  • Gula putih 50 gram
  • Air 250 ml

Cara membuat es dawet:

  1. Pertama campur bahan berupa tepung beras, daun pandan, tepung tapioka, dan  air. Aduk rata. Rebus hingga mengental.
  2. Cetak adonan dawet menggunakan alat cetak dawet. Kerjakan hingga adonan habis. Siapkan wadah isi dengan air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal. Sisihkan.
  3. Dalam membuat kuah santan bisa dilakukan dengan merebus santan, daun pandan juga garam hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  4. Buat larutan gula merah dengan cara rebus air, gula merah juga gula putih sampai mendidih. Aduk rata. Angkat lalu dinginkan.
  5. Siapkan gelas saji, kemuadian anda tambahkan dawet secukupnya, setelah itu kemudian di siram dengan kuah santannya. Jangan lupa pula tuangkan larutan gula merahnya. Tambahkan es batu serut.
  6. Es dawet siap disajikan.

3. Bubur Candil

Bubur ini adalah jenis makanan sederhana dengan harga murah tapi mengenyangkan kok buat buka puasa. Bubur sagu ini isinya bola-bola tepung ketan dan air gula merah. Rasanya manis dan gurih karena diberikan santan juga. Kebayang nggak sih cita rasanya yang bikin ketagihan? Kamu bisa coba bisnis ini soalnya modalnya juga nggak besar.

4. Klepon

Makanan yang nggak lekang oleh waktu ini asik banget dimakan pas buka puasa. Sensasi manis dan gurih, bentuknya yang imut, pokoknya masih jadi primadona orang ngabuburit deh. Cocok banget didampingi segelas teh. Banyak banget kok yang suka sama makanan tradisional yang satu ini dan bisa banget kamu jadikan peluang bisnis selama bulan ramadhan!

5. Smoothies

smoothies

sumber gamnar: Unsplash.com/Louise Burton

Kalau sebelumnya kita sudah bahas makanan, yang satu ini minumannya. Ada smoothies yang berasal dari irisan buah, sayur, yang dicampur yoghurt. Minuman ini bisa menjaga kesehatan konsumen juga selama bulan puasa. Sudah rasanya enak, bergizi pula. Pasti banyak yang cari deh!

Jualan Pakai Gerobak atau Buka Lapak Di rumah?

Oke, setelah tahu sekiranya akan bisnis apa saja, sekarang kamu juga perlu mempertimbangkan bagaiamana caramu berbisnis? Apakah kamu mau pakai gerobag atau menjadikan halaman rumah sebagai tempatmu beraktivitas. Well, karena ini bisnis yang hanya diperuntukkan selama bulan puasa, sepertinya kurang pas jika harus bayar uang sewa gedung. Kamu bisa saja berjualan di mana saja, dan akan lebih baik kalau sistemnya pesan antar atau beli di tempat.

Perhatikan Strategi Marketing Yuk Biar Daganganmu Laris Manis

Kalau sudah tahu mau bisnis apa selama ramahdan, sekarang waktunya memperhatikan strategi marketingmu supaya nggak sia-sia usahamu! Ada beberapa tips nih dari kami, harus dibaca sampai habis.

1. Pasang banner yang memberitahu bisnismu

Banner penting baget lho, supaya orang yang lagi ngabuburit punya alasan buat mampir ke tempatmu, kamu perlu menyediakan banner. Beri tahu mereka apa sih yang kamu sediakan. Banner dengan desain yang kece pasti juga bisa menarik atensi calon konsumen. Eits, bedakan kece dan alay. Kalau alay nanti malah pada kabur.

Cara membedakan desain yang kece dan yang alay bagaimana? Ya, pastikan gunakan bahasa yang baik dan benar. Bahasa gaul sangat boleh, tapi gaulnya juga jangan kebablasan supaya tidak dicap alay.

2. Kamu perlu menghadirkan promo seru

Promo apa saja yang bisa kamu coba? Kami akan berusaha memberikan saran nih. Kan bulan puasa selama satu bulan. Kamu bisa memberikan promosi seperti beli lima kali di tempatmu, konsumenmu itu bisa dapat gratis satu di hari berikutnya. Jadi, semacam mengumpulkan poin yang ditukar untuk dapat menu buka puasa gratis.

3. Kemasan produkmu juga menjadi salah satu startegi marketing lho!

Percuma sudah kasih promo besar-besaran, percuma sudah punya banner keren, pokoknya percuma kalau produkmu udah keren tapi kemasannya payah. Kemasan sangat berpengaruh pada kesan pertama konsumenmu lho. Kalau kemasanmu biasa aja, ya konsumen juga akan melihat produkmu biasa alias nggak spesial. Kalau kamu bisa menunjukkan sisi ciamik dari bisnismu lewat kemasan, kenapa tidak? Nah, kalaii kamu butuh inspirasi kemasan bisa ke diKemas.com lho. Kalau kamu juga belum ada gambaran mau seperti apa kemasannya, kamu boleh bebas tanya-tanya sama kami. Kami bisa buatan desain untuk kamu gratis tis tis.

Oke, sekarang sudah tahu kan mau bisnis seperti apa di bulan ramadhan? Share yuk, barangkali tahun sebelumya kamu juga pernah buat usaha pas bulan ramadhan? Usaha apa dan bagaimana hasilnya? Kami tunggu cerita menarik kamu di kolom komentar ya!