Bisnis Kuliner Modal Kecil Ini Cocok Buat Kamu Yang Berkantong Tipis!

bisnis-kuliner-modal-kecil-ini-cocok-buat-kamu-yang-berkantong-tipisSaat ini, menjalankan bisnis kuliner memang dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan memiliki rasa ingin mencoba yang tinggi terhadap kuliner baru dan unik. Maka tidak heran, banyak orang yang menjalankan bisnis kuliner dengan berbagai inovasi untuk menarik perhatian para konsumen.

Tetapi sayangnya untuk memulai bisnis ini, tidaklah mudah karena ada hal-hal yang menjadi kendala dan salah satunya adalah masalah modal. Banyak orang yang berpikir bahwa untuk menjalankan usaha kuliner membutuhkan modal yang besar. Pemikiran tersebut memang tidak salah seutuhnya mengingat harga-harga di pasaran saat ini cukup tinggi.

Meskipun demikian, Anda yang berkantong tipis tidak perlu berkecil hati dan tetap dapat menjalankan bisnis kuliner. Bahkan tidak menutup kemungkinan, dengan modal yang kecil, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis kuliner modal kecil yang dapat Anda jalankan.

  1. Burger

Rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai burger, roti bulat yang berisi daging panggang, keju, saos, dan sayuran. Banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner ini karena memang banyak peminatnya, tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya, dan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Jika selama ini burger identik dengan roti bulat, Anda dapat melakukan inovasi untuk menarik perhatian konsumen. Anda dapat mengganti roti dengan mi, nasi, atau roti berwarna hitam. Selain itu, Anda juga dapat melakukan inovasi pada isiannya.

  1. Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sangat menyukai kuliner yang satu ini. Gorengan menjadi salah satu bisnis kuliner modal kecil yang dapat mendatangkan keuntungan cukup besar.

Menjalankan bisnis kuliner ini terbilang cukup mudah karena Anda hanya memerlukan bahan-bahan dasar yang mudah didapatkan dan mempersiapkan bumbu yang sederhana. Meskipun termasuk kuliner yang kurang sehat, gorengan sangat banyak peminatnya. Anda dapat menjual bermacam-macam gorengan pada sore hingga malam hari saat orang-orang mulai beristirahat setelah beraktivitas.

  1. Jajanan Pasar

Menjalankan bisnis kuliner berupa jajanan pasar bukan berarti Anda harus membuatnya sendiri. Anda dapat membeli jajanan pasar ini di pasar atau toko kue, kemudian menjualnya kembali di sekitar rumah atau di tempat-tempat lain.

Anda dapat menjual bermacam-macam jajanan pasar, seperti kue basah, lontong, risol, dan roti mini. Berawal dari modal yang kecil, bisnis kuliner ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar karena diminati oleh banyak orang.

  1. Kopi

bisnis-kuliner-kopi

Saat ini, mengonsumsi kopi sudah menjadi rutinitas dan gaya hidup yang dilakukan oleh banyak orang. Bahkan untuk sebagian orang, mengonsumsi kopi adalah hal yang harus dilakukan sebelum memulai hari dan menjalankan aktivitas. Kopi juga dapat menjadi teman santai yang menenangkan setelah lelah bekerja.

Melihat hal seperti ini, tidak heran kedai-kedai kopi, bahkan warung kopi sederhana, selalu dipenuhi oleh pencinta kopi. Karena pangsa pasarnya yang luas dan selalu ramai, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjalankan bisnis kopi ini. Agar tidak membosankan dan konsumen semakin ramai, Anda dapat mencoba tips bisnis kuliner kopi dari ahlinya.

  1. Makanan Ringan

Makanan ringan, camilan, atau snack menjadi kuliner yang diminati oleh banyak orang, terutama saat acara-acara santai dan saat-saat senggang. Hal ini menjadikan makanan ringan sebagai ide bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan menjual bermacam-macam makanan ringan, mulai dari yang asin, manis, hingga pedas, seperti keripik kentang, keripik pisang manis, dan kerupuk seblak.

  1. Minuman Kekinian

Saat ini, banyak orang yang menjalankan bisnis minuman kekinian. Minuman-minuman tersebut dimodifikasi menjadi berbagai rasa dan menggunakan bermacam-macam topping, seperti boba. Rasanya yang menyegarkan dan manis serta tampilannya yang unik menjadikan minuman ini diminati oleh banyak konsumen sehingga dapat menjadi bisnis kuliner yang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Melihat situasi seperti ini, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjalankan bisnis kuliner minuman kekinian. Ide bisnis kuliner yang satu ini dapat Anda jalankan seorang diri, bersama teman, atau bersama keluarga.

  1. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan. Untuk berbisnis kuliner pisang, Anda tidak perlu khawatir karena bahannya mudah didapat, harganya terjangkau, dan hampir setiap orang menyukainya.

Ada banyak pilihan bisnis kuliner berbahan dasar pisang, seperti keripik pisang, es pisang hijau, salad buah pisang, pisang cokelat, pisang goreng, dan yang sedang tren adalah pisang nugget dengan bermacam-macam topping.

  1. Roti Bakar

bisnis-kuliner-roti-bakar

Untuk menjalankan bisnis kuliner yang satu ini, Anda memang tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak membutuhkan modal yang besar. Roti bakar dapat menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan.

Untuk meningkatkan hasil penjualan, Anda dapat mempelajari dan menjalankan beberapa tips bisnis kuliner. Anda dapat menggabungkan bisnis kuliner roti bakar dengan bisnis lainnya, seperti menjual kopi atau minuman kekinian. Anda juga dapat melakukan inovasi pada isian atau topping roti bakar sehingga rasanya berbeda dengan roti bakar lainnya.

  1. Salad Buah

Salad buah dapat menjadi ide bisnis kuliner bermodal kecil yang dapat Anda jalankan. Dengan kuliner ini, Anda dapat memberikan alternatif cara memakan buah yang baru, unik, dan menarik. Untuk mengontrol biaya pengeluaran, Anda dapat menggunakan buah musiman dan menambahkan topping atau dressing yang bervariasi.

Rasa segar, manis, dan dingin setelah disimpan di dalam lemari pendingin akan membuat para konsumen senang mengonsumsi salad buah Anda. Maka tidak heran, bisnis kuliner Anda ini akan laku di pasaran.

  1. Seblak

Kuliner khas Jawa Barat ini menjadi kuliner yang banyak diminati meskipun tampilannya terlihat sedikit aneh. Karena banyak diminati, menjalankan bisnis kuliner seblak dapat menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Untuk membuat seblak, tidaklah sulit dan bahan-bahannya mudah didapat. Agar bisnis ini semakin banyak peminatnya, Anda dapat membuat seblak dengan isian yang bermacam-macam dan rasa kuah yang pedas.

  1. Singkong

Anda dapat menjalankan bisnis kuliner berbahan dasar singkong. Kuliner ini cukup diminati oleh banyak orang sebagai camilan. Anda dapat membuat singkong dengan berbagai variasi, seperti singkong karamel atau singkong keju.

  1. Tahu

Tahu menjadi salah satu kuliner yang dapat menjangkau semua kalangan sehingga menjalankan bisnis kuliner modal kecil berbahan dasar tahu dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Harganya yang sangat terjangkau menjadikan tahu laris di pasaran.

Untuk menarik perhatian konsumen, Anda dapat membuat inovasi dari tahu. Misalnya, Anda membuat tahu dengan isian yang mengenyangkan, membuat tahu bulat, membuat tahu dengan isian yang rasanya pedas, membuat tahu krispi, dan membuat tahu gimbal.

Itulah beberapa contoh bisnis kuliner dengan modal kecil untuk Anda yang berkantong tipis. Agar bisnis kuliner yang dijalankan semakin ramai peminatnya, Anda dapat mempelajari dan mencoba tips-tips bisnis kuliner dari ahlinya. Jadi, bisnis kuliner mana yang akan Anda jalankan? Temukan ide bisnis kuliner online lainnya di sini. Kamu juga harus tahu penyebab bisnis kuliner gampang gulung tikar.

 

 

sumber gambar: 
Unsplash.com/Sara Dubler
Instagram.com/kopiomoji
https://pagguci.com/roti-bakar-cicaheum-yang-legendaris/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba