Bisnis Kuliner, Bisnis Online, Pemasaran

Bisnis Kuliner Online Makin Laris Manis Dengan 10 Trik Ini!

bisnis kuliner onlineBisnis kuliner online saat ini mulai banyak diminati oleh para pengusaha muda. Adanya perkembangan pasar di internet sendiri membuat para pebisnis memasarkan produknya via online. Pilihan menggeluti bisnis online ini tentunya ada banyak pertimbangan. Menjalankan bisnis kuliner sendiri bukan persoalan mudah, ada kalanya pelanggan sepi dan beralih ke produk lainnya.

Promosi menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah usaha baik itu online ataupun offline. Strategi promosi yang tepat bisa membuat calon pelanggan tertarik mengenal dan membeli produk kuliner yang dijual.

Berikut ini 10 trik pemasaran bisnis kuliner online.

1. Mempromosikan Lewat Media Sosial

Salah satu tips bisnis kuliner online agar laris dipasaran yaitu dengan mempromosikan lewat media sosial. Media sosial yang cocok untuk bisnis kuliner misalnya Instagram karena fokus pada gambar dan video. Foto produk makanan yang dijual bisa diposting lewat media sosial tersebut. Perlu mengunggah foto produk yang unik dan menarik karena jika biasa saja maka akan sulit untuk membuat pengguna tertarik.

Saat ini ada juga pilihan untuk iklan melalui media sosial. Jika memiliki dana lebih maka bisa digunakan untuk mempromosikan lewat iklan di Instagram. Selain iklan resmi, bisa juga meminta bantuan endorse pada akun-akun yang memiliki followers banyak namun tetap harus sesuai dengan target konsumen.

2. Memudahkan Pemesanan Produk

Pelanggan akan senang jika mudah membeli produk yang mereka sukai begitu juga dalam hal pembelian secara online. Saat ini produk kuliner bisa dijual melalui berbagai platform mall online yang memudahkan konsumen. Semakin mudah produk tersebut dibeli maka semakin besar kemungkinan konsumen tertarik untuk membelinya.

Selain itu perlu juga bekerja sama dengan penyedia jasa pengiriman seperti ojek makanan online. Semakin banyak platform online yang menjual produk Anda maka semakin banyak juga produk tersebut dikenal oleh netizen.

3. Memberikan Pilihan Pembayaran Beragam

Selain masalah pemesanan, kemudahan pembayaran juga disukai oleh konsumen. Berikan pilihan pembayaran yang beragam misalnya melalui transfer bank ataupun platform e-money. Adanya pilihan yang beragam juga bisa menarik konsumen yang memiliki metode pembayaran tersebut. Tentunya pilihan pembayaran ini harus tetap aman dilakukan sehingga konsumen tidak takut untuk melakukan pembayaran.

4. Memberikan Diskon

Bisnis kuliner online juga perlu memberikan diskon kepada para pelanggan. Diskon ini bisa berupa potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu ataupun diskon untuk produk-produk baru yang diluncurkan. Pemberian diskon pada waktu-waktu khusus juga bisa menarik konsumen untuk membeli produk makanan. Persentase diskon sendiri bisa disesuaikan jangan terlalu sedikit dan tak perlu terlalu banyak sesuai dengan harga pokok produk ataupun laba yang diinginkan.

5. Bekerja Sama Dengan Food Vlogger

Saat ini ada banyak food vlogger yang memiliki banyak followers ataupun subscriber. Mereka biasanya mereview berbagai jenis makanan. Pemilik bisnis kuliner online bisa bekerja sama dnegan para food vlogger tersebut dengan mengirimkan produknya untuk dicoba ataupun endorse. Review yang positif dari pada food vlogger tersebut tentunya bisa menarik perhatian calon konsumen. Follower ataupun subscriber dari para food vlogger tersebut merupakan pecinta makanan. Jadi saat ada makanan yang direview oleh food vlogger tersebut tentunya akan menarik para pengikutnya untuk mencoba makanan tersebut.

6. Melakukan Inovasi

Inovasi produk perlu dilakukan dalam setiap bisnis begitu juga dengan usaha kuliner online. Inovasi produk ini dapat dilakukan dengan membuat varian baru dari produk yang sudah ada. Selain itu bisa juga dengan menawarkan produk kuliner yang benar-benar baru. Inovasi juga dapat dilakukan dalam hal kemasan atau cara memakannya. Adanya inovasi produk ini mencegah agar konsumen tidak bosan.

Misalkan produk makanan keripik pisang, menambahkan varian produk dengan rasa baru seperti rasa cokelat atau keju. Kemasan produk juga bisa diperbarui dengan lebih menarik dan membuat produk menjadi terlihat berkualitas. Kemasan yang awalnya hanya berbahan plastik bisa diganti dengan toples unik yang bisa menjaga produk tetap renyah dan awet.

7. Membuat Event Berhadiah

Semua orang suka dengan hadiah, begitu juga pengguna internet. Salah satu tips bisnis kuliner online yaitu bisa melakukan promosi dengan mengadakan event berhadiah. Event bisa diadakan secara berkala atau pada hari-hari tertentu misalnya saat hari kemerdekaan ataupun menjelang hari raya.

Hadiah event tersebut bisa berupa produk makanan gratis ataupun produk lainnya yang menarik bagi pelanggan. Event berhadiah ini juga dapat menarik orang lain yang belum pernah membeli produk sehingga bisa mengenalnya.

8. Menawarkan Gratis Ongkos Kirim

Penjualan produk bisnis kuliner online bisa menawarkan program gratis ongkos kirim. Program yang satu ini banyak disukai oleh para konsumen online. Gratis ongkos kirim dianggap menghemat pengeluaran saat melakukan pembelian secara online. Program ini biasanya juga ditawarkan oleh mall online dengan persyaratan tertentu. Pemilik bisnis online bisa mencontoh program yang satu ini dengan persyaratan tertentu juga sehingga tetap menguntungkan kedua belah pihak.

9. Memposting Testimoni/ Review Positif

Review positif dari para pelanggan bisa diposting di media sosial. Ini bisa menumbuhkan kepercayaan bagi para calon pelanggan untuk bisa membeli produk di usaha kuliner online yang Anda miliki. Review atau testimoni dari pelanggan bisa ditempatkan dalam stories tersendiri di Instagram. Ini bisa memudahkan netizen untuk melihat testimoni positif tentang produk yang dijual.

Review negatif kadang tak bisa dihindari oleh pemilik usaha karena ada bermacam-macam jenis konsumen. Jika ada yang mengajukan komplain, maka perlu ditanggapi dengan baik dan ditanyakan apa keluhannya. Tak perlu juga memaksa konsumen untuk selalu memberikan review baik karena penjual juga butuk dikritik agar bisa lebih baik.

10. Ramah Pada Konsumen

Tips bisnis kuliner selanjutnya yaitu penjual harus ramah pada konsumen. Usaha kuliner online tidak mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli. Namun keramahan penjual bisa terlihat dari caranya membalas pesan dari konsumen melalui chat ataupun telepon.

Penjual perlu menonjolkan keramahan meskipun ada beberapa calon konsumen yang sering bertanya. Jika ada komplain pun penjual bisnis kuliner online juga perlu menanggapinya dengan ramah dan menanyakan apa yang dikeluhkan. Kesalahan pada pihak penjual perlu segera diperbaiki sehingga pelanggan bisa kembali lagi.

Menjadi pebisnis di bidang kuliner tentunya memiliki tantangan tersendiri agar pelanggan bisa terus berdatangan. Selain produk kuliner yang memang enak dan berkualitas, promosi menjadi hal cukup penting dilakukan. Bisnis kuliner online sendiri bisa sukses jika terus melakukan perbaikan pada produk dan menggenjot promosi. Selain itu pemilik usaha perlu punya jiwa entrepreneurship sehingga bisa menjalankan bisnis dengan positif dan pantang menyerah.

Saat ini ada banyak jenis produk kuliner yang bisa dijual secara online. Kemudahan yang ada di era internet ini sebaiknya dimanfaatkan dengan tepat sehingga bisa menjadi pebisnis yang sukses.

Siap jadi pebisnis online yang sukses?