Bisnis Kuliner

Mau Tahu Cara Sukses Bisnis Kuliner Dan Gak Gulung Tikar?

mau-tahu-cara-sukses-bisnis-kuliner-dan-gak-gulung-tikar

Sukses berbisnis kuliner menjadi dambaan setiap pengusaha. Namun menjadi pengusaha sukses tidak bisa diraih dengan mudah dan instant. Bahkan mie instant saja masih melewati proses memasak untuk dapat dinikmati. Begitu pula menjadi pebisnis yang sukses perlu melewati banyak tantangan. Menghadapi kendala-kendala yang datang silih berganti. Berusaha bangkit dari kegagalan dan melalui jatuh bangun dalam proses merintis bisnis.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, bahkan bisnis ini terus berkembang pesat seiring dengan permintaan konsumen yang terus bertambah. Terlebih lagi, peminat sajian kuliner yang terus memburu tempat-tempat kuliner yang unik dan menarik membuat para pebisnis kuliner bersaing ketat di dalam bisnis ini.

Bisnis kuliner akan tetap berjalan dengan lancar sebab produk yang di jual merupakan kebutuhan “perut” yang harus dipenuhi setiap saat oleh manusia. Usaha kuliner ini bisa dijalankan dengan beberapa kelas yaitu dari pedagang kaki lima seperti menyajikan aneka snack dan jajanan ringan atau malah minuman dan segala macam es warung tenda, cafe, rumah makan, hingga restoran.

Belajar Dari Pengusaha Sukses Bisnis Kuliner

Menilik dari keuntungan yang dihasilkan, berbisnis sukses dengan sajian kuliner  ini cukup menjanjikan karena pada umumnya keuntungan yang dihasilkan besar. Sebut saja beberapa nama seperti, McDonald, KFC, JCO, Rumah Makan Ayam Goreng Ny.Suharti, Ayam Bakar Wong Solo,  dan aneka surga makanan lainnya. Mereka menuai untung yang cukup besar hanya dari food selling mereka sampai akhirnya membuka cabang di beberapa lokasi agar dapat memenuhi permintaan pasar. Tergiur bukan melihat kesuksesan mereka?

Walau demikian, mengelola bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah dan banyak tantangan yang harus kita lalui. Tak heran jika banyak pula pebisnis kuliner yang akhirnya gulung tikar karena tak mampu bersaing dengan rival-rival di dunia kuliner. Bahkan ada yang tak sempat mencicipi nikmatnya menuai untung di ladang kuliner. Jika Anda sedang atau berminat membuka usaha kuliner, cermati beberapa tips sukses membuka usaha kuliner berikut agar bisnis Anda tetap berjaya dan semakin diminati.

Kalau Mau Sukses Bisnis Kuliner Perhatikan Hal Berikut

Kebutuhan Primer

  1. Parkir
  2. Penempatan SDM
  3. Desain interior
  4. Harga
  5. Pelayanan

Kebutuhan Tambahan

  1. Selalu sediakan toilet, wastafel, tisu, tusuk gigi, asbak, sabun cuci tangan di resto Anda.
  2. Pastikan bahwa tisu yang ada di meja makan adalah tisu khusus makan, dan jangan pernah menggunakan tisu toilet atau tisu kecantika
  3. Pilih sabun cair ketimbang sabun batangan yang membuat pengunjung malah tak nyaman.
  4. Tambahkan nuansa musik yang disesuaikan dengan placement dan selera pangsa pasar Anda.
  5. Selalu bersihkan meja setelah konsumen pergi, dan jangan biarkan meja berantakan terlalu lama. Namun, perlu dicermati juga, bersihkan meja setelah konsumen benar-benar selesai dengan menunya.

Kebutuhan Promosi

  1. Promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut” hingga berbagai media, baik cetak (banner, koran, majalah, flyer, poster, pamflet), atau elektronik (internet, TV, radio, SMS).
  2. Pastikan di dalam iklan yang Anda sajikan, Anda memberikan informasi yang jelas dan tidak menipu agar konsumen tidak kecewa.
  3. Buat promo menu atau promo hari spesial agar menambah ketertarikan pengunjung datang ke resto Anda.
  4. Keunikan suatu usaha kuliner sangat diperlukan agar dapat menarik minat para customer.

Tips Sukses Bisnis Kuliner

Melihat persaingan bisnis yang semakin ketat maka jika Anda tidak siap dengan kompetisi tersebut tentu bisnis Anda akan cepat mengalami gulung tikar. Untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan pasar ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Salah satunya adalah sebagai berikut :

Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Agar dapat bersaing dengan pelaku bisnis Anda harus lebih jeli dalam memperhatika apa saja kebutuhan dalam berbisnis kuliner. Salah satunya adalah memilih lokasi usaha yang tepat. Misalkan kuliner yang Anda tawarkan makanan kekinian dan target pasar Anda adalah anak muda maka. Maka lokasi yang tepat adalah tempat yang dekat dengan sekolahan ataupun kampus-kampus. Pilih lokasi usaha yang strategis, maksutnya adalah mencari lokasi yang ramai dilalui kendaraan. mudah dijangkau dan dilihat oleh masyarakat.

Pengaturan Manajemen Keuangan

Salah satu yang menunjang keberhasilan pengusaha dalam menjalankan bisnis kuliner adalah dengan berhati-hati dalam memanage keuangan. Agar pengeluaran terarah sesuai kebutuhan maka buatlah rincian anggaran kebutuhan setiap bulan, rutin membuat laporan penjualan dan laporan keuntungan. Selain itu perlu adanya analisa kebutuhan yang akan digunakan untuk memanage kebutuhan bahan baku dan lain-lain ketika harga mengalami kenaikan.

 Siapkan Berbagai Strategi

Untuk dapat menghadapi persaingan hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan selalu menyiapkan strategi. Menyusun strategi dalam melakukan pemasaran, strategi yang digunakan untuk promosi dan strategi untuk mengembangkan usaha.

Agar Sukses Bisnis Kuliner Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Melakukan perbaikan setiap bulan dengan rutin melakukan evaluasi. Hal tersebut berguna untuk mengetahui sejauh mana perubahan yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis, melihat apa yang harus diperbaiki. Dengan begitu Anda akan selalu siap dengan segala situasi dan kemungkinan buruk yang terjadi. Tidak menutup kemungkinan pula untuk menerima kritik dan saran dari pelanggan guna untuk memperbaiki segala sesuatu yang kurang.

Menghindari Penempatan Yang Tidak Sesuai Dan Peran Ganda

Hal ini berhubungan dengan penempatan SDM sesuai dengan kemampuan. Jika Anda menempatkan pegawai bukan pada ahli dalam bidangnya maka akan ada kemungkinan tugas yang diberikan tidak sesuai dengan harapan. Menghindari pula peran ganda, dimana pegawai melakukan pekerjaan yang berbeda dalam satu waktu. Tentunya akan menimbulkan sebuah masalah jika satu orang menghandle beberapa pekerjaan. Selain menambah beban kerja maka yang trjadi yatu tidak akan fokus dalam mengerjakan. Hasil yang diberikan pun tentu tidak akan maksimal.

Mengenali Sasaran Usaha

Dalam berbisnis kuliner tentu Anda dituntut untuk menyiapkan berbagai persiapan yang matang. Termasuk menentukan siapa yang akan menjadi target pasar bisnis Anda. Kenali lebih dalam bisnis apa yang akan Anda tekuni kemudian tentukan sasaran usaha Anda. Kemudian siapkan strategi apa yang akan Anda gunakan untuk membidik sasaran Anda.

Menjaga Kebersihan Lokasi

Menjaga kebersihan menjadi satu lah pokok yang perlu diperhatikan. Kebersihan adalah hal yang sangat sensitif jika berhubungan dengan bisnis kuliner. Maka berhati-hatilah dengan selalu menjaga kebersihan lokasi. Semakin bersih suatu tempat lokasi bisnis kuliner maka akan semakin nyaman pula konsumen untuk datang. Tentu jika lokasi yang dikunjungi kurang bersih maka akan menimbulkan keraguan untuk berkunjung. Usahakan pula untuk memilih lokasi bisnis yang bersih dan berada disekitar lingkungan yang aman dari tempat yang kumuh.

Memberikan Pelatihan atau Training Pada Karyawan

Agar suatu bisnis tersebut dapat sukses dan besar maka perlu adanya kesimbangan visi dan misi antar team. Maka berikan pelatihan rutin mengenai job desk masing-masing dan lakukan secara menyeluruh agar tidak ada karyawan yang kurang pengetahun dan kurang memahami mengenain tugas yang diberikan.

Memberikan Promosi Yang Menarik

Agar Anda dapat memenangkan persaingan pasar, maka rajinlah untuk melakukan promosi. Berikan promosi yang menarik dan kreatif untuk menarik konsumen dan membuat konsumen menjadi pelanggan setia. Berikan diskon atau potogan harga, voucher potongan harga dan promo-promo menarik lainnya.

Melakukan Pelayanan Terbaik

Pelanggan akan sangat terkesan dan nyaman apabila diperlakukan dengan baik. Maka berikanlah pelayanan yang ramah dan cepat. Sabar dalam menghadapi konsumen dan dengarkan apa yang mereka butuhkan. Keramahan, kesabaran dan perhatian yang besar pada konsumen akan selalu menambah nilai bonus yang sangat besar bagi Anda. Berikan senyum dan jangan lupa ucapkan terima kasih.

sumber gambar : https://hot.liputan6.com