Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis sampingan ibu rumah tanggaMenjadi seorang ibu rumah tangga sekarang ini merupakan satu profesi untuk kaum wanita yang tidak bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata. Dengan berbagai macam kewajiban yang harus dilakukan di rumah sambil mengurus anak dan suaminya, sebagian besar ibu rumah tangga juga banyak yang memiliki minat untuk berbisnis. Mereka seringkali mencari peluang bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga demi mendapatkan pendapatan penghasilan dan membantu ekonomi keluarga.

Mempunyai peran penting dalam keluarga sebagai seorang ibu dan juga istri tentunya tidaklah mudah, mereka pastinya tidak bisa lagi bekerja di kantor dengan jam kerja yang terikat. Memulai bisnis sampingan di rumah bagi ibu rumah tangga dengan jam kerja yang tidak terikat dan lebih fleksibel tentu saja menjadi sebuah peluang bisnis sampingan dengan prospek yang cerah jika didukung oleh keahlian, ketrampilan dan kegemaran yang dimiliki.

Terlebih lagi, melihat kondisi ekonomi di jaman seperti sekarang ini dimana uang merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kehidupan setiap orang. Untuk itulah memulai bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga merupakan sebuah pilihan yang tepat dan pantas untuk dicoba. Berikut ini adalah beberapa macamnya yang bisa Anda ikuti.

  1. Bisnis Kuliner

Kebanyakan wanita pasti ahli dan memiliki kegemaran memasak, hal ini adalah fakta yang terjadi. Dengan keahlian dan kegemaran yang Anda miliki tersebut, Anda dapat menjalankan bisnis sampingan di rumah dengan memilih bisnis kuliner. Anda bisa memulai bisnis kuliner dengan membuka warung nasi sederhana, kue, makanan ringan, jasa cathering dan lain sebagainya. Bagi seorang ibu rumah tangga, ini adalah ide bisnis sampingan yang sangat cocok.

  1. Bisnis kerajinan tangan

Bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang kreatif dan feminine yang cocok adalah bisnis kerajinan tangan. Misalnya saja membuat tas rajut, boneka dari kain perca, sandal unik, souvenir dari kain flannel, jasa kemasan parcel dan lain sebagainya. Jenis bisnis sampingan ibu rumah tangga ini tentunya menuntut kreativitas dan ketelitian dari para ibu rumah tangga. Untuk pemasaran produk kerajinan tangan dapat Anda mulai dari teman dekat, tetangga dan sebagai masukan Anda juga bisa menggunakan bantuan media sosial untuk menjangkau konsumen yang semakin luas.

  1. Penulis Buku atau Freelance

Menekuni bisnis sampingan sebagai penulis lepas atau penulis buku merupakan jenis bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga yang memiliki wawasan luas dan ahli dalam menulis. Anda juga dapat mengirimkan hasil tulisan tangan Anda kepada penerbitpenerbit serta mencari koneksi untuk memperluas jaringan kerja. Anda juga dapat bergabung dan bersosialisasi dengan para ibu rumah tangga yang mempunyai kegemaran menulis di komunitas khusus penulis online.

  1. Bisnis Online

Jenis bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga yang ini adalah yang paling potensial dan mudah untuk dilakukan. Memanfaatkan besarnya potensi yang dimiliki, para ibu rumah tangga dapat memaksimalkan pendapatan keluarga dengan mengembangkan bisnis sampingan di rumah yaitu bisnis online. Namun yang menjadi kendala dalam bisnis online ini adalah jika ibu rumah tangga tidak memiliki kemampuan dibidang komputer. Bisnis online yang dapat Anda kerjakan dirumah sebagai bisnis sampingan diantaranya adalah toko online, dropship, google adsense dan lain sebagainya. Kunci sukses dari bisnis online ini adalah fokus, kesabaran dan pantang menyerah.

  1. Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Satu lagi ide bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga di rumah adalah budidaya tanaman hias. Seorang wanita identik memiliki kegemaran dalam hal keindahan dan warna. Bunga adalah salah satu bentuk yang mencerminkan kepribadian seorang wanita yang cinta akan keindahan. Dari sinilah Anda sebagai ibu rumah tangga dapat menemukan ide bisnis yang sangat potensial yaitu tanaman hias. Terlebih lagi sekarang ini begitu banyaknya rumah-rumah yang memperhatikan keindahan rumahnya sehingga mereka tidak sungkan mengeluarkan banyak uang untuk menghias rumahnya dengan membeli tanaman hias.

Dengan begitu banyaknya ide bisnis sampingan yang cocok bagi ibu rumah tangga yang telah disebutkan diatas, semoga Anda dapat menentukan jenis bisnis sampingan apa yang sesuai dengan diri Anda para ibu rumah tangga. Salam sukses!

Sumber gambar : http://homegrown.ph/wp-content/uploads/2014/05/2014_May_FeaturedStories_MompreneurStories1_Image.jpg

1 Komentar

  1. Trima kasih untuk informasi bisnis yang telah disampaikan. Semoga ibu rumah tangga yang membaca artikel ini bisa segera melakukannya.

Comments are closed.