10 Hobi yang Bisa Kamu Geluti Sebagai Bisnis Sampingan

10 Hobi yang Bisa Kamu Geluti Sebagai Bisnis SampinganMenekuni sebuah hobi ternyata tidak hanya memberikan kesenangan bagi setiap orang, namun juga bisa melahirkan peluang untuk mendatangkan banyak uang. Berawal dari sebuah hobi, para pemula bisa menyalurkan kegemaran mereka sekaligus mengembangkannya menjadi peluang bisnis sampingan yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Lalu, kira-kira peluang bisnis apa saja yang bisa kamu jalankan dari hobi yang dimiliki? Berikut kami informasikan beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan bermodalkan sebuah hobi.

1. Hobi Otomotif

Bagi sebagian besar kaum Adam, dunia otomotif merupakan salah satu hobi yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka. Beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dijalankan para pemula dari hobi tersebut antara lain jual beli spare part mobil maupun motor, jasa modifikasi motor atau mobil, bengkel motor ataupun mobil, makelar motor atau mobil, jasa reparasi jok motor/ mobil, dan lain sebagainya.

2. Hobi Utak-atik Elektronik

Selain hobi otomotif, bidang lainnya yang banyak digemari kaum Adam adalah utak-utik barang elektronik. Kemajuan teknologi (khususnya barang-barang gadget), ternyata ikut mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, sehingga tidak heran bila hobi tersebut kini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Contohnya saja seperti bisnis perakitan komputer, bisnis jasa servis handphone dan smartphone, jasa servis komputer dan laptop, jasa servis barang-barang elektronik rumah tangga, menyediakan software (aplikasi tambahan) untuk produk gadget, dan lain sebagainya.

3. Hobi Memasak

Nah, untuk kaum Hawa, memiliki hobi memasak memang bisa mendatangkan tambahan penghasilan. Terbukti, banyak pelaku bisnis kuliner yang bisa sukses merintis usahanya dari hobi memasak yang mereka miliki. Beberapa ide bisnis sampingan yang bisa kamu geluti antara lain membuat aneka macam kue seperti kue kering, cupcake, klappertart, pudding, kue tart tiga dimensi, aneka camilan unik (keripik pedas, keripik sayur dan buah, keripik jamur), membuat coklat souvenir, membuka warung makan, membuka kedai kopi, melayani jasa katering, dan lain sebagainya.

4. Hobi Menjahit

Seperti halnya para lelaki yang hobi dengan dunia otomotif, sebagian besar wanita lebih menyukai industri fashion. Hal inilah yang mendorong mereka menekuni hobi menjahit. Dari hobi tersebut, kamu bisa membuka jasa jahitan, membuka bisnis permak jeans, memproduksi aneka macam produk fashion seperti misalnya kemeja, baju muslim, kaos couple, aneka tas wanita, memproduksi sprei dan bed cover, membuat keasi jilbab cantik, serta masih banyak ide bisnis lainnya yang bisa kamu jalankan dari hobi yang kamu miliki.

5. Hobi Membuat Kerajinan Tangan

Tak hanya hobi menjahit yang bisa mendatangkan banyak keuntungan, hobi membuat kerajinan tangan ternyata juga cukup menjanjikan. Beberapa ide bisnis yang bisa kamu geluti dari hobi ini adalah membuat kerajinan gerabah, kerajinan daur ulang sampah plastik, daur ulang limbah kaca, kerajinan rajut, kreasi kerajinan kain perca, kerajinan logam, lampion benang, kerajinan dari limbah kaleng, dan lain-lain.

6. Hobi Fotografi

Berbekal sebuah kamera dan hobi fotografi, kamu bisa merintis bisnis sampingan yang sangat menguntungkan. Contohnya saja seperti menjadi fotografer freelance, membuka studio foto mini, melayani jasa editing foto, dan lain sebagainya.

7. Hobi Melukis

Bermodalkan kesenangan dan keahlian kamu dalam melukis, sekarang ini banyak peluang bisnis sampingan yang bisa kamu geluti. Sebut saja seperti bisnis sepatu, tas, dan kaos lukis yang belakangan ini digemari para konsumen, atau bisa juga membuat kerajinan kaligrafi yang mulai dicari pasar lokal maupun internasional. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai media seperti kain, kertas, logam, kaca, bahkan tanah liat untuk menghasilkan produk kerajinan yang unik dan bernilai jual cukup tinggi.

8. Hobi Menulis

Untuk menyalurkan hobi menulis yang kamu miliki, tidak ada salahnya bila kamu menjadi penulis lepas di media online maupun offline (misalnya saja menyediakan jasa pembuatan artikel review produk yang belakangan ini banyak dibutuhkan pelaku bisnis online, atau menjadi pengisi rubrik artikel di sebuah majalah). Selain itu, kamu juga bisa menjadi peresensi buku, atau meluncurkan sebuah buku dari pengalaman maupun keahlian yang Anda miliki.

9. Hobi Membaca

Dari hobi tersebut, kamu bisa membuka usaha sampingan seperti misalnya bisnis persewaan buku, jual beli buku bekas, membuka toko buku online, menjadi marketing buku-buku pelajaran, atau bisa juga membuka kios koran maupun majalah di sela-sela kesibukan utama yang kamu tekuni.

10. Hobi Bermain Game

Memiliki hobi bermain game ternyata tidak hanya memberikan pengaruh negatif bagi sebagian orang. Bermodalkan hobi ini, kamu bisa menekuni beberapa peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. Contohnya saja seperti membuka rental play station, membuka bisnis game online, membuka toko peralatan game, menciptakan game-game baru, atau bisa juga melayani pengisian aplikasi game baik untuk handphone maupun produk gadget lainnya.

Nah, semoga informasi berita bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung mencari ide bisnis sampingan berbasis hobi yang dimiliki. Mulailah dari passion kamu dan datangkan untung besar setiap bulannya. Salam sukses!

12 Komentar

  1. Saya suka sekali membaca dan menulis dan ingin hobi saya ini dapat mendatangkan pengjasilan tapi saya bingung cara memulainya, mohon bantuannya. Terima kasih

    • Selamat siang, kebetulan saat ini BisnisUKM.com membuka lowongan kerja untuk bergabung menjadi kontributor daerah. Apabila Ibu Diana memiliki hobi menulis dan ingin mendapatkan penghasilan, bisa bergabung menjadi kontributor daerah BisnisUKM.com. Silahkan kirim CV, berkas lamaran, dan 3 contoh tulisan artikel terbaru yang ditulis melalui alamat email kami : career@bisnisukm.com atau mobile : 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. Assalamualaikum Wr. Wb
    Saya mahasiswa disalah satu perguruan tinggi kota Malang, saya punya ide usaha dibidang kuliner yang saya bawa dari tempat tinggal saya
    Permasalahannya untuk modal sewa lokasi/bangunan di kota malang sangat mahal, bagaimana solusinya?

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Selamat pagi Sdr. Asep, sebagai langkah awal Anda bisa mulai merintis bisnis kuliner tersebut di kantin kampus atau koperasi mahasiswa. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa mensiasatinya dengan cara membuka layanan delivery order dan memproduksinya di kost. Untuk target pasar Anda bisa membidik mahasiswa dan mengantarkannya ke berbagai kost di sekitar Anda. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. Kenapa usaha kuliner saya selalu sepi,padahal pernah buka di lokasi kampus dan di pinggit jalan raya?

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Dari kasus yang Ibu Christin hadapi, ada beberapa kemungkinan yang menjadi faktor sepinya pelanggan. Pertama bisa jadi menu kuliner yang Ibu tawarkan kurang sesuai dengan target pasar yang dibidik, kedua bisa jadi karena faktor desain restoran atau rumah makan tersebut yang kurang menarik, atau harga produk yang tidak sesuai dengan kantong mahasiswa. Untuk membantu Ibu Christin mempromosikan bisnis kuliner yang dijalankan, Ibu bisa mencoba beberapa tips pemasaran untuk bisnis makanan, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Bagaimana cara menjalankan bisnis dgn produksi yg sdh ada. Jg mencari pasar yg tepat. Terima kasih.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Ibu Yanti menentukan target pasar yang tepat, berikut ini kami informasikan beberapa tips untuk membidik pasar yang tepat, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. Maaf, mau konsultasi, saya seorang karyawan swasta tapi pengen memulai usaha sampingan, saya tinggal dipedesaan, pulang kerja jam 4 sore, kira kira usaha apa ya cocoknya? Mungkin bisa beri saya masukan, trima kasih. Mohon jawabanya dikirim via email. Trim’s

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mengingat Bapak Suwarno tinggal di daerah pedesaan yang memiliki lahan cukup subur, tak ada salahnya bila Bapak mencoba bisnis sampingan dengan mengangkat potensi daerah sekitarnya. Misalnya seperti budidaya jabon, sengon, atau mencoba peluang bisnis pertanian seperti budidaya jamur atau palawija. Selain itu, Bapak juga bisa mencoba bisnis sampingan dari sektor peternakan seperti beternak bebek peking atau ayam kampung yang sekarang ini permintaan pasarnya cukup tinggi. Semoga bisa membantu dan salam suskes!

  6. Widiih banyak banget ea peluang bisnis hanya dengan hobi. Tapi pingin nanya nie. Sekarang saya lagi ada niat mau buka usaha rental mainan, tapi bingung mulai nya. Gmna ea?

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk memulai bisnis jasa rental mainan, Sdri. Elia bisa mengawalinya dari promosi di lingkungan sekitar, misalnya seperti mempromosikan kepada teman-teman sekitar, atau bisa juga memasang foto produk di akun sosial media yang dimiliki. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulailah dari sekarang! Salam sukses!

Comments are closed.