Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ilustrasi bisnis sampingan mahasiswaPeluang bisnis bagi para mahasiswa masih terbuka lebar di depan mata. Diantara begitu banyaknya mahasiswa tentunya ada yang berkeinginan untuk mendapatkan uang tambahan sebagai uang saku. Bagi para mahasiswa tidak perlu khawatir dengan status Anda yang masih mahasiswa, karena ada banyak jenis bisnis sampingan yang cocok dijalankan untuk para mahasiswa. Selain untuk tambahan uang saku juga untuk menambah pengalaman di dunia bisnis.

Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk berkretifitas dengan menjalankan sebuah bisnis, maka ada beberapa macam bisnis sampingan yang sangat cocok dan bisa ditekuni. Namun, seorang mahasiswa biasanya terhalang oleh modal usaha yang besar. Oleh sebab itu, alangkah baiknya seorang mahasiswa memulai bisnis sampingan yang hanya membutuhkan modal kecil saja.

Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis sampingan untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan modal usaha terlalu besar.

1. Memberi les privat

Berikan les privat sebagai bisnis sampingan Anda kepada anak SD, SMP atau SMA sesuai dengan kemampuan Anda. Bisnis sampingan ini akan memberikan keuntungan bagi Anda yang menjalankan. Disamping bisnis ini akan memberikan tambahan uang saku, dengan memberikan les privat juga mewajibkan Anda menguasai materi yang diajarkan. Jadi, secara otomatis Anda juga harus belajar dan ilmu Anda akan semakin bertambah.

2. Jasa pengetikan dan print

Seorang mahasiswa pasti identik dengan berbagai tugas seperti membuat makalah yang pengerjaannya menggunakan laptop atau komputer. Mungkisn saja ada beberapa teman Anda yang tidak banyak memiliki banyak waktu untuk mengetik. Dari situlah Anda bisa melihat peluang bisnis sampingan. Kemudian, promosikan bisnis Anda tersebut di lingkungan sekitar kampus.

3. Bisnis Online Shop

Peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa selanjutnya adalah bisnis online shop. Misalnya saja dengan menjual berbagai jenis baju seperti T-shirt, kemeja, celana, rok,  blazer sepatu, tas dan juga aksesoris. Produk-produk tersebut bisa Anda tawarkan kepada teman-teman seangkatan atau teman satu kampus.

4. Menjadi Seorang Penulis

Menjadi seorang penulis adalah salah satu bisnis sampingan yang sudah banyak dijalankan oleh para mahasiswa. MIsalnya saja Anda menulis cerpen, novel, puisi atau artikel yang dapat Anda kirimkan ke surat kabar.

5. Membuka Bisnis Sampingan Jasa Sablon Baju

Peluang bisnis sampingan yang satu ini biasanya banyak diminati oleh para mahasiswa karena kampus sering menagadakan sebuah acara-acara sehingga tidak jarang membutuhkan jasa sablon. Anda bisa menjalankan bisnis jasa sablon ini tidak sendiri, bisa bekerjasama dengan teman lainnya.

Peluang bisnis yang telah disebutkan di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Semoga tips bisnis sampingan ini bermanfaat dan jika Anda tertarik, tunggu apa lagi! Pilih salah satu peluang bisnis sampingan yang sesuai, jalankan dengan tekun dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber gambar : https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_750_750/AAEAAQAAAAAAAANSAAAAJGZkMWE0YjhkLTRlMTEtNGRmZC04NmVkLTg0MGM1ZjMwMzIxYg.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba