Apa Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media Yang Paling Ampuh?

Apa Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media Yang Paling Ampuh?

Strategi pemasaran melalui atau menggunakan media sosial bukan merupakan hal yang baru lagi. Sudah sejak lama pemasaran melalui berbagai media dilakukan untuk mengenalkan produk agar dikenal oleh masyarakat luas. Ada berbagai jenis media yang digunakan untuk memasarkan, baik media cetak maupun media internet.

Pada media cetak biasanya menggunakan koran, majalah dan kemasan sedangkan untuk media internet biasanya menggunakan instagram, fb, bbm, whatsapp, youtube dan lain sebagainya. Nah kali ini kita bakalan bahas strategi penasaran dengan menggunakan media sosial.

Pada penggunaan media sosial untuk pemasaran dinilai sangat efektif karena persebaranya lebih cepat dan pastinya jangkaunnya lebih luas. Tak perlu banyak tenaga, dan mengeluarkan banyak biaya hanya dengan media sosial semua bisa dengan mudah dipasarkan.

Indonesia adalah salah satu Negara berkembang dengan pengguna situs jejaring sosial terbanyak di dunia, misalnya saja youtube, facebook, twitter hingga aplikasi messenger seperti, facebook, whatsapp juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu maka tidak perlu heran lagi jika pada akhirnya situs sosial media menjadi salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan bagi setiap pemilik bisnis.

Sosial media merupakan sebuah tool marketing yang bisa dikatakan cukup efektif untuk membantu strategi pemasaran bagi bisnis Anda. Jika sekarang ini Anda berencana untuk melakukan suatu kegiatan pemasaran produk melalui internet, maka Anda perlu mengetahui beberapa strategi pemasaran melalui internet agar bisa berjalan dengan baik.

Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis melalui sosial media yang dapat dijadikan sebagai strategi tambahan untuk pemasaran bisnis Anda.

Bangun sebuah fans club

Ketika Anda telah memiliki banyak pembeli, Anda juga perlu mengetahui seberapa besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya produk Anda, maka perlulah Anda melakukan survey. Namun, terkadang beberapa konsumen tidak tertarik bahkan tidak mau mengisi sebuah survey.

Untuk mengatasi masalah tersebut sehingga Anda tetap bisa mengetahui seberapa besar testimonial serta feedback dari konsumen terkait dengan produk yang Anda jual. Maka, disini Anda bisa membuat sebuah tempat khusus untuk mengumpulkan seluruh konsumen Anda supaya nantinya mereka dapat mengeluarkan keinginan serta keluhan terkait produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.

Bereaksi secara efektif

Jika Anda ingin fokus kepada pemasaran produk melalui internet, maka yang penting untuk Anda lakukan adalah bereaksi secara efektif. Maksudnya, usahakan agar Anda merespon berbagai pertanyaan dari konsumen mengenai produk Anda dengan secepat mungkin. Selain itu, jika Anda mempunyai akun sosial media entah twitter maupun facebook, maka secara aktif Anda juga harus melakukan update status secara berkala. Buatlah para follower atau fans percaya akun sosial media untuk bisnis Anda benar-benar nyata dan aktif.

Dengarkan apa yang disampaikan oleh konsumen

Situs jejaring sosial bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh konsumen, tentunya dengan berbagai pengamatan. Misanya Anda bergerak pada bisnis makanan, suatu saat Anda melihat salah satu customer yang membutuhkan makanan tersebut namun konsumen tidak dapat menjangkaunya secara langsung. Dari pengamatan tersebut, mungkin Anda bisa menambahkan layanan tambahan seperti delivery order.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dengan sharing secara langsung dengan konsumen dimana secara tidak langsung Anda akan membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen jika komunikasi yang Anda jalin dapat berjalan dengan baik. Kedepannya mereka juga dapat menjadi konsumen yang loyal dengan produk yang Anda jual.

Mengkomunikasikan pesan promosi

Sesekali Anda bisa menuliskan sesuatu di jejaring sosial yang berkaitan dengan promosi produk. Seperti rencana awal bahwa menggunakan situs jejaring sosial ini tujuannya untuk melakukan sebuah pemasaran produk. Jadi, untuk hal ini Anda tidak perlu menunggu instruksi dari siapapun juga.

Secara otomatis seharusnya Anda melakukan promosi produk dengan sendirinya.Namun, perlu Anda ingat bahwa saat Anda melakukan promosi produk, pilihlah waktu yang tepat. Jangan setiap saat Anda update status yang berisi tentang promosi produk karena lama kelamaan followers akan merasa jenuh dan nantinya akana meninggalkan Anda.

Menjalin relasi

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa pada saat Anda aktif memnfaatkan situs jejaring sosial, nantinya Anda pasti akan berkomunikasi dengan banyak orang. Dan orang-orang tersebut pastinya tersebar dari berbagai kota bahkan berasal dari luar negeri. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis Anda agar bisa terus berkembang melalui sosial media. Maka, Anda bisa menambah relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu siapa tahu nantinya Anda dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.

Membuat konten menarik

Pemasaran bisnis dengan internet salah satunya dengan menggunakan sosial media. Media sosial adalah media yang sangat efektif digunakan untuk memasarkan produk. Maka orang-orang pun berlomba-lomba untuk memasarkan produknya dengan segala cara.

Namun ada hal yang harus Anda perhatikan, pemasaran memang penting tapi untuk memasarkan produk Anda harus memiliki konsep. Sehingga tidak asal mengupload atau menawarkan barang secara terus menerus. Tentu Konsumen akan bosan jika sosial media Anda hanya berisi produk. Usahakan untuk membuat konten yang menarik seperti gambar, tips dan quote yang menjadikan baranda sosmedmu jadi lebih menarik.

Gunakan gambar kualitas baik dan menarik

Dalam pemasaran bisnis tentu ada beberapa trik yang harus Anda lakukan, salah satunya dengan membuat konten menarik. Konten yang menarik bukan semata – mata membuat gambar tulisan saja namun juga menggunakan gambar dengan kualitas terbaik sehingga membuat orang berhenti scroll dan mampir ke toko onlinemu. Pilih juga gambar dan tulisan yang menarik perhatian dan pastikan pemilihan warna tidak saling menabrak, usahakan membuatnya menjadi eye catching.

Share konten beberapa kali

Untuk bisa mendapatkan followers baru maka, mendapatkan penggunung dari periode yang berbeda dan memaksimalkan pertumbuhan traffic maka Anda bisa share konten beberapa kali dengan cara yang berbeda – beda. Maka jumlah pengunjung di halaman Anda akan meningkat.

Anda juga bisa memposting konten pada tahun lalu maka pengunjung sekarang bisa melihatnya. Dengan memposting postingan lama maka pengunjung baru akan dapat melihat. Meskipun bukan postingan baru namun pengunjung baru akan mendapatkan informasi dan manfaat yang bisa berarti di tahun sekarang.

Gunakan linkedln untuk mengirim konten

Linkedln adalah konten pemasaran yang sangat kuat, Ini merupakan salha satu cara ampuh untuk mengirim konten pad aorang lain. Namun sebelumnya Anda harus mengenali seperti apa pengunjung itu dengan berbagai cara, salah satunya :
Lokasi geografis, apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan, mengenai keluarga mereka, apa peran mereka di tempat kerja.

Nah itulah beberapa informasi mengenai strategi pemasaran bisnis yang mungkin bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Semoga informasi straategi pemasaran diatas dapat bermanfaat untuk semua pembaca sekali, salam sukses.

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-yNS9w7FkLlo/Ux_LykuDEAI/AAAAAAAACPQ/ja_TE33IF0E/s1600/0751563Social-Media780x390.jpg

4 thoughts on “Apa Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media Yang Paling Ampuh?”

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Bapak Christianto untuk merintis dan mempromosikan usaha. Salam sukses!

      Reply
  1. Trimakasih gan infonya ini sangat berharga buat saya saya yakin informasi ini juga banyak yang nyari untuk jadi pertimbangan pemasaran bisnis online. Saya juga buat artikel dengan judul yang sama karena saya dapet inspirasi dari sini salam sukses selalu gan.

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga tips marketing yang kami sampaikan bisa membantu Bapak Darmudi Susanto dalam menjalankan aktivitas pemasaran. Informasi lainnya terkait pemasaran bisnis dapat diakses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba