Inspirasi Bisnis

Bisnis Ubi Ungu: Bisa Diolah Jadi Ragam Makanan Enak

ubi-ungu

sumber gambar: CNN Indonesia

Bisnis ubi ungu menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Berbahan dasar ubi jenis ini, kamu bisa berkreasi sesuka hati dan sesuai dengan kemampuan. Olahan yang sering kita jumpai biasanya jadi keripik. Padahal, nggak hanya itu. Masih ada brownies, serabi, campuran salad buah, dadar gulung, es krim, puding, dan masih banyak lagi sesuai kreativitas. Semakin sering kamu mau bereksperimen, semakin banyak pula olahan ubi ungu yang bisa kamu dapatkan.

Coba kita cari tahu dulu yuk, ada beberapa resep olahan ubi ungu khusus buat kamu.

Resep-Resep Olahan Ubi Ungu

Daripada kita cuman tahu olahannya saja tanpa tahu cara membuat, berikut ini kami bagikan sedikit resep hanya untuk kamu.

Keripik Ubi Ungu

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 kg ubi ungu
  • 200 gr gula pasir
  • 3 sdm kapur sirih (larutkan dalam air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Air secukupnya

Cara membuat keripik ubi ungu:

  1. Kupas dan cuci ubi ungu hingga bersih, lalu potong tipis-tipis
  2. Saring air kapur sirih dan campur ubi ungu yang sudah diiris tipis dengan air kapur sirih
  3. Rendam kurang lebih selama 1 hingga 2 jam, setelah itu angkat dan tiriskan.
  4. Jemur di bawah sinar matahari sampai kering
  5. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya dan celupkan keripik ubi mentah ke dalamnya
  6. Goreng dengan api sedang lalu tiriskan dan biarkan hingga mendingin.

Puding Ubi Ungu

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 buah ubi ungu ukuran sedang
  • 1 bungkus agar-agar plain ukuran 75 gram
  • 500 ml santan
  • 4 sdm gula pasir

Cara membuat puding ubi ungu:

  1. Kupas ubi ungu lalu potong kecil dan cuci kemudian kukus sampai empuk
  2. Blender ubi ungu, kemudian kukus bersama santan sampai halus
  3. Tuangkan ke dalam panci, masukkan agar-agar dan gula pasir, masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih
  4. Tuangkan ke dalam cetakan, tunggu sampai agak dingin, masukkan ke dalam kulkas. Enak disantap saat dingin!

Es Krim Ubi Ungu

es-krim-ubi-ungu

sumber gambar: Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram ubi ungu
  • Whipped cream bubuk 200 gram
  • 400 ml air
  • Santan 400 ml
  • 50 gram susu bubuk
  • 175 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanili

Cara membuat es krim ubi ungu:

  1. Rebus santan, susu bubuk, gula dan vanili sampai mendidih. Setelah itu blender bersama ubi kukus kemudian diamkan di dalam lemari pendingin selama dua jam.
  2. Gunakan mixer untuk mengocok whipped cream dan air. Gunakan kecepatan tinggi selama tiga menit.
  3. Masukkan hasil blender ubi dan santan, kemudian mixer menggunakan speed rendah sehingga tercampur rata. Setelah itu adonan siap dimasukkan ke freezer.

Bagaimana? Mudah bukan resep-resep rekomendasi dari kami di atas terkait ubi ungu? Sekarang mari kita bahas mengenai inspirasi bisnis salah satu olahan di atas, yaitu keripik ubi ungu.

Inspirasi Bisnis Keripik Ubi Ungu Enak Maknyus

Ketika kamu hendak menjalankan bisnis ini. kamu harus memperhatikan berbagai aspek. Beberapa di antaranya kamu harus bisa mendapatkan pemasok ubi ungu yang kualitasnya bagus agar keripik yang dihasilkan juga tidak mengecewakan konsumen. Selain itu, kamu juga harus pandai bernegosiasi agar mendapatkan harga miring untuk bisnismu, kalau perlu ajak kerjasama penyedia ubimu. Setelah itu masalah marketing, salah satunya ada pada caramu promosi dan kemasan yang digunakan.

Ketika membicarakan soal strategi promosi, kita tidak bisa jauh-jauh dari media sosial karena sekarang apa-apa serba digital. Segala informasi bersumber dari media. Kamu juga bisa menjadikan kemajuan ini untuk kesuksesan bisnis. Kamu harus memilih platform yang paling tepat, sesuaikan juga bahas promosi yang kamu gunakan dengan mangsamu yang kamu harapkan membeli produkmu.

Selain promosi lewat media sosial, visual dari produkmu juga jadi penentu. Jangan sampai kamu hanya mengemasi produk dengan plastik bening. Banyak hal negatif dari membungkusnya dengan plastik biasa: mudah mlempem, banyak bakteri yang bisa masuk lewat angin, tampilannya jadi tidak keren.

Kesan Pertama Begitu Menggoda, Kesan Berikutnya Tergantung Konsumen

keripik-ubi-ungu

Industri makanan ringan khususnya camilan keripik, kini semakin berkembang. Hal ini tentu menjadi berita bagus bagi perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. Peningkatan jumlah pelaku bisnis camilan keripik berkorelasi dengan meningkatnya kebutuhan desain kemasan makanan di kalangan pelaku usaha.

Pada industri makanan ringan, kemasan produk tidak hanya bermanfaat sebagai wadah atau pelindung tetapi juga mempermudah proses distribusi serta memberi kenyamanan kepada konsumen. Di sanalah nilai efisiensi kemasan produk yang bisa didapatkan.

Dalam menghadapi persaingan pasar, pelaku bisnis camilan keripik membutuhkan inovasi dan kreativitas untuk menampilkan produk makanan ringan secara berbeda dari produk lain. Misal dengan cara membuat inovasi bentuk dan desain kemasan keripik yang jauh lebih menarik.

Berikut ini adalah tips memilih desain kemasan keripik yang menarik:

Pertama,

Desain kemasan harus kreatif dan inovatif, serta mempermudah konsumen dalam membawa. Selain itu, desain yang unik memberikan peluang produkmu masuk ke media sosial konsumen, misalnya story Instagram mereka. Itu bisa jadi salah satu ajang promosi buatmu tanpa perlu membayar mereka kan?

Kedua,

Pilihlah warna kemasan yang cerah dan menarik. Menurut penelitian, warna merah bisa membangkitan selera makan, jadi itulah alasan mengapa banyak restoran cepat saji hadir dengan warna ini. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itulah yang akan lebih memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk.

Ketiga,

Informasi yang singkat dan jelas tentang produk yang ada di dalam kemasan produk juga penting. Selain itu, penting juga bagi pelaku bisnis makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang. Misal untuk bisnis makanan ringan maka badan yang terkait diantaranya adalah Dinas Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sertifikasi halal juga diperlukan karena biasanya orang membutuhkan tanda itu untuk merasa aman ketika mengosumsi.

Keempat,

Sebelum membuat kemasan produk, perlu mempertimbangkan target konsumen. Jika target adalah kelas menengah ke bawah, maka akan sulit untuk bersaing. Sesuaikan kemasanmu dengan target ya, utamanya soal status ekonomi mereka agar bisnismu tepat sasaran.

Oke, semoga informasi ini dapat membantu dan menginspirasi kamu dalam menentukan kemasan produk keripik ubi ungu yang tepat dan menarik untuk bisnis camilan yang kamu jalankan. Kalau ada keluh kesah atau pertanyaan seputar bisnis seperti ini boleh sharing ya di kolom komentar….