Inspirasi Bisnis, Kemasan

Desain Kemasan Penting Banget Untuk Kesuksesan Bisnismu

Tips Membuat Kemasan Makanan Ringan Yang Menari

Desain kemasan menjadi garda terdepan suatu produk akan dilirik atau tidak oleh konsumen. Apalagi sekarang masyarakat kita didominasi oleh milenial, desain kemasan jadi penting banget untuk bikin produkmu bisa laris manis di pasaran. Menurut hasil survei, pasar milenial lebih mengutamakan desain kemasan ketimbang rasa. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa milenial hobi sekali memamerkan segala sesuatu yang dia konsumsi ke media sosial. Kemasan produk yang kece merupakan kebanggaan tersendiri bagi konsumen.

Ketika Generasi Milenial Menjadi Mangsa Bisnismu

milenial-sasaran-bisnis

sumber gambar: Unsplash.com/Helena Lopes

Bagi generasi milenial, eksistensi dan teknologi jadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan dari kesehariannya. Generasi yang didominasi kalangan usia produktif ini lebih mementingkan eksistensi dibandingkan hal lainnya. Sudah merupakan hal yang sangat lumrah, karena sekarang apa-apa serba harus instagramable baru laku di pasaran. Urusan rasa sepertinya urusan kesekian, tetapi untuk menjaga popularitas produk, kamu harus konsisten menghadirkan keseimbangan kualitas dan visual kemasanmu.

Pergeseran pola pikir ini ternyata turut mempengaruhi pertumbuhan industri di dalam negeri. Bahkan saking besarnya pengaruh generasi milenial, saat ini hampir semua pelaku usaha menyasar kaum milenial sebagai target pasar potensial. Tak terkecuali pada industri makanan dan minuman. Sekarang pasar milenial lebih mengutamakan tampilan desain kemasan produk ketimbang kualitas rasa.

Sayangnya sampai saat ini para pelaku industri makanan dan minuman belum terlalu merespon perubahan tersebut. “Biasanya pemegang merk food & beverages dan consumer goods itu ingin menaruh tulisan sebanyak mungkin di setiap kemasan, tapi trennya bukan seperti itu lagi. Ini yang mestinya diantisipasi,” tambah Gabriell, selaku Manajer Komunikasi PT Tetra Park Indonesia.

Bagaimana Cara Membuat Desain Kemasan Yang Menarik?

kemasan-yang-menarik

sumber gambar: Unsplash.com/Jade Wulfraat

Pengemasan di sektor industri makanan memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam mendorong pemasaran hasil produksi. Tak terkecuali pada produk snack atau makanan ringan, dimana pembuatan desain snack mempunyai tujuan yang lebih komplek bukan hanya sekedar sebagai wadah maupun pelindung saja, tapi juga sebagai salah satu cara untuk memikat calon konsumen.

1. Perhatikan keindahan dalam segi bentuk

kemasan-snack-minangkabau

Teknologi pengemasan yang lebih maju tentunya mengutamakan keindahan dalam segi bentuk. Selain dari segi kekuatan bahan baku pembuat kemasan, keindahan atau membuat kemasan menjadi menarik juga merupakan point penting untuk menambah daya tarik calon konsumen dan sebagai sarana informasi.

2. Harus inovatif, mudah dibawa, warna menarik

kemasan-snack-menarik

Sebisa mungkin harus inovatif, selain itu bentuknya juga harus mempermudah konsumen saat membawanya karena sekarang ini konsumen lebih mengutamakan kepraktisan. Penggunaan warna yang menarik dan juga cerah pada kemasan akan membuat kemasan menjadi lebih menonjol dari segi pewarnaannya. Sedangkan efek mengkilat pada kemasan akan memberikan efek kesan yang mewah dan kualitas pada produk. Pilihlah warna-warna ceria karena makanan ringan identik dengan kecerian karena membawa kebahagiaan. Jangan pilih warna yang suram!

3. Pilihan font dan detil kemasan jangan berlebihan alias alay. Milenial suka yang menarik, bukan yang alay

tips-kemasan-menarik

Informasi yang jelas dan singkat mengenai produk di dalam kemasan juga sangat penting. Dalam pencantuman informasi atau data produk sebaiknya dilengkapi juga dengan data legalitas produk dari lembaga pemerintahan yang berwenang sehingga konsumen lebih yakin dengan produk yang Anda pasarkan. Badan yang terkait untuk makanan ringan diantaranya adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Dinas Kesehatan. Biar semakin menarik, kemasan bisa ditambahkan dengan quote karena anak-anak jaman now suka banget sama quote menohok.

Oke, seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kemasanmu menghadirkan kesan pertama bagi konsumen, selanjutnya adalah rasa dari produkmu yang akan memastikan bahwa mereka akan datang kembali untuk membeli produkmu.

Soal kemasan sih nggak perlu pusing lagi, kamu bisa ke dikemas.com untuk mendapatkan referensi kemasan. Kalau kamu masih bingung mau mendesain kemasan produkmu seperti apa, dikemas juga bisa bantu lho! Kamu bisa dapat konsultasi dan desain gratis tis tis. Ayo, jangan tunggu lama-lama lagi. Kesempatan harus dijemput. Kalau mau lebih mantep lagi, kamu juga boleh banget datang ke kantor dikemas dan bisa konsultasi intensif di sini, free. Oke, see you soon dengan ide brilianmu ya!