Bisnis Waralaba Lokal Yang Mulai Go Internasional

Kesuksesan franchise IndonesiaSalah satu trend untuk investasi yang saat ini sedang naik daun di Indonesia adalah bisnis waralaba atau biasa disebut juga dengan franchise. Secara awam, bisnis waralaba dapat didefinisikan sebagai bisnis yang memberikan terhadap pihak mandiri untuk menjual suatu produk baik jasa maupun barang milik perusahaan merk dagang yang sudah terkenal dengan sebuah perjanjian yang telah ditentukan dan disetujui oleh kedua belah pihak. Bisnis waralaba ini sangat cocok bagi para pemula bisnis karena resiko untuk kegagalan bisnis bisa ditekan seminim mungkin.

Bagi perusahaan yang memberi waralaba atau franchisor, sistem ini bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat menguntungkan karena dapat melakukan ekspansi produk secara efektif tanpa membuka cabang yang membutuhkan biaya besar. Tidak hanya itu saja, bagi perusahaan franchisor juga akan memperoleh royalty dari franchise sesuai dengan ketetapan atau perjanjian yang telah  disepakati.

Namun, sekarang ini bisnis waralaba asing telah menyerbu Indonesia karena pasarnya yang sangat besar. Jadi, jika kita telah memutuskan untuk membuka bisnis waralaba lokal kita harus siap bersaing ketat dengan waralaba asing yang telah “menjajah” pasar dalam negeri. Tidak perlu khawatir bagi Anda pemula bisnis yang ingin membuka bisnis waralaba karena ternyata bisnis waralaba lokal sudah mulai penuhi pasar di Indonesia dan banyak pula yang mulai menyerbu pasar di Negara lain. Berikut ini adalah

Es Teller 77

Es Teller 77 adalah sebuah warung sederhana yang merupakan usaha keluarga. Warung ini ditangani langsung oleh Ibu Murniati sendiri dengan ditemani suaminya Trisno Budijanto, serta anak dan menantunya yaitu Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho. Pada tahun 1987, Es Teller 77 yang merupakan sebuah usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang mulai menerapkan sistem waralaba.

Sekarang ini bisnis franchise Es Teller 77 telah memiliki 180 gerai yang tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Es Teller 77 tidak hanya mampu meningkatkan citra makanan Indonesia di dalam negeri sendiri tetapi juga mempu memperkenalkan makanan Indonesia hingga ke mancanegara. Es Teller 77 bisa dikunjungi di Malaysia, Singapura, Australia sampai ke New Delhi.

Donat J.Co

Toko donat J.Co milik Johnny Andrean ini sekarang ini sudah tersebar di seluruh Asia. Sejak mulai didirikan pada tanggal 26 Juli 2005, toko donat ini sudah mampu memikat para penggemar donat yang menginginkan konsep yang berbeda, yaitu proses pembuatan donat yang terbuka lebar bagi para pembeli atau open kitchen. Dengan harga yang cukup terjangkau dan resep donat yang berbeda dari pada biasanya, J.Co kini menjadi alternatif baru bagi para penikmat dan penggemar donat. Sekarang ini, J.Co telah memiliki 34 gerai yang tersebar di seluruh Asia, 20 gerai berada di Indonesia, 3 di Singapura, 5 di Malaysia, 4 di Filipina dan 2 di Shanghai.

Pecel Lele Lela

Warung makan dengan merek pecel lele Lela adalah sebuah singkatan dari Pecel Lele Lebih Laku. Warung pecel lele Lela ini mulai berdiri di tahun 2006 oleh Rangga Umara. Pengembangan konsep untuk bisnis yang berbasis makanan ini dipilih dengan pertimbangan bahwa bisnis makanan tidak akan mengenal krisis karena setiap orang membutuhkan makanan sebagai kebutuhan utama untuk hidup. Pecel lele Lela optimis menjadi satu-satunya bisnis makanan pecel lele modern yang memberikan nilai tambah. Setelah sukses mengusai 12 provinsi yang ada di Indonesia, pecel lele Lela kini mulai mencoba mengembangkan usahanya untuk go internasional. Sekarang ini Pecel lele Lela sudah memiliki 3 gerai di Malaysia.

Ayam Bakar Mas Mono

Perlahan namun pasti, itulah bisnis ayam bakar Mas Mono yang makin dikenal banyak orang. Ayam bakar Mas Mono ini mulai dirintis sejak tahun 2001. Dengan omzet yang sudah mencapai Rp 8 – 12 juta per hari, warung ayam bakar ini sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Sekarang ini ayam bakar Mas Mono sudah mulai menjalankan misinya yaitu goes national dengan memberikan kesempatan bagi para masyarakat untuk memilih bisnis ini sebagai salah satu bisnis franchise. Kini ayam bakar Mas Mono sudah mulai terkenal hingga ke luar negeri seperti misalnya di Malaysia.

Bumbu Desa

Indonesia adalah satu Negara yang cukup terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang sangat menggugah selera. Salah satu daerah yang terkenal adalah kuliner dari tanah pasundan. Bumbu desa adalah salah satu bisnis makanan atau kuliner yang awal mulanya dikelola oleh keluarga. Kedai pertama untuk bumbu desa ini dibuka di bulan September 2004. Setelah berjalan 6 tahun, bisnis makanan bumbu desa ini semakin hari kian besar. Sampai dengan saat ini, bumbu desa telah memiliki lebih dari 50 cabang yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Bahkan bumbu desa sudah mulai merambah pasar luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Sumber gambar : http://the-metaphor.com/wp-content/uploads/2010/12/JCo-Interior-01.jpg

3 thoughts on “Bisnis Waralaba Lokal Yang Mulai Go Internasional”

  1. Mohon diulas juga ttg Franchise Waroeng Steak dan SS (Super Sambel) yg tidak pernah sepi.. parkirannya selalu ramai terus, apa yaa kunci suksesnya ???
    Terima kasih..

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, pada beberapa waktu yang lalu kami pernah mengangkat kisah sukses Waroeng Steak serta mengadakan wawancara langsung dengan pemilik warung SS. Berikut ini kami informasikan link artikel yang memuat kesuksesan kedua pengusaha tersebut : PENGUSAHA SPESIAL SAMBAL dan PENGUSAHA WAROENG STEAK. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba