5 Langkah Strategis Membeli Bisnis Franchise

Tips Memilih WaralabaMembeli bisnis franchise adalah salah satu pilihan bisnis yang patut untuk dipertimbangkan bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis tetapi tidak mempunyai ide bisnis yang spesifik atau lebih menyukai keamanan yang disediakan oleh konsep yang telah mapan. Bisnis franchise yang sukses mempunyai tingkat kegagalan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bisnis yang masih baru.

Di jaman sekarang ini, banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan bisnis franchise, namun perlu Anda ketahui juga bahwa memilih dan membeli bisnis franchise tidaklah mudah. Selain itu, untuk menjalankan bisnis franchise pun juga diperlukan sebuah kesungguhan dan kerja keras agar kelak bisnis franchise yang Anda jalankan dapat menjadi bisnis yang sukses dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Oleh sebab itu, dibutuhkan langkah strategis membeli bisnis franchise yang tepat sehingga resiko kerugian akan menjadi semakin kecil.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membeli bisnis franchise.

Pertama, ketahui posisi Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu bisnis franchise yang cocok dan akan Anda jalankan, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu konsep bisnis franchise secara utuh dan tidak hanya ikut-ikutan atau latah mengikuti interes pribadi.

Kedua, melakukan investigasi dan penelitian terhadap peluang bisnis franchise dan potensi pasarnya. Langkah ini tidak dapat diremehkan, sebab dengan melakukan penelitian dan investigasi akan memberikan pertimbangan kepada Anda dalam memilih sebuah bisnis franchise. Salah satu yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi adalah para franchise yang telah terlebih dahulu terjun dan eksis dengan bisnisnya serta mempunyai dokumen keuangan franchisor.

Ketiga, mendapatkan sumber pembiayaan. Setelah Anda menemukan bisnis franchise yang cocok untuk Anda jalankan, langkah berikutnya adalah menyangkut hal pembiayaan. Banyak pilihan yang dapt dipilih oleh para calon franchisee untuk memperoleh modal pembiayaan bagi usahanya. Misalnya saja seperti pinjaman dari bank konvensional maupun pinjaman-pinjaman dari sumber lainnya yang menawarkan sebuah kredit usaha waralaba. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh modal pembiayaan dari family atau rekan Anda.

Keempat, membangun dan melengkapi toko.

Untuk memulai bisnis franchise yang membutuhkan sebuah bangunan toko, seorang investor bisa saja harus membangunnya mulai dari awal dan kemudian melengkapinya dengan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan serta dekorasi yang indah. Ketika sedang mendesain toko, franchise harus bisa memperkirakan dengan tepat berapa lama proses tersebut berjalan sehingga mulai sejak awal sudah dapat melakukan promosi jadwal pembukaan toko.

Kelima, mengikuti training. Dalam menjalankan sebuah bisnis franchise, Anda membutuhkan panduan operasional dan training agar bisnis franchise yang Anda jalankan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Beberapa training biasanya telah disiapkan oleh para franchisor. Tugas Anda adalah bekerja satu tim dengan karyawan serta tumbuhkan semangat dan rasa “ikut memiliki” dari para karyawan Anda sehingga mereka ikut bertanggungjawab untuk membawa bisnis franchise menuju puncak kesukssesan.

Itulah beberapa tips memilih franchise yang bisa di ikuti sebelum Anda memulai bisnis. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

4 thoughts on “5 Langkah Strategis Membeli Bisnis Franchise”

  1. saya senang sekali dan ingin terjun bisnis waralaba tapi masih kesulitan ,cara memulainya,maka saya perlu dukungan dan ilmu yang mumpuni untuk terjun ke bisnis itu,terima kasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebelum Bapak Imam terjun di bisnis franchise, kami persilahkan untuk mempelajari 6 kriteria franchise menurut undang-undang, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Salam kenal. Saya dg tanthy dan baru hati ini bergabung.Terima kasih untuk tips memilih francjise. Saya memang baru memulai usaha franchise. Salah satu tips yg diberikan oleh ukm.com dalam memilih franchise adalah melakukan investigasi pd master model franchise agar kita bisa memilih. Mohon petunjuk investigasi atau analisa lngsung pd master franchise bgm ya…misalnya apakah analisa pembeli dg stop watch ke master franchise yg sdh jalan?? Atau keseragaman sop spt jam buka gerai serta pemakaian seragam sbg identity or keseragamqn layout gerai ….terima kasih untuk petunjuknya….

    Reply
    • Terimakasih telah bergabung di BisnisUKM.com. Dalam hal ini, Ibu Tanthy bisa melakukan investigaasi ke beberapa franchisee (mitra) yang telah lebih dulu bekerjasama dengan master franchise yang Anda ikuti. Ibu bisa mencari tahu bagaimana sistem kerjasama yang dibangun, bagaimana progres penjualannya selama ini, apakah SOP yang diberikan menguntungkan kedua belah pihak, dan apakah sistem control dari pihak master franchise berjalan dengan baik? Dari informasi tersebut, Ibu Tanthy bisa menilai apakah bisnis franchise tersebut layak untuk dipilih atau tidak. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba