Bongkar Bisnis Makanan Sehat Suplemen, Kira-Kira Seperti Apa Ya??

bongkar-bisnis-makanan-sehat-suplemen-kira-kira-seperti-apa-ya
https://beritagar.id

Bisnis makanan sehat suplemen menjadi pilihan usaha bagi Khaerul Anam (35). Usahanya tersebut berawal dari pengalamanya yang kemudian berinisiatif untuk menjadikannya ide bisnis.

Memiliki kondisi fisik yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, sayangnya kondisi seperti itu dulunya tak dimiliki oleh Khaerul. Lelaki yang saat ini sukses menjadi seorang pengusaha ini, awalnya sering menghadapi masalah kesehatan. Bahkan ia sudah berobat ke beberapa tempat namun sakitnya tidak kunjung hilang.

Hingga pada akhirnya suatu hari ia bertemu seseorang yang ahli dalam hal nutrisi makanan. Dari orang tersebut, Khaerul mendapatkan beberapa ramuan yang terbuat dari berbagai macam biji-bijian yang ditanam secara organik. Ia pun diberitahu tentang bagaimana cara mengolah ramuan ini agar bisa mengobati atau memperbaiki kondisi kesehatannya.

Simak Kisahnya Bisnis Makanan Sehat

Kisah Inspiratif

“Alhamdulillah setelah mengkonsumsi ramuan yang diolah dengan baik kesehatan saya berangsur pulih dan sehat kembali. Melihat dari hasil nyata kesehatanku membaik dan beberapa keluarga serta rekan setelah mencoba makanan nutrisi tersebut. Hasilnya pun memuaskan, maka keluarga dan rekan mendorong saya untuk bisa membuat makanan nutrisi tersebut dan diperbanyak agar orang lain yang ada masalah dengan kesehatannya bisa mendapatkan ramuan tersebut,” cerita Khaerul ketika ditanya bagaimana awal mula merintis usahanya.

Memulai Bisnis Makanan Sehat

Mengawali bisnis makanan nutrisi pada tahun 2012 silam, Khaerul mengaku saat ini perkembangan bisnisnya bisa dikatakan sangat bagus. Dengan memanfaatkan bahan baku khusus yang ditanam secara organik, baik ditanam sendiri ataupun hasil panen dari mitra binaannya, setiap bulan Khaerul bisa memproduksi sedikitnya 300 pack makanan nutrisi yang dipasarkan dengan merek dagang “MANNA”.

Strategi Pemasaran

Ketika ditanya mengenai strategi pemasaran produk Manna, ia mengaku saat ini pemasarannya sudah merambah ke beberapa kota besar yang ada di Indonesia. “Dulunya saya coba pasarkan dari teman-teman, keluarga dan Alhamdulillah banyak respon positif yang saya terima. Dari awal kami memproduksi di tahun 2012, sampai saat ini berkembang cukup bagus dan pasar pun merespon sangat bagus,” tuturnya.

Header Artikel Owner 1 copy

Pangsa Pasar

Untuk memasarkan produknya, Khaerul tidak hanya membidik konsumen yang memiliki masalah kesehatan, namun juga membidik kalangan wanita khususnya ibu-ibu. “Kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk masalah pencernaan dan melancarkan ASI bagi ibu menyusui dan baik banget untuk bubur bayi sehat.

Kualitas Produk

Produk ini tidak mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna maupun perasa buatan, sehingga aman untuk dikonsumsi semua usia baik bayi, ibu hamil dan menyusui, serta aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan,” jelasnya.

Kendala

Kendati saat ini bisnis makanan nutrisi yang diberi label Manna ini telah diterima pasar dengan baik. Namun bukan berarti tak ada kendala yang dihadapi Khaerul ketika merintis bisnis makanan tersebut. “Awal kami memproduksi produk ini cukup banyak kendala terutama masalah bahan baku.

Akan tetapi untuk saat ini sudah mulai teratasi dengan mengajak para petani untuk menjadi mitra dalam penanaman biji-bijian secara organik,” ungkap pengusaha sukses yang memiliki kunci sukses selalu berusaha yang terbaik dan pantang menyerah tersebut.

Keuntungan

Dari produk Manna yang ia pasarkan, setiap bulannya Khaerul bisa mengantongi omzet minimal Rp 50 juta. Tidak hanya itu saja, untuk ke depan Khaerul ingin mengembangkan produk makanan nutrisi ini lebih besar lagi dengan menggandeng beberapa distributor untuk memasarkan produknya di setiap kota kabupaten.

Demikian adalah kisah dari Khaerul Anam pengusaha makanan sehat. Semoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi dalam menekuni bisnis tersebut. Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis yang satu ini ada beberapa tips memulaiusahanya.

Tertarik Bisnis Makanan Sehat? Persiapkan Hal Berikut

Persiapan Awal Bisnis Makanan Sehat

Memulai bisnis yang satu ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Tentunya Anda harus menyiapkan berbagai rencana bisnis secara rinci, diantaranya :

  • Menentukan target pasar yang akan dibidik. Melihat dari kisah pengusaha makanan sehat tersebut pangsa pasarnya cukup luas. Tidak hanya para penderita masalah pencernaan saja namun juga meliputi anak balita, ibu hamil dan ibu menyusui.
  • Strategi yang digunakan untuk memasarkan produk tersebut. Anda bisa menggunakan cara online maupun offline. Untuk pemasaran secara online Anda bisa menggunakan berbagai media sosial sebagai sarananya. Atau dengan cara offfline Anda bisa menyebarkan brosur atau pamflet. Anda juga bisa menawarkannya melalui media mulut ke mulut.
  • Menggunakan strategi promosi yang kreatif. Untuk menarik konsumen Anda bisa dengan memberikan diskon atau potongan harga, voucher, ataupun kupon undian.
  • Menentukan lokasi usaha yang strategis. Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah terlihat, lokasi usaha yang ramai dan banyak dilalui khalayak umum, mudah diakses dengan segala jenis kendaraaan, akses jalan yang mudah.
  • Menyediakan lahan parkir demi kenyamanan pelanggan.

Rincian Modal

Hal kedua yang paling penting untuk dipersiapkan adalah modal usaha.

  • Menyediakan modal usaha sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Menetapkan estimasi anggaran biaya yang dibutuhkan.
  • Menyiapkan rincian biaya yang dibutuhkan secara berkala setiap bulannya.
  • Keuntungan yang diperoleh per bulan.
  • Menetapkan harga jual.

Strategi Pemasaran

Tidak ada bisnis yang berdiri tanpa adanya pesaing. Persaingan pasar yang semakin ketat menunut agar Anda terus melakukan perubahan dan terus belajar. Agar bisnis Anda dapat bersaing di pasaran dan semakin berkembang maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Menghadirkan produk yang berkualitas dengan memilih bahan baku yang memiliki kualitas yang tinggi.
  • Terus memberikan inovasi baru yang kreatif dan unik untuk memenangkan persaingan bisnis.
  • Melakukan survey siapa pesaing bisnis Anda kemudian mencari referensi dengan pengamatan langsung. Mengamati harga jual, produk yang paling laris, kemasan yang digunakan dan inovasi yang diberikan.
  • Memilih kemasan yang lebih menarik dari para pesaing. Dengan menyiapkan kemasan desain yang menarik untuk menyempurnakan produk Anda.
  • Selalu mengambil kesempatan apabila ada penawaran sponsor.
  • Mengikuti berbagai kegiatan seminar dan pelatihan untuk mendapatkan ilmu dan menambah pengetahuan.

Memulai Usaha

Memilih sebuah bisnis maka hal yang sulit adalah memulai usahanya. Jangan lewatkan hal-hal berikut ini :

  • Yakinkan diri Anda untuk menekuni bisnis dengan sungguh-sunguh. Yakin bahwa Anda mampu untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk dan hambatan yang datang. Sehingga pada akhirnya Anda dapat memenangkan persaingan bisnis.
  • Berani dalam mengambil resiko dengan mengambil kesempatan yang datang. Meskipun ada resiko kegagalan setidaknya Anda tidak pernah menyesal karena telah mencoba.
  • Menentukan tujuan dari usaha Anda. Menentukan visi misi yang akan dicapai kedepannya.
  • Fokus untuk menekuni satu bisnis agar Anda dapat dengan maksimal menjalankannya. Serta terus melaukan perbaikan dan mengembangkannya.
  • Terbuka dengan evaluasi yang datang dari luar maupun dalam. Dengan adanya kritik dan saran tentunya akan membangun dan meningkatkan sistem pelayanan maupun sistem produksi dan lain-lainya.
  • Terus belajar mengembangkan pengetahuan dan jangan pernah berhenti untuk mempelajari bisnis yang sedang Anda tekuni.
  • Mencintai pekerjaan Anda adalah kunci keberhasilan. Karena ketika kita mencintai pekerjaaan kita maka kita akan menjalankannya dengan senang hati. Tentu hasilnya akan berbeda dengan mereka yang menekuni secara terpaksa.

 

Info Kontak Usaha Manna

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba