Pemasaran

Bukan Hanya Pamer Foto Selfie, Kamu Bisa Jadi Pengusaha di Instagram!

tips promosi di instagram

Biar akun instagrammu bisa mendatangkan uang, jangan hanya posting foto selfie tapi mulailah jualan online dan jadilah pengusaha sukses di instagram.

Bisa dibilang sekarang ini Instagram jadi sosial media yang paling hits di kalangan pengguna internet. Tak hanya kalangan selebritas saja yang mulai berbondong-bondong pindah ke Instagram untuk pamer foto selfie terbarunya, bahkan kalangan masyarakat awam juga banyak yang jadi selebgram dadakan hanya karena aktif posting foto-foto bagus di jejaring sosial yang satu ini.

Tampilan gambar yang bagus tak jarang membuat pengguna internet betah berlama-lama menghabiskan waktunya di instagram, inilah yang kemudian membuat instagram kini tak lagi sebagai ajang pamer foto selfie, tapi juga jadi salah satu platform media jualan online yang cukup efektif untuk menggaet calon pelanggan.

Tentunya kalian para pengguna instagram sudah sering melihat katalog produk di instagram yang ditampilkan dengan gambar apik oleh para pelaku UKM lokal yang mulai eksis di media online. Nah, biar akun instagrammu bisa mendatangkan uang, jangan hanya posting foto selfie tapi mulailah jualan online dan jadilah pengusaha sukses di instagram.

Seperti inspirasi yang dilansir melalui Liputan6.com, ada dua UKM lokal yang bisa tumbuh besar melalui instagram, yakni Dulcet Patisserie sebagai usaha kue lokal berbasis digital pertama di Jakarta, serta Chic & Darling yang mengusung kreativitas sebagai nilai jual utamanya.

Dua pelaku UKM ini mengaku platform yang paling relevan untuk menjangkau pelanggan setia maupun calon pelanggannya saat ini adalah instagram. Apalagi saat ini Instagram jadi platform yang paling mudah dan sederhana bagi para pelaku UKM untuk mencoba pasar online. Kemudahan interaksi dengan calon konsumen, dengan pasar yang tertarget sangat membantu UKM untuk mempromosikan produk mereka lewat online.

“Kami memutuskan untuk mem-posting foto kue dan informasi secara berkala. Foto yang diambil harus orisinil, dapat memenuhi ekspektasi pelanggan, dan berhubungan dengan mereka. Keahlian fotografi tidak selalu menjadi hal utama. Selain foto, caption juga memegang peranan penting untuk menceritakan latar belakang produk dengan sentuhan personal,” jelas dua kakak beradik bernama Karina Mecca dan Keshia Deisra.

Kurang dari satu tahun saja, follower instagram dari kedua pelaku UKM ini meningkat drastis, bahkan banyak selebgram yang mulai mendukung promosi bisnisnya secara suka rela.

Sementara itu Kania Annisa Anggiani, owner dari akun Chic & Darling juga menambahkan kalau konten foto, video, caption, sampai gambar yang bergerak jadi hal utama bagi penjual online di instagram. Update status secara berkala jadi satu hal penting yang harus dilakukan UKM untuk meningkatkan awareness pelanggan terhadap produk-produk yang dijualnya di instagram.

“Ketika kamu berbicara tentang Instagram, semua hal akan berpusat pada konten visual. Dengan kata lain, konten visual kamu harus kuat. Oleh karena itu, kami mencoba untuk konsisten dengan unggahan kami, mulai dari warna, pencahayaan hingga gaya foto,” jelasnya.

Selain itu perhatikan juga pemilihan username pada akun instagram yang akan kamu gunakan untuk jualan online. pastikan bahwa username mudah dihafalkan, serta informasi yang tersirat pada bio bisa meyakinkan setiap calon konsumen yang membuka lapak jualanmu di instagram.

“Bisnis kami lahir dari Instagram dengan fanbase yang cukup kuat. Oleh karena itu, Instagram akan tetap menjadi pilihan utama kami dalam menjalankan dan mempromosikan bisnis,” pungkasnya.

Buat kalian yang kepengen akun instagramnya bisa menghasilkan banyak uang, tidak ada salahnya jika mencoba tips promosi online dari dua pelaku UKM ini. Mulai kurangi posting foto selfie, dan mulailah jadi pengusaha sukses di instagram. Selamat mencoba!