Kemasan

Inilah 3 Mesin yang Dipastikan Bakal Bikin Kemasan UKM Naik Kelas

kemasan ukmKalah bersaing di pasar bebas hanya karena tampilan kemasan UKM masih kurang menawan, tentu jadi pukulan tersendiri bagi para pelaku usaha yang notabene modalnya relatif kecil.

Masalah modal yang terbatas dan minimnya pengetahuan UKM tentang fungsi kemasan, memberikan pengaruh besar terhadap tampilan produk yang dijual.

Selama ini, kebanyakan pelaku UKM hanya fokus pada masalah produksi, sehingga mengabaikan urusan kemasan produk. Padahal, kemasan UKM memberikan pengaruh besar pada penjualan produk. Paling sering kemasan yang digunakan pelaku UKM hanyalah plastik bening biasa tanpa brand atau merk produk yang tertera.

Lantas, bagaimana konsumen bisa mengingat produk yang kamu jual kalau bungkus yang digunakan tanpa mencantumkan identitas apapun?

Sudah saatnya pelaku UKM naik kelas ke level bisnis yang lebih tinggi. Tidak hanya industri pabrikan saja yang bisa mengemas produk dengan kemasan cantik, para pelaku UKM juga bisa membuat kemasan produk yang menarik, apalagi sekarang sudah ada mesin pengemas otomatis untuk skala industri kecil menengah.

Ada tiga jenis mesin pengemas otomatis yang bisa membantu UKM mengemas produk dalam bentuk bubuk, butiran, cairan, maupun mengemas aneka macam makanan ringan seperti keripik. Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Mesin Pengemas Snack

Belakangan ini bisnis snack atau makanan ringan mengalami pertumbuhan sangat pesat, bahkan tidak hanya merk pabrikan saja yang sekarang ini mendominasi pasar. Kalian pelaku UKM juga bisa mengemas produk makanan ringan dengan model kemasan snack bantal atau istilah kerennya pillow pack, karena saat ini sudah ada mesin pengemas otomatis yang bisa kamu gunakan untuk mengemas produk snack.

Dengan mesin pengemas snack otomatis, pelaku UKM  tidak hanya bisa mendongkrak nilai jual produk tapi juga bisa meningkatkan kapasitas produksi karena umumnya mesin pengemas otomatis setiap menitnya bisa mengemas 15- 45 bungkus snack. Bahkan kalian bisa membuat kemasan snack dalam bentuk pillow pack rentengan, maupun kemasan snack bantal eksklusif seperti yang dipajang di toko ritel modern.

2. Mesin Pengemas Sachet Bubuk

Nah, buat pelaku UKM yang memproduksi kopi, coklat, lada bubuk, bumbu instan bubuk, juga bisa menggunakan mesin pengemas sachet bubuk untuk mempercantik tampilan kemasan UKM. Kebanyakan untuk produk sachet bubuk dikemas dengan modal kemasan sachet three side seal.

Mesin pengemas sachet bubuk ini biasanya digunakan untuk mengemas produk kopi, coklat, gula semut, gula pasir, dan krimer, yang dibutuhkan industri hotel, restoran, rumah sakit, dan lain-lain. Apalagi saat ini pertumbuhan hotel dan restoran di Indonesia sedang bagus-bagusnya, para pelaku UKM bisa memanfaatkan peluang ini untuk naik ke industri tersebut.

3. Mesin Pengemas Cairan

Untuk pelaku UKM yang menghasilkan produk cair, jangan khawatir karena mesin pengemas liquid juga sudah ada yang ditawarkan untuk kalangan industri menengah. Kalau selama ini pengemasan minyak goreng hanya bisa dilakukan oleh pabrikan, dengan mesin pengemas cairan ini pelaku industri skala UKM mengemas produk cair dengan model kemasan bantal maupun kemasan stand pouch.

Bahkan sudah ada dua jenis mesin untuk produk liquid, yakni mesin pengemas minyak goreng dalam bentuk kemasan bantal dan mesin filling yang berfungsi untuk mengisi produk minyak goreng ke dalam kemasan botol, standing pouch, atau jerigen.

Jadi, sekarang ini sudah tak ada alasan buat pelaku UKM untuk tidak mempercantik kemasan produknyan! Ingat, fungsi kemasan UKM tidak hanya untuk membungkus produk agar awet, tapi juga untuk mempercantik penampilannya agar tak kalah bersaing dengan produk lain.