Inspirasi Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Simak Langkah-Langkahnya

sukses-berbisnis-online

sumber gambar: Unsplash.com/bruce mars

Bisnis online menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menjalankan usaha tanpa perlu bingung memikirkan venue/gedung. Bisnis online pun bisa dikerjakan secara remote alias fleksibel. Sebagai contoh, kamu menjalani bisnis fashion lewat olshop, di mana pun kamu berada ya di situlah tokomu berada. Kamu jadi tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa tempat.

Cara Memulai Bisnis Online Yang Baik dan Benar

Terkadang, seseorang punya banyak sekali ide di kepalanya, tetapi mengalami kendala untuk eksekusi karena berbagai alasan. Apabila kamu merupakan orang seperti itu, setelah membaca ini dijamin cara berpikirmu akan lebih efektif.

Berikut ini cara memulai bisnis online bagi kamu pemula supaya tidak salah mengambil langkah:

1. Cari tahu kebutuhan masyarakat/orang banyak

cari-tahu-kebutuhan-masyarakat

sumber gambar: Unplash.com/MD Duran

Kamu bisa memulai bisnismu dengan mencari tahu saat ini orang lagi membutuhkan apa sih? Dengan begitu sasaran bisnismu jadi lebih jelas. Ketika kamu tahu usahamu ada yang membutuhkan, tentu akan ada saja yang datang melarisi usahamu. Bisnis jadi lebih mudah dijalankan karena kita sudah tahu kebutuhan di pasar seperti apa. Usaha yang kita jalankan jadi tidak sia-sia karena memang ada yang membutuhkan.

2. Strategi promosimu harus bagus

strategi-marketing-harus-bagus

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Oleh karena bisnis online mengandalkan kecakapan dalam komunikasi berupa tulisan, kamu harus kuat dalam urusan copywriting atau biasa dikenal orang awam dengan istilah caption. Kamu menggunakan caption yang mampu membujuk orang lain untuk (minimal) mampir sebentar untuk membaca informasi mengenai bisnismu. Jadi, copywriting-mu harus yang menggugah orang untuk membaca lebih lanjut atau mengetahui lebih lanjut informasi terkait bisnis/produkmu.

3. Kamu membutuhkan website

membutuhkan-website-untuk-bisnis-online

sumber gambar: Unsplash.com/Štefan Štefančík

Kamu perlu membuat website untuk bisnis onlinemu. Sebagai contoh, terdapat usaha bunga (florist). Selain memasarkan jualannya lewat media sosial yang ditampilkan berupa katalog, bisnis florist ini juga menyediakan website. Nah, website tersebut berisi banyak informasi menarik. Tidak hanya soal katalog yang lebih lengkap terkait bunga apa saja yang disediakan, website itu juga berisi artikel menarik dengan topik bunga. Pokoknya lewat cara ini juga nantinya bisnis kita bisa dikenal secara luas.

Itulah mengapa dalam bisnis online dan penulisan konten diperlukan keahlian SEO. Jika sudah menguasai SEO, kemungkinan besar artikel yang dibuat akan muncul pada halaman awal pencarian google. Ini pula yang bisa meningkatkan brand awareness.

4. Gunakan berbagai platform media sosial untuk menjangkau lebih luas

menggunakan-media-sosial

sumber gambar: Unsplash.com/Christian Wiediger

Kalau kamu ingin sukses, jangan hanya terpaku pada satu media sosial. Kamu bisa hadir di berbagai media sosial yang potensial seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga YouTube. Setiap media sosial memiliki karakteristik pengguna yang cukup berbeda, misalnya dari segi usia. Lewat cara penyampaian informasi juga harus memperhatikan jenis media sosialnya, nggak bisa semua media sosial konten copywriting-nya sama.

Sebut saja Instagram yang hanya bisa menunjukkan beberapa baris kalimat saja pada caption, sedangkan Facebook cenderung lebih panjang. Dengan demikian, kamu harus menentukan kalimat paling tepat untuk bisa menarik perhatian masyakarat.

5. Jaga kepercayaan pelanggan

jaga-kepercayaan-pelanggan

sumber gambar: Unsplash.com/Sebastian Herrmann

Apabila sudah ada yang menjadi konsumenmu, kamu harus bisa membuat pelangganmu itu ‘bergantung’ padamu. Dengan begitu, kapan pun mereka membutuhkan produk milikmu ya tidak akan pindah karena sudah sangat oke berlangganan dengan tempatmu. Kamu bisa memberikan benefit jika pelanggan melakukan repeat order, misalnya memberikan kartu member. Kartu tersebut yang nantinya bisa meningatkan kebermanfaatan satu sama lain. Kamu untung karena tidak kehilangan pelanggan, begitu juga pelangganmu yang untung karena memperoleh benefit dari bekerjasama denganmu.

Jadi kesimpulannya, pertama, kamu perlu mengetahui kebutuhan masyarakat. Kalau banyak yang butuh, bisnis yang kamu jalankan jadi tidak sia-sia. Kamu tidak perlu ngoyo dalam mempromosikan pun pasti banyak yang mencari. Kedua, kamu nggak boleh menyepelakan caption. Ketiga, kamu harus punya website sebagai sarana menyebarkan informasi seluas-luasnya. Keempat, media sosial wajib dikelola dengan sebaik-baiknya. Kemudian, kamu harus menjaga hubungan baik dengan klien.

Selamat mencoba, semoga sukses ya!

Sebagai tambahan, kalau kamu mau bisnis kuliner/minuman/fashion dan butuh kemasan yang ciamik, mampir ke diKemas.com aja! Banyak benefitnya lho.