Inspirasi Bisnis, Kemasan

Tips Menjual Minuman Kemasan Biar Sukses dan Laris Manis

tips-menjual-minuman-kemasan-biar-sukses-dan-laris-manis

sumber gambar: Unsplash.com/Kaylah Otto

Kalau menjalankan bisnis minuman, kadang yang kita takutkan adalah bersaing dengan yang lain. Seperti yang kita tahu bersama kalau yang bisnis minuman sekarang udah menjamur banget. Misalnya kalau sedang tren suatu minuman katakanlah thai tea, nanti akan banyak sekali pebisnis yang berlomba-lomba jualan thai tea. Siapa yang bisa menghadirkan sesuatu yang menarik, dia yang pastinya menang di pasaran.

Sebagai pemula, kamu perlu memperhatikan startegi agar bisnismu bisa minimal balik modal. Lalu, apa saja ya strateginya?

Tips Menjual Minuman Kemasan Biar Sukses Bisnis Minuman

Memang, bisnis minuman paling mudah dieksekusi dibandingkan dengan bisnis lainnya. Oleh karena kemudahan itu, jangan sepelekan tips berikut ini ya supaya usahamu berjalan lancar. Apapun bisa jadi peluang bisnis kok!

1. Menjual di tempat keramaian

Jika lokasi kamu berbisnis strategis dan memang sering menjadi tempat keramaian, maka akan sangat mudah produkmu cepat laris. Tempat keramaian di mana saja kira-kira? Bisa di sekitaran pasar, terminal, stasiun, sekolah, dekat tempat ibadah, atau bisa di tempat umum lainnya yang memang ramai.

2. Buat desain yang menarik

Hadirkan desain outlet yang menarik karena jaman sekarang konsumen menyukai segala sesuatu yang instagramable. Semakin maju teknologi, pikiranmu juga harus ikut berkembang. Hadirkan desain outlet yang sedap dipandang dan menimbulkan kesan menyenangkan. Jangan lupa beri nama yang unik untuk bisnismu. Tapi perlu diingat kalau nama harus yang gampang diingat, jangan susah-susah! Nanti kalau ada konsumen yang mau rekomendasi tempatmu bisa kesulitan karena lupa sama nama outletmu, kan repot!

3. Buat spanduk menarik

Kamu bisa sediakan spanduk di outlet-mu, isinya bisa manfaat mengonsumsi minuman yang tersedia di dafar menu atau manfaat lainnya. Atau kamu juga bisa menceritakan keunggulan produkmu misalnya menggunakan gula asli. Pokoknya spanduk itu juga bisa sebagai penyemarak sekaligus menyakinkan kualitas produk yang kamu sediakan.

4. Sediakan sistem pesan antar

sediakan-jasa-pesan-antar

sumber gambar: Unsplash.com/Micheile Henderson

Kamu bisa menghadirkan sistem pesan antar untuk yang jaraknya dekat dengan outletmu. Karena, mungkin saja ada orang tertentu yang malas jalan keluar atau terlalu sibuk untuk langsung datang ke tempatmu. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan usahamu ke aplikasi food layanan pesan antar supaya eksistensinya lebih banyak diketahui secara luas.

5. Hadirkan promo menarik

Siapa sih yang nggak suka sama yang namanya promo atau diskon? Semua orang pasti tergiur dengan benefit ini. Dengan demikian, kamu bisa hadirkan promo menarik seperti potongan harga atau beli satu gratis satu setelah pembelian ke sepuluh berlaku kelipatan. Pokoknya jangan lupa mengestimasi promo dan keuntungan yang kamu dapatkan supaya nggak rugi ya!

Kamu juga bisa melangsungkan giveaway, misalnya dengan cara mereka diminta follow akun media sosial outletmu lalu diminta mengunggah foto semenarik mungkin dengan menyertakan hastag dan mention outletmu. Kalau banyak yang ikutan kan bisnismu bisa jadi viral.

6. Kreasikan jenis minuman

Kalau minumannya ada beragam, otomatis konsumen juga punya banyak pilihan sesuai selera kan? Konsumen bisa saja merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Oleh karena itu, perlu kreativitasmu agar konsumen nggak sampai berpikiran “ah aku bosan sama menu di sini”. Karena kalau sampai kejadian, bisa-bisa dia pindah ke tempat lain.

7. Tawarkan mencoba pada gelas kecil

Ini merupakan salah satu strategi marketing. Pertama tawarkan terlebih dahulu calon konsumen untuk mencicipi dengan gelas ukuran kecil. Dari situ bisa juga jadi penentu dia akan membeli atau tidak. Kalau rasanya enak dan harganya oke biasanya sih konsumen pasti mau beli.

8. Kumpulkan testimoni dari pelanggan

Orang akan semakin yakin pada kualitas suatu produk jika ada bukti nyatanya. Jadi, kamu bisa banget mengumpulkan testimoni dari konsumen. Setelah mengumpulkan testimoni yang menarik bisa kamu pajang di outlet supaya jadi pertimbangan calon konsumen supaya nggak ragu lagi beli di tempatmu.

9. Perhatikan kemasan minumanmu, harus yang menarik

Bikin pengemasan minuman kamu semenarik mungkin supaya eye-catching. Tahukah kamu? Kemasan jadi garda terdepan laris tidaknya daganganmu. Kalau kemasannya saja tidak meyakinkan, siapa yang tertarik beli? Nah, kalau dari kemasannya saja sudah menarik hati dan calon konsumen langsung kepikiran “wah kece nih kalau masuk story Instagram…” Itu pertanda kalau kamu sudah sukses menghadirkan packaging yang oke.

kemasan cup kertas

gambar 1

gambar 2

Mau punya kemasan kece seperti contoh di atas untuk kebutuhan bisnis minumanmu? ke diKemas.com aja. Kita bisa buatkan desain gratis buat kamu lho.