Keuangan

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha, dan yang paling penting tentunya soal financial/ keuangan. Namun, masih banyak pengusaha yang tidak begitu memahami bagaimana cara mengelola keuangan usaha mereka. Apakah anda juga salah satunya?

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha, BisnisUKM

Berikut ini 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang bisa anda coba lakukan :

  1. Pisahkan Rekening Pribadi, Keluarga dengan Rekening Usaha.
    Hal ini penting dilakukan, karena masih banyak dijumpai pelaku usaha yang tidak memisahkan keuangan probadi, keluarga, dan usaha. Dengan dipisah, tentunya pertumbuhan bisnis lebih mudah diukur.
  2. Alokasikan Pengeluaran Bulanan. Termasuk Gaji Anda.
    Meskipun ini usaha milik anda sendiri, alokasikan Gaji diri Anda sesuai dengan tanggung jawab dan ‘angka’ kebutuhan Anda. Bagiamana caranya?  Baca: 3 Cara Menghitung Gaji Seorang Pengusaha. Jika terpaksa anda meminjam uang usaha anda, catat sebagai kasbon/ hutang yang harus anda kembalikan nantinya.
  3. Buat Catatan Proyeksi Arus Kas. 
    Dengan adanya proyeksi arus kas, Anda tahu, kapan akan menerima uang, kapan waktu untuk mengeluarkan uang, dan apakah anda akan memiliki uang cash atau tidak. Dengan adanya Catatan Arus Kas, kita bisa mengantisipasi, mencari cara sebelum terjadi minus.
  4. Buat Laporan Keuangan, Minimal Arus Kas. 
    Idealnya anda memiliki laporan keuangan seperti catatan Rugi/ Laba dan Neraca. Tapi, jika belum memungkinkan, karena masih usaha baru, setidaknya laporan keluar masuk uang bisa anda buat.
  5. Pisahkan Akunting dengan Kasir. 
    Jika bagian yang pegang uang (kasir) juga membuat laporan keuangan, maka ada potensi manipulasi laporan. Misalnya, kas di laporan ada, ternyata saat diaudit tak ada  uangnya (bisa jadi terpakai untuk kepentingan pribadi).
  6. Hindari Uang Menginap di Karyawan. 
    Banyak kejadian uang yang dibawa pulang ke rumah, cenderung akan mudah dipakai. Mulai dari alasan saudara sakit, kebutuhan mendesak, hingga pulang kampung.
  7. Lakukan Cek Stok Barang Secara Berkala.
    Celah manipulasi lainnya adalah stok barang yang sudah terjual, dilaporkan belum terjual. Alhasil, uang yang harusnya ada juga menghilang.

Nah, itu tadi 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang bisa anda praktekkan, semoga kedepannya usaha anda menjadi semakin berkembang.