Cara Mudah Pembibitan Jamur Tiram

jamur tiram
Budidaya jamur tiram saat ini memang sedang banyak diminati pasar.  Prospek ekonomi yang cukup baik, menjadikan budidaya jamur tiram sebagai peluang usaha baru yang cukup menjanjikan.  Luasnya pasar yang ada saat ini juga menjadi poin penting dari peluang usaha ini.
Budidaya jamur tiram sendiri tidaklah sulit, hanya membutuhkan media tumbuh yang biasanya disebut dengan baglog, suhu udara dan kelembapan yang teratur, serta penyiraman yang teratur. Sehingga banyak orang awam juga dapat memulai budidaya jamur tiram ini.

Untuk menjalankan usaha ini yang penting adalah proses pembibitan jamur sebelum dilakukan budidayanya. Langkah awal yang disiapkan dalam memulai pembibitan jamur tiram ini adalah menyiapkan media tanam jamur. Bahan utama media jamur adalah serbuk kayu sengon. Atau dapat juga menggunakan serbuk kayu jenis lain asalkan bukan jenis kayu yang beracun. Berikut adalah cara mudah pembibitan jamur tiram selengkapnya.

I. Pembuatan Media Baglog Jamur

Mulanya bekatul dicampur rata dengan dolomite (kapur pertanian), lalu digelar secara merata di lantai dengan komposisi bekatul 15%, dolomite 2%. Kemudian serbuk gergaji yang sudah mengandung air ±60%, digelar rata diatas campuran bekatul-dolomit, dengan komposisi serbuk gergaji 83%.

Setelah itu di aduk rata. Pengadukan dilakukan minimal 3x, sehingga adukan menjadi homogen. Kemudian adukan yang telah homogen ditutup dengan plastic atau terpal dan biarkan selama 24 jam, bertujuan agar terjadi fermentasi campuran.

II. Pembungkusan Media Baglog

Media yang telah di fermentasi dimasukkan de dalam wadah plastik sambil dipadatkan. Selanjutnya dilakukan pengepressan agar kepoadatan maksimal.

Media yang tadi telah dipress, dipasangkan cinicn dan ditusuk menggunakan kayu yang nantinya berfungsi sebagai tempat bibit jamur yang akan ditanam. Kemudian setelah itu dipasangkan kapas dan ditutup. Fungsi tutup agar pada saat pengovenan atau proses sterilisasi, kapas tidak basah oleh uap air. Dan setelah itu media siap disterilkan.

baglogIII. Pensterilisasi Media Baglog

Media dimasukkan ke dalam krat yang telah disediakan, dan disusun di dalam ruang oven. Setelah ruang oven penuh, pintu ditutup rapat agar tidak terajdi kebocoran. Kemudian api dinyalakan di bawah ketel uap, biarkan menyala terus sampai suhu di dalam oven mencapai 95ºC atau minimal waktu pengovenan 8 jam. Setelah suhu yang dibutuhkan tercapai, biarkan oven tetap tertutup selama 12 jam.

IV. Pembibitan Media Baglog Jamur

Siapkan botol bibit F3 jamur dan peralatan pengduk bibit, lalu disterilkan menggunakan alkohol dan dibakar. Kemudian media jamur yang ada di dalam oven dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam ruangan inokulasi atau pembibitan. Setelah selesai, ruangan disterilkan. Sementara itu tangan dan pakaian petugas pembibit juga disterilkan dengan alkohol.

Bibit F3 jamur yang berada di dalam botol diaduk menggunakan alat pengaduk. Kemudian kapas media jamur dibuka selanjutnya bibit F3 dituang ke dalam media sampai penuh, diguncang dan langsung ditutup kembali.

Pembibitan telah selesai dilakukan. Dan kemudian media dipindah ke ruang inkubasi.

V. Masa Inkubasi

Masa inkubasi adalah masa pertumbuhan miselium jamur di dalam media jamur. Pertumbuhan miselium ditandai dengan serat putih, yang dimulai dari tempat awal bibit ditanam dan terus berkembang.

 

27 Komentar

  1. saya sangat tertarik tapi saya masih bingung bagaimana cara pembudidayaannya….
    boleh diajarin gg, berapapun biayanya saya siap yang penting bisa.

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Kebetulan setiap bulannya kami rutin mengadakan pelatihan bisnis jamur tiram dari mulai pembuatan bibit, pemeliharaan dan panen jamur, hingga cara mengolah aneka olahan jamur. Apabila Bapak Ahmad berminat bergabung untuk pelatihan bulan November, bisa menghubungi tim training kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. saya tertarik dengan bisnis jamur tiram kalau beli bibitnya d mn sy d cianjur tolong dong penjelasannya kalau mau belajar gimana ya?

    • Terima kasih atas respon dan atensinya.Kepada sdr Tri di Cianjur dan bagi sdr lain yang tertarik dan berminat bagaimana cara berbudidaya jamur tiram ini dan bagaimana cara mendapatkan bibitnya,dapat dengan mengikuti pelatihan selama 2 hari di Yogyakarta dengan materi dan fasilitas yang cukup lengkap selain akomodasi (sendiri,namun kami bantu mencarikan/booking).Materinya sangat cocok bagi PEMULA dan PELAKU yang ingin lebih mendalami ilmu tentang jamur tiram ini langsung dengan ahlinya dan dilengkapi dengan tips triknya secara simple ditambah praktek,kunjungan-kunjungan yang kami kemas wisata bisnis.Juga berbagai olahan hasil jamur pun kami sajikan.Informasi lengkap dapat menghubungi CP kami,Eko 081328844391.Jadwal terdekat pada 22 dan 23 bulan February 2013.Salam sukses.

  3. wah bisnis menarik ini,saya mau tnya pembibitannya kok rumit ya..klo saya bleh tau ksih dong penjelasan rincinya?

  4. apakah bisa lebih rinci lagi dalam pembibitan jamur tiram,saya pengen mencobanya …..mkasih

    • ya semua uasaha itu da tantanganya mas,tinggal mampukah kita menhadapinya,walaupun jamur tiram itu mudah, , , tapi banyak yg ngk tau dimn letak mudahnya dlm usaha jmur tiram,SULIT itu KARNA TIDAK TAU,klo kita ngk tau semidah apapun itu kan menjadi sulit.

    • gampang sekali mas,rata2 orang kesulitan membuat BIBIT FO.YA MEMANG itu kunci dlm usaha pembitan jamur
      karna sakali bisa kita bikin FO berarti kita tinggal nyiapin modal untuk bisa membuat 3000 log dan itu berarti kita bisa membuat pabrik,saya mempunyai pengalamn dalm usaha jamur tiraam.

  5. Saya sangat ingin budidaya jamur kecil2an, apa di kalimantan barat ada baglog yg siap tanam sm bibitnya.Dan berapa harganya? Ditunggu imfmasinya. Terimakasih.

  6. infonya mantap ni buat usaha.
    mau tanya kalo di daerah kalimantan barat udah adabelum ya, kalo berminat bibitnya bisa di dapat dari mana dan kira2 modal awal butuh berapa?
    terima kasih.

  7. ada ga pelatihan ukm di daerah banjarmasin kalo ada tolong hubungi saya di no 085751778192,saya membuat selalu gagal tolong info nya segera

  8. mas dikirim cara pembibitannya dan f3 bibit jamur itu kita bisa peroleh dimana ya mas.
    terima kasih

Comments are closed.