Ide Bisnis Rumahan Paling Menarik di Tengah Pandemi

Ide bisnis rumahan pada dasarnya sudah sangat banyak. Tapi ide bisnis rumahan seperti apa yang cocok dieksekusi di tengah masa pandemi ini? Simak ulasannya!

Ide Bisnis Rumahan Paling Menarik di Tengah Pandemi

Ide bisnis rumahan makin banyak bermunculan di tengah masa pandemi covid19 dimana telah terjadi banyak perubahan yang signifikan. Terutama pada sektor bisnis dan usaha. Mulai dari skala bisnis besar hingga bisnis UKM dipukul habis-habisan selama masa pandemi. Selain itu tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan ekonomi dan terdampak dengan adanya wabah covid19 beberapa bulan terakhir ini. Mulai dari omzet bisnis yang menurun drastis, dirumahkan oleh perusahaan, potongan gaji 50%, hingga gulung tikar karena sudah tidak bisa bertahan dengan kondisi pandemi seperti ini.

Sebagai manusia yang merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, janganlah kamu menyerah dengan keadaan. Terutama berkaitan dengan perjuangan untuk bertahan di tengah pandemi ini. Kalau kamu termasuk orang yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid19 masih ada peluang ide bisnis rumahan paling menguntungkan yang bisa kamu coba. Karena tren pasar semasa pandemi ini telah berubah. Mulai dari permintaan kebutuhan mendesak yang makin meningkat dan standar kebersihan produk yang juga meningkat. Apa saja ide bisnis rumahan paling menarik di tengah pandemi?

Ide Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi

1. Menjual Masker Kain

Kebutuhan alat pelindung diri pada masa pandemi ini jumlahnya semakin meningkat. Seperti halnya masker yang wajib digunakan oleh semua orang ketika keluar rumah dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Hal tersebut membuat stok masker medis langka sehingga masker kain menjadi alternatifnya. Dari situ kamu bisa memanfaatkan ide bisnis rumahan masker kain untuk dicoba. Selain modalnya yang tidak banyak, memproduksi masker kain bisa dibilang merupakan bisnis yang mudah bagi pemula.

Bahan pembuatan masker kain :

  • Kain (bisa katun, mikrofiber, atau waslap)
  • Pita elastis atau karet kolor

Cara Pembuatan :

  1. Ambil 2 persegi panjang kain ukuran 30 cm x 15cm atau ukuran juga bisa disesuaikan
  2. Mulailah jahit tiap lapisannya menjadi satu kemudian jahit tepi bawah dan tutup
  3. Lipat lebih dari satu sisi, gunakan karet kolor atau potongan elastis, mulailah untuk menjahit kain sehingga bagian elastis berada di dalam lipatan
  4. Setelah itu, tarik kencang tali elastis dan jahit sisa lipatan
  5. Ulangi pada di sisi lain
  6. Pastikan di awal dan akhir jahitan dilakukan jahitan beberapa kali, karena tali elastis akan menarik di titik-titik tersebut

Pastikan masker kain yang akan kamu jual memiliki kualitas produk yang baik. Termasuk salah satunya menggunakan kemasan yang sesuai supaya kebersihan produk tetap terjaga. Bisa menggunakan plastik bening disertai label merek atau kotak kardus untuk mengemas jumlah produk yang lebih banyak. Ide bisnis rumahan seperti ini menarik untuk dicoba ya?

2. Frozen Food

Makanan beku atau istilah yang lebih familiar frozen food menjadi produk yang jumlah permintaannya semakin naik. Sebab makin banyak kebijakan lockdown yang diberlakukan beberapa wilayah membuat ruang gerak dan kesempatan orang untuk keluar rumah semakin terbatas. Padahal kebutuhan asupan makanan setiap hari harus terpenuhi. Maka frozen food adalah produk yang paling banyak dicari sebagai persediaan makanan selama di rumah aja. Banyak jenis frozen food yang digemari orang salah satunya nugget ayam, selain bergizi kaya akan protein harga nugget ayam juga terjangkau. Berikut cara membuat nugget ayam rumahan.

Bahan Adonan

  • Ayam fillet yang digiling halus
  • Telur
  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Gula pasir

Bumbu

  • Bawang putih
  • Merica butiran
  • Pala

Bahan Pencelup

  • Tepung terigu
  • Air putih


Bahan Pelapis

  • Tepung roti

Cara Pembuatan


1. Siapkan ayam fillet yang telah digiling hingga halus dan siapkan bumbu yang telah dihaluskan.

2. Campurkan keduanya dengan menambahkan garam dan gula pasir sesuai jumlah yang dibuat aduk hingga rata dan rasanya pas.

3. Lalu tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Jangan lupa dipadatkan dan ditekan-tekan saat dimasukkan ke dalam loyang.


4.  Kukus selama kurang lebih 40 menit atau sampai adonan nugget matang ditandai dengan tekstur padat dan keras. Keluarkan adonan dengan menarik baking paper, potong-potong sesuai selera dan biarkan dingin.


5.  Campurkan tepung terigu dengan sedikit tambahan tepung tapioka dan tambahan dengan air sampai kental untuk melapisi nugget dan menempel pada tepung roti. Kemudian gulingkan pada tepung roti.

6. Susun dalam wadah kedap udara, jangan lupa melapis tiap susunan dengan plastik bersih agar tidak saling menempel. Simpan dalam freezer. Goreng terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Kamu bisa memanfaatkan mesin pengemas vacuum sealer untuk menjaga ketahanan dan kualitas produk nugget ayam. Supaya produk nugget ayam kamu makin banyak diminati orang. Gimana? Ide bisnis rumahan frozen food simpel banget kan proses produksinya? Yuk langsung dicoba!

3. Food Delivery

Banyak wilayah di Indonesia yang telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Maka dari itu banyak orang yang aktivitasnya terbatas hanya di rumah saja. Kondisi seperti ini memunculkan ide bisnis rumahan yang menguntungkan yaitu food delivery. Mulai dari masakan rumahan, camilan, kue, minuman, dan beragam jenis kuliner lainnya akan laku dan diminati banyak orang ketika tersedia juga layanan food delivery. Kamu bisa mencoba dengan bisnis masakan rumahan sekaligus menyediakan layanan antar makannya. Sediakan juga ragam paket pilihan menu supaya pelanggan tidak bosan dengan masakan yang kamu buat ya!

Pastikan produk masakan yang kamu buat dikemas dengan kemasan yang menarik dan higenis ya. Supaya pelanggan tetap merasa aman dan puas terhadap produk masakanmu.

4. Reseller

Kalau dirasa memproduksi sendiri beberapa produk dari ide bisnis rumahan di atas, kamu bisa memilih jalan sebagai reseller loh! Keuntungan yang bisa kamu dapetin juga gak kalah besar. Kamu bisa jadi reseller produk-produk yang paling banyak dibutuhkan dan diminati semasa pandemi covid19 ini. Mulai dari menjadi reseller produk-produk alat pelindungan diri atau APD seperti masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, produk makanan beku atau frozen food, hingga produk sembako atau kebutuhan pokok. Carilah dan pilihlah agen yang tepat dan terpercaya. Pastikan juga jumlah produk yang akan kamu ambil dari agen sesuai dengan jumlah modal yang kamu siapkan dan analisis pasar yang tepat ya. Jangan sampai kamu mengambil terlalu banyak produk tapi kamu bingung sendiri gimana cara ngejualnya.

Demikian empat ide bisnis rumahan yang paling menarik di tengah masa pandemi ini masih berlangsung. Kamu bisa mencoba ide bisnis rumahan tersebut sesuai kemampuan kamu. Pastikan kamu tetap bisa survive dan tidak meyerah dengan keadaan ya! Semoga tulisan di atas bisa membantu kamu di tengah kesulitan yang dialami karena wabah covid19 ini. Share juga ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang mendapatkan referensi ide bisnis rumahan ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba