Keuangan

Apa Kamu Sudah Jago Mengatur Keuangan Usaha? Coba Cek Dulu Disini!

Apa Kamu Sudah Jago Mengatur Keuangan Usaha? Coba Cek Dulu Disini!Bijak mengatur keuangan usaha ternyata tak semudah apa yang kita kira. Meski setiap harinya ada pendapatan usaha yang diterima dari konsumen, tapi tak sedikit pelaku usaha yang mengeluhkan tidak ada sisa keuntungan di akhir bulan. Gimana ceritanya?

Bisa jadi kondisi ini muncul karena kamu belum disiplin dalam mengatur keuangan usaha. Dalam sebulan pengeluaran apa saja yang kamu bayarkan? Uang sewa kios usaha, gaji karyawan, pembelian bahan baku, cicilan utang usaha?

Kalau tak kamu perbaiki caranya dari sekarang, bisa jadi pengeluaran usahamu bisa lebih besar daripada pendapatan yang diterima setiap bulan. Tentunya kamu nggak mau kan kerja capek-capek tanpa hasil?

Untuk memastikan apakah caramu mengatur keuangan usaha sudah benar, coba cek dulu 5 tanda ini!

1. Apa setiap bulannya ada keuntungan tetap yang kamu terima?

Untuk mengetahui kondisi keuangan usahamu sehat atau tidak, bisa dilihat dari besarnya keuntungan tetap yang kamu terima setiap bulan. Apakah ada keuntungan tetap yang bisa kamu simpan setiap bulan? Jika setiap bulannya kamu masih mendapatkan pemasukan tetap dari keuntungan usahamu, bisa dipastikan ini salah satu tanda bahwa kondisi keuangan usahamu sudah berjalan stabil.

2. Coba periksa daftar tagihan yang masuk, apa kamu ada tunggakan?

Punya penghasilan tetap dari hasil keuntungan usaha, jangan senang dulu. Jangan-jangan masih ada segunung tagihan yang belum bayarkan? Coba kamu periksa daftar tagihan bulanan dari mulai tagihan listrik, internet, sewa kios, tagihan utang, tagihan suplier bahan baku, sampai tagihan iuran sampah bulanan. Kalau semuanya sudah terbayarkan, kamu bisa menyisihkan sebagian keuntungan usah untuk kebutuhan pribadimu.

3. Biar nggak asal habis, kamu harus tahu setiap pengeluaran yang harus dibayarkan per bulan

Meski pengeluaran kecil sekalipun, sebagai pemilik usaha kamu harus tahu betul jumlah uang yang keluar dan digunakan untuk keperluan apa saja. Ini penting karena catatan pengeluaran jadi alat bukti untuk merekam semua jejak kemana uangmu berlari. Jangan sampai di akhir bulan kamu bingung, kira-kira uang usaha bulan ini kemana aja ya? Kok tidak ada sisanya?

4. Selain kebutuhan ekonominya tercukupi, tanpa pengusaha sukses mengatur keuangan usaha dilihat dari besar tabungannya

Nah, pengusaha yang dinilai sukses mengatur keuangannya bisa kita lihat dari seberapa banyak tabungan yang berhasil ia sisihkan. Pasalnya, kebanyakan pelaku usaha semakin konsumtif ketika mereka memiliki banyak uang. Pastikan kamu punya tabungan masa depan untuk perencanaan bisnis jangka panjang.

5. Pengusaha yang sukses mengatur keuangan usaha selalu punya mimpi besar untuk bisnisnya

Mengetahui pasang surut sebuah usaha tak pernah kita duga, beberapa pengusaha yang mulai merencanakan mimpi besar untuk berinvestasi. Contohnya saja seperti berinvestasi di bidang property, atau membuka cabang usaha baru untuk menambah pundi-pundi keuntungan bisnisnya.

Kalau kelima tanda di atas sudah kamu punya, tak perlu khawatir bisnismu bakal bangkrut di tahun depan, karena kamu sudah termasuk daftar pengusaha yang jago mengatur keuangan. Semoga bermanfaat!

SHARE YUK!