Cobain Ide Usaha Unik Odading Kekinian Yang Lagi Viral!

Yuk yang lagi cari ide usaha unik dan menarik sini merapat. Kita bakalan bahas tentang kuliner unik dari Bandung. Kira-kira ada yang tahu atau enggak nih makanan yang lagi viral baru-baru ini? Yaa betul sekali namanya Odading. Makanan ini setiap tempat berbeda-beda pasti namanya. Kalo di Jogja namanya Galundeng.

Nah Odading ini sempat viral dan menjadi trending di masyarakat lantaran ada seorang pelanggan yang menawarkannya dengan cara yang unik, Odading ini menjadi viral. Sejak saat viral tersebut lapak jualan Odading ini jadi ramai pembeli dan sampai mengantre. Menurut beberapa konsumen rasa dari makanan yang satu ini memang enak dan sangat khas.

Kenalan Sama Asal Usul Odading

Kenalan dulu yuk apa itu Odading. Odading sendiri adalah sebuah makanan khas Bandung, Jawa Barat berupa roti goreng yang memiliki rasa manis, gurih dan bertekstur empuk. Makanan ini paling nikmat jika disandingkan dengan teh ataupun kopi. Selain disebut sebagai roti goreng makanan ini juga punya sebutan lain yakni roti bantal.

Makanan ini biasanya dijual di gerobak di pinggir jalan berbarengan dengan Cakwe. Jika Cakwe dimakan bersama saus. Berbeda dengan Odading ini yang dimakan tanpa kuah ataupun saus lainnya. Sebenarnya Odading ini mirip dengan Cakwe hanya saja dibuat dengan rasa yang lebih manis. Namun meskipun begitu adonan Cakwe berbeda dengan adonan Odading.

Menurut sejarah dan asal usul makanan Odading ini diambil dari sebuah keluarga Belanda yang dulunya tinggal di Indonesia. Saat itu anaknya meminta untuk dibelikan jajan yang dijual oleh warga sekitar. Nah penjual pun awalnya tidak memiliki nama untuk makanan ini. Namun sang anak tersebut menunjuk makanan roti goreng tersebut. Ibunya pun berkata dalam bahasa Belanda “O, dat ding”, yang artinya “Oh yang itu”. Nah sejak saat itulah makanan ini diberikan nama Odading.

Meskipun di Bandung sendiri memiliki nama Odading. Roti goreng ini memiliki sebutan lain di beberapa daerah. Seperti di Jawa Tengah disebut dengan roti bolang-baling. Sedangkan di Medan roti ini disebut dengan roti bohong. Ini dikarenakan isian dalamnya kosong dan polos.

Odading Jajanan Sederhana

Odading ini adalah makanan sederhana yang kita bisa temukan pada jaman sekolah dulu. Makanan ini adalah makanan tahun 90-an, kebanyakan dulu dijual di sekolah-sekolah pada saat jam pulang sekolah. Dulunya makanan ini trend dan disukai anak-anak pada masa itu. Namun sekarang ini keberadaanya semakin hilang. Kehadiran jajanan kekinian menjadikan makanan ini tergeser perlahan.

Nah akan tetapi apa jadinya jika makanan ini kini hadir dalam variasi yang berbeda? Odading original pada biasanya hanya polosan dengan taburan wijen saja. Kini Odading bisa lebih menarik dengan adanya variasi yang unik dengan gaya yang kekinian banget. Odading ini bisa dikemas dengan konsep yang lebih kekinian dengan tambahan topping aneka rasa yang memiliki banyak varian. Penasaran seperti apa?

Nah varian Odading kekinian ini diolah sama seperti roti goreng pada umumnya. Hanya saja setelah digoreng, dipotong lebih kecil seukuran gigitan. Kemudian diberikan coklat lumer seperti ovaltine, green tea, dark choco, chocolate, white chocolate, strawberry dan lain sebagainya. Sebagai pemanis tambahkan topping seperti taburan oreo, meses, kacang, keju ataupun marshmallow. Kemudian terakhir diberikan sentuhan kemasan yang kekinian untuk membuatnya semakin menarik dan menonjol. Menarik sekali bukan? Gimana nih unik kan, kamu mau mencobanya juga?

Resep Ide Usaha Unik Odading Kekinian

Penasaran gimana resep cara buat Odading kekinian? Yuk simak dan jangan di skip. Simpan aja dulu siapa tahu butuh.

Bahan :

  • Tepung terigu 200 g
  • Gula pasir 75 g
  • Garam 2 sdt
  • Ragi 11 g
  • Susu cair 150 ml
  • Madu secukupnya
  • Wijen secukupnya
  • Coklat lumer (ovaltine, green tea, dark choco, chocolate, white chocolate, strawberry)
  • Topping (Keju, kacang, meses, marshmallow, choco chips)

Langkah Membuat :

  1. Pertama-tama campurkan gula, ragi, susu dalam satu wadah atau baskom. Lalu aduk-aduk dan kemudian biarkan berbusa hingga banyak.
  2. Lalu selanjutnya masukkan tepung terigu dan garam dalam 1 wadah. Kemudian aduk sampai rata dan semua bahan tercampur.
  3. Kemudian masukkan ragi dalam adonan tepung, aduk sampai semua bahan tercampur dan biarkan adonan menggembang lebih besar.
  4. Selanjutnya jika sudah mengembang giling roti dengan roll atau alat lainnya. Lalu iris hingga kalis tunggu hingga mengembang.
  5. Jika sudah mengembang giling lagi dengan rolling lalu potong kecil-kecil sesuai ukuran satu suapan.
  6. Selanjutnya olesi dengan madu di bagian atasnya. Lalu masukkan taburan biji wijen, biarkan mengembang.
  7. Lalu panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng dan tunggu hingga warna coklat kekuningan.
  8. Jika dirasa sudah matang Odading ditiriskan, tunggu hingga agak dingin.
  9. Kemudian jika sudah agak dingin masukkan dalam kemasan dan taburi coklat lumer dan beri taburan topping sesuai selera.
  10. Odading kekinian siap disajikan.

Itu tadi adalah ide usaha unik makanan roti goreng khas Bandung yang kini sedang viral. Gimana sudah siap menjajal usaha Odading kekinian ini dan menghadirkan dikotamu? Yuk buruan sebelum keduluan sama sainganmu.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kalian yang sedang mencari ide usaha unik untuk dijalankan. Dapatkan ide menarik lainnya hanya di website Bisnisukm.com.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba