Deadline Perusahaan Menumpuk, Jangan Panik Dulu!

deadline perusahaanHampir setiap pengusaha sukses tentu pernah mengalami masa-masa depresi dimana deadline perusahaan sedang menumpuk, sementara kekuatan raga dan fokus pikiran tak bisa diajak bekerjasama untuk segera menyelesaikan deadline tersebut. Menghadapi kondisi seperti ini, tak sedikit pengusaha yang mulai panik sehingga terkadang keputusan atau solusi masalah yang diambil bisa dikatakan kurang maksimal.

Nah, saat menghadapi kondisi seperti ini. Sebagai pengusaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seluruh deadline perusahaan bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

  1. Jangan jadikan deadline perusahaan sebagai beban. Meski sebagai entrepreneur Anda memiliki setumpuk tugas yang harus diselesaikan satu per satu, namun jangan pernah menganggap deadline tersebut sebagai beban kerja. Sebab, biasanya ketika seseorang berada dalam kondisi tertekan, otak akan menyempitkan kemampuan kita untuk mencari solusi yang efektif.
  2. Pecah tugas menjadi kelompok kecil. Untuk menyelesaikan kumpulan deadline perusahaan yang menumpuk, tak ada salahnya bila Anda mulai memecah deadline tersebut menjadi sub atau bagian yang lebih kecil sehingga bisa diselesaikan sedikit demi sedikit. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus menyelesaikan satu per satu tugas tanpa memikirkan deadline perusahaan yang menumpuk.
  3. Jangan biasakan menunda pekerjaan. Biasakan untuk tidak menunda pekerjaan yang bisa langsung dikerjakan. Dengan begitu, bisnis Anda bisa berjalan lancar tanpa ada tumpukan tugas yang menunggu uluran tangan Anda untuk segera diselesaikan.
  4. Biasakan untuk menuntaskan setiap pekerjaan. Kendati banyak pekerjaan yang menunggu uluran tangan Anda untuk segera diselesaikan, namun usahakan untuk mengerjakan satu per satu pekerjaan hingga benar-benar tuntas. Prioritaskan deadline yang paling penting setelah itu baru disusul tugas-tugas yang lain.
  5. Delegasikan tugas ke tim kerja Anda. Bila dimungkinkan, delegasikan sebagian tugas Anda kepada tim kerja yang Anda miliki. Berikan kepercayaan kepada tim support Anda dan lakukan pengontrollan serta evaluasi secara rutin untuk melihat sejauh mana kinerja mereka dalam menyelesaikan deadline perusahaan.

Semoga kelima tips bisnis ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pengusaha yang sedang bingung menghadapi tumpukan deadline perusahaan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Jabat Kaban
Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://thewritersadvice.files.wordpress.com/2012/03/deadline.jpg