Dorong Perekonomian TKI Purna, BNP2TKI Bakal Gelar Pameran UKM

Dorong Perekonomian TKI Purna, BNP2TKI Bakal Gelar Pameran UKMSebagai upaya mendorong perekonomian para TKI Purna agar bisa hidup mandiri, BNP2TKI berencana menggelar Pameran UKM TKI Purna di berbagai provinsi, di Indonesia. Program ini rencananya akan dimulai pertama kali di Provinsi Banten, dimana BP3TKI Serang, provinsi Banten menjadi pihak pertama yang akan melaksanakan pameran UKM TKI Purna.

“Hari ini kita menggelar pameran produk-produk yang dihasilkan para TKI Purna  di Banten, Jakarta, Bandung, Lampung serta perwakilan dari daerah lain. Produknya mulai dari makanan, pakaian, sandal dan lain-lain,” ujar Hermono, Sekretaris Utama BNP2TKI ketika meresmikan pameran.

Kegiatan serupa juga akan dilakukan di setiap provinsi. Tujuannya, untuk meningkatkan ekonomi para TKI saat ini yang nantinya dapat menjadi mandiri, tanpa harus pergi kembali menjadi TKI. “Kan seperti ini bagus, para TKI malah bias membuka lapangan kerja, “ ujarnya , di Serang, Sabtu, 16 November 2016.

Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang menggelar Pameran UKM TKI Purna Banten 2016 di Mall Metropolis Town Square, Tangerang, Banten. Acara diselenggarakan atas kerjasama dengan dinas koperasi dan UMKM provinsi Banten.

Pameran yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BNP2TKI Hermono ini, dihadiri Kepala BP3TKI Serang A. Gatot Hermawan, Deputi Perlindungan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyono, Direktur Pemberdayaan, Arini Rahyuwati, Kepala BP3TKI Jakarta, Ahnas, serta Hamidi, Kepala Disnakertrans Provinsi Banten.

Dalam pameran ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh BRI kepada TKI Purna asal Pontang, Program Corporate social responsibility (CSR) oleh Bank Jawa Barat, Asuransi Jasindo, Mitra TKI dan Astindo kepada Paguyuban Kampung Batik Tirtayasa, Akta Koperasi dari Dinas UM-KM dan koperasi kepada pengurus koperasi Bumi Banten Sejahtera, Kampung Digital dari PT. Telekomunikasi Indonesia Divisi Serang kepada BP3TKI Serang serta penyerahan bantuan promosi (Booth gratis) dari pengelola Metropolis Town Square Tangerang kepada Deputi Perlindungan BNP2TKI. Acara juga dimeriahkan lomba mewarnai logo Buruh Migran Banten (BMB) untuk anak-anak.

Pada kesempatan yang sama Deputi Perlindungan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono menambahkan, kelambatan ekonomi di Indonesia telah berdampak pada semua sektor ekonomi kecuali sektor koperasi dan UMKM. Pertumbuhan UKM justru semakin signifikan dan kuat.

Pembinaan UMKM TKI Purna akan selalu kita lakukan terlebih pada pembinaan manajemen, baik  kebutuhannya, pemasarannya, bahkan sampai resikonya kita bantu sehingga mereka bisa lebih baik dan dikenal masyarakat, kata Kepala BP3TKI Serang A.Gatot Hermawan, yang menambahkan tamu undangan dan pengunjung  banyak membeli produk-produk TKI Purna.

Selain berpameran, kami juga menyediakan laboratorium konsutasi bagi TKI Purna dan keluarganya sebagai solusi dari setiap kendala yang dihadapi pada usahanya,” pukas Gatot.

Sumber 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba