Franchise Salon Semakin Bersinar Ramaikan Pasar

franchise salonPenampilan dan kecantikan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari kaum hawa. Kondisi itulah yang membuat para wanita selalu berusaha mempercantik dirinya dengan melakukan berbagai macam perawatan. Salah satu tempat yang sering dikunjungi wanita untuk mempercantik dirinya yaitu salon. Konsumen dapat mempercantik diri mulai dari memotong rambut, merawat kesehatan rambut, mempercantik wajah, kulit dan kuku di tempat tersebut. Sehingga tidak heran bila salon merupakan tempat favorit bagi sebagian besar para wanita.

Perkembangan minat pasar yang semakin besar, membuat peluang bisnis salon semakin hari kian menjanjikan. Bahkan tidak sedikit jumlah pelaku bisnis salon yang akhirnya memutuskan untuk mengembangkan usahanya dengan sistem franchise, mengingat prospek bisnis tersebut semakin cerah dan banyak dicari konsumen.

Konsumen
Konsumen tetap bisnis salon rata-rata adalah para wanita. Dari mulai gadis belia, wanita dewasa hingga para ibu rumah tangga, semuanya menginginkan penampilan yang cantik dan menarik. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bila Anda membidik para pria sebagai target pasar Anda. Karena saat ini banyak salon potong rambut khusus pria yang sudah bermunculan dengan mengusung bendera franchise.

Info Bisnis

Perkembangan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli dengan penampilan dan kecantikan membuat franchise salon kian diminati pasar. Berbagai macam merek franchise salon pun kini mulai beredar meramaikan pasar, dengan menawarkan berbagai pelayanan yang beragam. Ada yang khusus membidik wanita muslimah, salon khusus pria, hingga salon pria dan wanita yang menggunakan merek cukup ternama. Sebut saja franchise salon Moz5, salon ZAZA, salon Johnny Andrean, Lutuye salon, serta masih banyak merek lainnya yang mulai bersaing melayani permintaan pasar.
Sebelum menjalankan bisnis franchise salon, berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan ketika bergabung dengan sebuah kemitraan.

  1. Tumbuhkan minat Anda sebelum memilih brand franchise salon yang akan dijalankan. Adanya minat cukup penting, karena passion menjadi awal kesuksesan Anda untuk menjalankan sebuah usaha.
  2. Pilih model franchise salon yang akan Anda ikuti. Misalnya saja memilih franchise salon muslimah, salon pria, ataupun salon pria dan wanita. Namun sebisa mungkin carilah brand yang telah dikenal pasar, sebab persaingan bisnis salon sudah semakin padat. Bila brand yang Anda pilih belum begitu kuat, maka peluang untuk memenangkan persaingan pasar pun masih cukup sulit.
  3. Perhatikan prospektus bisnis franchise salon yang ditawarkan. Bagaimana SOP yang ditawarkan, bagaimana analisa ekonominya, apa saja peralatan dan perlengkapan salon yang diberikan, bagaimana sistem pelatihan khusus bagi para calon karyawan, bagaimana sistem pemasarannya, sampai bagaimana sistem pendampingan dan kontroling franchisor kepada para franchiseenya.
  4. Siapkan lokasi usaha yang cukup strategis. Pilih lokasi usaha yang ada di pusat kota atau dekat dengan keramaian. Saat ini sudah banyak merek franchise salon yang mulai membuka usahanya di pusat perbelanjaan atau mall. Sebab, sebagian besar peminat jasa salon adalah masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.
  5. Cari tenaga kerja yang telah berpengalaman di bidang kecantikan. Meskipun ada program training khusus dari franchisor, namun tidak ada salahnya bila Anda memilih SDM yang handal untuk membantu operasional bisnis Anda.

Kelebihan Bisnis
Hadirnya berbagai macam merek franchise salon membantu para pencari usaha untuk bisa terjun di bisnis jasa tersebut tanpa harus mempersiapkan segala keperluan usaha dari nol. Sebab, para franchisor telah mempersiapkan segala keperluan bisnis salon untuk mempermudah para franchiseenya. Dari mulai memberikan hak untuk menggunakan merek atau brand franchise yang ditawarkan, melengkapi SOP untuk menjalankan bisnis salon, memberikan pelatihan/training khusus bagi calon SDM, membekali peralatan dan perlengkapan salon, mensuport strategi pemasaran dan kegiatan promosi, serta memberikan pendampingan dan mengontrol langsung jalannya kemitraan franchise tersebut.

Kekurangan Bisnisbisnis salon

Sebagai salah satu peluang bisnis franchise yang ramai bermunculan di pasaran, tentu persaingan bisnis yang dihadapi para franchisee maupun franchisor juga cukup besar. Sekarang ini tidak hanya satu dua merek salon saja yang mulai dikembangkan dengan sistem kemitraan. Puluhan franchise salon lokal maupun franchise asing saling berlomba menarik minat konsumen di Indonesia, sehingga dalam menjalankan bisnis ini Anda harus cermat dalam memilih merek franchise yang akan dijalankan.

Selain itu menjalankan bisnis franchise salon juga membutuhkan modal yang cukup besar. Biasanya penawaran peluang bisnis franchise salon ditawarkan dengan investasi mulai dari puluhan sampai ratusan juta. Jadi sebelum memutuskan terjun di bisnis franchise salon, siapkan modal Anda dari sekarang dan lakukan survey pasar agar tidak salah dalam memilih kemitraan.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran bisnis franchise salon dapat dilakukan dengan membagikan brosur, leaflet, atau pamflet di sekitar lokasi usaha. Selanjutnya Anda dapat memanfaatkan media iklan untuk mempromosikan bisnis Anda. Misalnya saja dengan memasang iklan di media cetak, mengiklankannya melalui radio dan televisi lokal, atau bisa juga memanfaatkan beberapa situs di media online untuk menjangkau peluang pasar yang lebih luas.

Disamping kegiatan promosi tersebut, Anda juga bisa memberikan bonus atau potongan harga khusus pada event-event tertentu. Strategi promosi seperti itulah yang dapat memancing para konsumen untuk melakukan pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut) dan menginformasikan keberadaan salon Anda kepada orang lain. Hingga pada akhirnya bisnis salon Anda dapat dikenal masyarakat luas.

Kunci Sukses
Kunci kesuksesan bisnis jasa terletak pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. Karena itu pilihlah SDM yang benar-benar handal dalam bidang kecantikan, dan berikan pelayanan yang terbaik bagi setiap konsumen yang datang. Dengan begitu, konsumen tidak akan ragu untuk kembali mengunjungi salon Anda dan tidak segan untuk menginformasikan franchise salon tersebut kepada orang lain.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Berikut adalah analisa ekonomi dari penawaran franchise salon muslimah
dengan brand “ZAZA”

Modal awal
Renovasi bangunan                                Rp 20.250.000,00
Peralatan utama                                  Rp 24.945.000,00
Peralatan pendukung                              Rp    865.000,00
Perlengkapan pendukung                           Rp  6.720.000,00
Media promosi                                    Rp  2.400.000,00
Joint fee                                        Rp 25.000.000,00 +
Total                                            Rp 80.180.000,00

Biaya operasional per bulan
Sewa tempat per bulan                            Rp  1.700.000,00
Gaji dan komisi (40%)                            Rp  4.050.000,00
Biaya listrik                                    Rp  1.200.000,00
Belanja produk dan obat-obat salon (25%)         Rp  5.850.000,00
Promo bulanan                                    Rp    225.000,00 +
Total                                            Rp 13.025.000,00

Omset per bulan
Pendapatan rata-rata per hari Rp 750.000,00
Omset per bulan (@ Rp 750.000,00 x 30 hari)      Rp 22.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 22.500.000,00 - Rp 13.025.000,00    =         Rp 9.475.000,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)   =         ± 8 bulan

Semoga informasi peluang bisnis tentang franchise salon semakin bersinar ramaikan pasar, dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang dapat membantu para pencari usaha yang sedang bingung mencari peluang usaha. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Ayo berbisnis !!!

Sumber gambar : http://indahkhurotul.files.wordpress.com/2011/04/salon.jpg dan http://wanitaberbisnis.com/wp-content/uploads/2011/03/perawatan-muslimah.jpg

4 Komentar

  1. Saya memiliki beberapa usaha di bidang kecantikan, dan juga untuk franchise di bidang ini. silahkan kontak ke email shinji_studio@yahoo.com

  2. Dear Bapak/Ibu,
    Saya memerlukan info terms & conditions franchise salon muslimah Moz5 dan Zaza. Apa bisa dibantu dikirim ke email saya ?

    Thanks,
    Nurdin

Comments are closed.