Inspirasi Bisnis

Gak Cuma Rendang, Kue Lapis Legit Ini Juga Jadi Kue Terlezat di Dunia!

lapis-legit-coverBanyak orang begitu menggemari makanan-makanan khas Indonesia. Bahkan rendang berhasil menyabet predikat sebagai makanan terlezat di dunia. Namun tahukah anda jika salah satu kue khas Indonesia juga dinobatkan sebagai kue terlezat di dunia? Yup! Lapis legit!.

Anda pernah mencicipi kelezatan lapis legit?. Kelezatan kue ini berhasil membuat situs berita CNN menobatkannya menjadi kue terlezat di dunia!. Tahukah kamu jika sebenarnya sang pencipta kue ini sejatinya bukanlah orang Indonesia?.

Dalam sejarah, dikatakan nama asli kue lapis legit ini adalah “Spekkoek” atau kue seribu lapis. Kata Spek memiliki arti lapisan lemak babi. Namun jangan khawatir, karena kata Spek tersebut merujuk pada bentuk kue yang berlapis-lapis dan menyerupai lemak babi yang juga berlapis-lapis.

lapis-legit-3Bahan dan proses pembuatan lapis legit sendiri juga cukup unik. Banyaknya bahan seperti telur, tepung terigu dan mentega serta perlunya keterampilan dan kesabaran tinggi dalam setiap lapisan yang dipanggang menjadi rahasia kelezatan lapis legit.

Kue lapis legit juga menyimpan cerita menarik dalam jumlah lapisannya. Pada jaman dahulu, diperlukan keterampilan ekstra. Jumlah lapisan minimal untuk membuat kue lapis legit yang sempurna adalah 18 lapisan. Bisa dibayangkan berapa waktu yang diperlukan untuk membuat 1 buah kue saja.

Untungnya dengan perkembangan teknologi, peralatan yang ada bisa memudahkan proses pembuatan. Dengan banyaknya lapisan yang menuntut kesabaran, tak heran jika harga sebuah lapis legit cukup mahal. Bahkan disitus jual beli tokopedia, kue lapis legit kualitas premium dibanderol dengan harga Rp. 800.000.

Jika kamu merasa harga tersebut terlalu mahal, kamu bisa membuatnya sendiri loh! Ini resepnya untuk kamu.

Bahan-bahan:

  • 30 butir Kuning Telur
  • 300 gram Mentega wysman
  • 200 gram creamery butter/mentega segitiga
  • 300 gram Gula Halus
  • 60 gram Tepung Terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • Vanili secukupnya
  • 4 sendok makan susu kental manis

lapis-legit-2

Cara membuat:

  • Pertama pisahkan kuning dan putih telur. Untuk mempercepat kerja pecahkan semua 30 butir telur dalam wadah yang bersih dan kering, baru di ambil dengan tangan atau sendok satu persatu.
  • Kocok mentega wysman dan mentega segitiga sampai mengembang. Lalu tambahkan susu kental manis kocok dan sisihkan.
  • Kocok 30 butir kuning telur dan gula halus dengan mixer sampai mengembang dan kental ( ingat jangan mengocok telur dgn menggunakan wadah yang terkena minyak/mentega karena telur tidak akan kembang dengan baik).
  • Tambahkan vanili bubuk pada adonan telur, kocok sampai kental.
  • Campurkan adonan telur ke dalam adonan mentega aduk rata secara perlahan.
  • Tambahkan terigu yang sudah dicampur susu bubuk full cream, aduk rata perlahan dan adonan siap dibakar selalpis demi selapis.
  • Gunakan cetakkan 18×18 x 7 atau 20 x20 x7 , alasi dengan kertas roti dan di olesi dengan mentega dan taburi terigu tipis.
  • Panaskan oven dan mulailah melapis pertama dengan mengambil 4 sdm adonan ratakan pada cetakan. Bakar lapisan pertama dgn menggunakan api bawah, lapis selanjutnya gunakan api atas. lakukan sampai semua adonan habis.
kemasan satu porsi

Kemasan cake box untuk satu porsi bisa digunakan kemasan lapis legit

Cukup mudah kan cara membuatnya?. Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Harga jual yang tinggi membuat kue lapis legit ini menjadi salah satu kue yang direkomendasikan untuk menjadi referensi berbisnis kue. Rasa yang nikmat ditambah dengan kemasan yang cantik akan menyempurnakan produk!.

Jika kamu khawatir jika lapis legit yang kamu produksi akan sulit dijangkau konsumen karena harganya mahal, kamu bisa menjualnya perpotong. Di Jepang, menjual kue satu potong untuk porsi satu orang sangat umum ditemukan di toko kue. Jadi kamu tidak harus menjualnya secara utuh, sehingga kenikmatan produk lapis legitmu bisa dijangkau semua kalangan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!