Inspirasi Bisnis

“Serabi Kinca”, Serabi Kuah Lezat Khas Tanah Sunda!

serabi-kinca-coverBagi anda yang asli orang Bandung Jawa Barat mungkin sudah tidak asing dengan jajanan pasar yang satu ini. Yap, serabi kinca!. Serabi khas jawa barat ini berbeda dengan serabi yang banyak dikenal pada umumnya. Perbedaan utamanya adalah adanya kuah yang dibuat khusus untuk menikmati serabi ini.

Berbicara mengenai serabi, ada banyak sekali macam serabi yang ada di Indonesia. Mulai dari Serabi Solo, Serabi Jakarta, Serabi Kinca atau serabi Bandung, Serabi Mataram dan banyak lagi.

Jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya belum ada yang dapat memastikan bagaimana cerita terciptanya dan siapa yang pertama kali membuat kue yang mirip martabak mini ini. Hanya saja, bila melihat dari asal usul, kata ‘serabi’ berasal dari bahasa Sunda yaitu “sura”, berarti besar. Oleh karena itu, di Bandung banyak yang menyebutnya surabi.

Sementara itu , dalam bahasa Jawa, serabi disebut dengan nama surobi. Ada yang menyebutkan asal serabi dari India dan ada pula yang menyebut serabi Indonesia terpengaruh oleh budaya panekuk asal Belanda.

Umumnya, serabi kinca dimakan dengan kuah santan atau kuah kinca. Tetapi di zaman serba modern ini serabi juga sudah dimodernisasi dengan tambahan topping. Serabi dapat ditambahkan dengan topping seperti keju, cokelat, stroberi, durian, sosis, telur bahkan irisan daging ayam

Cara memasak serabi juga terbilang unik dan masih sangat tradisional. Dengan menggunakan tungku serta wadah tanah liat adonan serabi dimasak di atas arang. cara memasak ini dapat membuat bagian bawah serabi terasa renyah dan wangi, serta bagian dalamnya empuk.

Nah buat kamu yang bukan penduduk bandung dan sekitarnya, gak usah bingung gak bisa mencicipi kelezatan serabi kinca!. Kamu juga gak perlu jauh-jauh dating ke Bandung dulu. Buat sendiri aja yuk! Gak susah kok. Ini resepnya.

serabi-kinca-1Bahan-Bahan:

  • 200 gr tepung beras putih
  • 1 sdt ragi instan
  • 3 sdt gula pasir
  • 560 ml santan encer
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam halus
  • 2 sdm air pandan suji / 3 tetes pasta pandan

Cara Membuat:

  • Campur tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Saring bila perlu.
  • Tambahkan garam dan air suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam.
  • Panaskan cetakan serabi. Tuang adonan sampai 3/4 penuh, biarkan terlihat matang berlubang-lubang, tutup. Matangkan sempurna. Angkat dan sisihkan.
  • Buat kinca dari gula jawa, santan encer dan daun pandan, masak sampai mendidih dan gula larut. Kemudian saring.
  • Sajikan serabi dengan siraman kuahnya.

serabi-kinca-3

Harga serabi sendiri terbilang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 8.000-an per porsinya. Jika kamu berkesempatan jalan-jalan ke Bandung, terdapat satu jalan yang khusus menjual serabi yaitu di Jalan Setiabudi. Pastikan kamu menyempatkan waktu mampir kesana.

Jika kamu sudah bisa membuat serabi kinca, gak ada salahnya loh kamu buat usaha serabi kinca. Di luar daerah bandung, serabi kinca bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang layak untuk diperhitungkan. Hal ini mengingat di luar bandung usaha serabi kinca relatif masih sedikit kompetitor.

Seperti prinsip bisnis pada umumnya, pastikan produkmu memiliki kualitas yang baik dengan penampilan yang menarik juga. Untuk serabi kinca, kamu bisa menggunakan box untuk kemasannya. Dijamin makin menyempurnakan produkmu.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

SHARE YUK!