Generasi Muda Jadi Kunci UMKM Masuk Ekosistem Digital

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin dalam Webinar Aptika Kominfo, baru-baru ini menyampaikan Pemanfaatan teknologi digital menjadi peluang generasi muda masuk dalam ekosistem pasar digital UMKM.

Populasi UMKM yang terus mengalami pertumbuhan belum diikuti perbaikan sistem digitalisasi pemasaran para pelakunya. Ekosistem digitalisasi UMKM dapat dipercepat apabila banyak generasi muda di dalamnya. Generasi muda dianggap lebih mudah beradaptasi dengan teknologi.

Dengan kemampuan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan usaha yang selama ini banyak dikelola secara tradisional dan konvensional. Berdasarkan laporan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) per Februari 2022 dari total 65,47 juta unit UMKM 17,25 juta pelaku UMKM telah masuk ke ekosistem digital meningkat 26,4 persen.

Seperti dikutip dari ekbis.sindonews.com, Nurul menyampaikan bahwa yang perlu dilakukan generasi muda memulai UMKM, yaitu beralih ke marketplace atau e-commerce. Faktanya belanja online saat ini menjadi pilihan favorit konsumen. Sehingga para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini bergabung dengan platform digital.

trategi pemasaran digital juga diperlukan untuk UMKM lebih mudah memasarkan produk. Beberapa strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan seperti digital ads, media sosial, dan aplikasi pesan instan hingga memanfaaatkan layanan pesan antar. Layanan pesan antar saat ini sangat digemari, terutama oleh pelaku UMKM sektor kuliner.

Sebagai tulang punggung perekonomian sudah sepantasnya UMKM melakukan transformasi digital. Di sini peran generasi muda diperlukan lebih banyak masuk ke UMKM untuk mempercepat terbentuknya ekosistem digital UMKM.

Diharapkan dengan meningkatnya kepedulian generasi muda pada UMKM, semakin banyak bermunculan raksasa bisnis teknologi atau unicorn sehingga pada akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan lapangan kerja.

Leave a Comment