Harga Kacang Mete Melambung Tinggi di Hari Lebaran

camilan-kacang-meteTak bisa kita pungkiri bila aneka macam jamuan lezat menjadi salah satu pelengkap bagi kemeriahan hari lebaran. Kebiasaan inilah yang sering dimanfaatkan para produsen camilan untuk mendulang untung besar menjelang lebaran. Contohnya saja para produsen kacang mete yang selalu panen untung memasuki musim lebaran.

Tingginya permintaan pasar dan keterbatasan stok kacang mete di berbagai pelosok daerah, menjadi salah satu pemicu naiknya harga jual kacang mete memasuki musim lebaran. Bila di hari-hari biasa para produsen menjual kacang mete mentah dengan kisaran harga Rp 50.000,00 sampai Rp 70.000,00 per kilogramnya, maka memasuki moment lebaran harganya bisa melambung tinggi hingga mencapai Rp 110.000,00/ kg untuk kacang mete kualitas unggulan dan Rp 95.000,00/ kg untuk kacang mete kualitas nomor dua.

Dari sekian banyak produsen kacang mete yang tersebar di Indonesia, Kecamatan Karang Mojo, Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan salah satu sentra penghasil kacang mete yang pemasarannya telah merambah beberapa kota besar. Dibandingkan hari-hari biasa, para produsen kacang mete di daerah tersebut kebanjiran order hingga mencapai 80%, sehingga tidak heran bila omset yang diperoleh pun bisa naik berlipat-lipat. Tidak hanya itu saja, memasuki musim lebaran, rata-rata para produsen bisa menerima keuntungan bersih sekitar Rp 8 juta. Laba yang cukup besar untuk para produsen camilan kacang mete.kacang mete

Selain Kecamatan Karang Mojo, sentra penghasil kacang mete juga ditemukan di daerah Madura, tepatnya di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Tak kalah ramai dengan permintaan konsumen di Kecamatan Karang Mojo, lebaran tahun lalu harga kacang mete di Madura juga merangkak naik dari yang awalnya hanya sekitar Rp 50.000 per kilogramnya menjadi Rp 80.000/ kg menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Melihat besarnya permintaan pasar dan tingginya harga jual kacang mete di musim lebaran. Tidak ada salahnya bila Anda pun ikut memanfaatkan moment lebaran untuk mendatangkan untung besar dari bisnis kacang mete.

Semoga informasi berita bisnis yang mengangkat harga kacang mete melambung tinggi di hari lebaran ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan moment lebaran sebagai ajang baru untuk menciptakan peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.snackkacangmede.com/gallery/product-05b.jpg
2. http://images01.olx.co.id/ui/11/31/31/1340504151_404273031_2-KACANG-METE-MEDE-Yogyakarta.jpg

3 Komentar

  1. sebenarnya bangsa indonesia ini jika dikelola dengan baik luar biasa potensinya…dari hanya kacang mede saja masyarakat bisa dikayakan…

  2. Namun sayang…. tiga-empat tahun ini…. penjualan kacang mete terbentur dengan adanya isu-isu kesehatan tentang “asam urat”… hal ini juga berpengaruh terhadap komoditi emping melinjo.
    (Dari berbagai sumber)

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Munculnya rintangan dan kerikil hambatan (seperti isu miring) menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam merintis sebuah usaha, yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk mengubah hambatan tersebut menjadi sebuah peluang. Contohnya saja dengan melampirkan manfaat mengkonsumsi kacang mete bagi kesehatan, karena pada dasarnya kacang mete mengandung polyunsaturated fat (lemak tak jenuh ganda) dan monounsaturated fat (lemak tak jenuh tunggal) cukup tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, kacang mete juga mengandung lebih dari 80 nutrisi, tanpa ada kandungan kolesterol di dalamnya. Semoga bisa membantu dan salam sukses.

Comments are closed.