Berita UKM

Hebat Prospek Bisnis E-commerce di Indonesia, Kamu Nggak Pengen Coba?

Hebat Prospek Bisnis E-commerce di Indonesia, Kamu Nggak Pengen Coba?Kalau sepuluh tahun yang lalu bisnis e-commerce belum banyak yang melirik, sekarang ini pertumbuhan industri digital di tanah air peluangnya masih terbuka lebar dan prospeknya sangat menggiurkan.

Meningkatnya potensi bisnis e-commerce  di Indonesia tak lepas dari pertumbuhan jumlah pengguna internet di negara kita. Dari data yang diperoleh di lapangan, kalau di tahun 2014 silam jumlah pengguna internet masih berkisar 88,1 juta jiwa, setahun kemudian jumlahnya melonjak cukup drastis yakni di angka 93,4 juta jiwa.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Pertumbuhan ini terjadi karena akses internet di tahun tersebut semakin lebih mudah dijangkau semua lapisan masyarakat.  Dikutip dari Kontan.co.id, WeAreSocial Digital 2017 Global Overview memperlihatkan penetrasi mobile broadband di Indonesia sebesar 65%. Dan sekitar 41% dari masyarakat di Indonesia sudah mulai terbiasa berbelanja secara online di tahun 2016, yang mengejutkan lagi 33% belanja online menggunakan m-commerce.

Angka tersebut menunjukkan bahwa prospek bisnis e-commerce di tanah air peluangnya semakin menjanjikan,  apalagi diprediksi tahun 2018 mendatang pertumbuhan pembeli digital bakalan bertambah jadi 18,8%. Ini sebuah pertanda, pasar digital di Indonesia punya pertumbuhan penetrasi tercepat di dunia.

Kabar baiknya, dari seluruh masyarakat yang menggunakan internet ternyata 77% diantaranya mencari informasi produk sebelum akhirnya melakukan aktivitas belanja online. Sampai saat ini produk yang paling banyak dibeli lewat online adalah produk fashion. Contohnya seperti pakaian, sepatu,  tas, jam, baru kemudian bergeser ke produk gadget, tiket online, kosmetik, serta buku.

Peluang inilah yang kemudian dilirik kalangan masyarakat untuk mulai serius menekuni bisnis e-commerce. Kalau di tahun 2015 jumlah pembeli online di Indonesia baru sekitar 7,4 juta orang, tahun lalu angkanya tumbuh menjadi 8,6 juta orang. Saatnya kamu memanfaatkan peluang pasar yang semakin berkembang, karena diprediksi tahun depan  pemain bisnis e-commerce tidak hanya didominasi pelaku usaha dari lokal saja, tapi pasar digital di tanah air juga sudah mulai dilirik para investor asing.

 

Lihat saja sekarang ini Alibaba sudah masuk ke Indonesia lewat Lazada, eBay melakukan ekspansi pasar lewat Blanja.com. Jangan sampai pengusaha lokal hanya jadi penonton kesuksesan pemain luar negeri yang mulai melihat prospek pasar di Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam sukses!