Peluang Bisnis

5 Peluang Bisnis Sampingan yang Bisa Kamu Buka Dari Moment Wisuda

5 Peluang Bisnis Sampingan yang Bisa Kamu Buka Dari Moment WisudaMendengar kata wisuda, pasti yang terbayang hanyalah moment suka cita dari para mahasiswa yang akhirnya menyandang gelar sarjana. Tapi ternyata, selain ikut bahagia melihat teman-teman mahasiswa akhirnya bisa wisuda, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang jajan dari peluang bisnis sampingan yang biasanya laris manis di moment wisuda.

Kalau kamu sering ikut datang di moment wisuda, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan deretan pedagang musiman yang ikut meramaikan moment tersebut. Kesempatan ini ternyata juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tambahan uang jajan bulanan.

Kira-kira, apa saja peluang bisnis sampingan yang bisa kamu buka saat teman kuliahmu wisuda? Lantas bagaimana cara memulainya? Kali ini BisnisUKM.com akan membahasnya secara tuntas.

Cara Memulai Bisnis Sampingan dari Moment Wisuda

Di era millenial seperti sekarang ini, kreativitas bisa jadi modal utama untuk merintis usaha. Salah satunya peluang bisnis sampingan di musim wisuda ini, meski masih berstatus sebagai mahasiswa, kamu bisa memanfaatkan waktu luang setelah kuliah untuk menyalurkan hobi ataupun ide kreatif yang kamu punya untuk membuat produk-produk unik yang biasanya dijadikan souvenir atau ucapan selamat kepada para wisudawan. Contohnya seperti 5 peluang bisnis di bawah ini.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

1. Hadiah bucket snack sekarang ini lagi hits banget nih, bisa ide brilian buat kamu yang pengen punya usaha sampingan tanpa pakai ribet.

bisnis sampingan bucket snackKalau dulu biasanya bucket bunga laris manis di musim wisuda, sekarang ini yang lagi hits di kalangan mahasiswa jaman now adalah bucket snack. Cara memulainya sangatlah mudah, kamu tinggal buat daftar snack apa saja yang disukai para remaja, tawarkan ke teman-teman kuliahmu barangkali mereka butuh hadiah untuk teman kalian yang wisuda. Dan jangan lupa beri tambahan sedikit hiasan menyerupai karangan buket bunga, agar bucket snack yang kamu buat terlihat mewah.

2. Buat kamu yang punya hobi di bidang desain, bisa coba bisnis kerajinan pop up untuk souvenir wisuda.

bisnis pop up frame wisudaSeperti kita tahu, wisuda jadi salah satu moment yang nggak bakal mudah kita lupakan. Nah, buat kamu yang kreatif dan punya hobi di bidang desain, nggak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan kemampuanmu untuk merintis bisnis kerajinan pop up yang dikemas cantik dengan pigura. Umumnya souvenir ini sengaja dibuat custom, jadi konsumen bisa memesan souvenir pop up lengkap dengan nama wisudawan yang akan diberikan hadiah.

3. Lucu, sekarang selempang wisudawan jadi aksesoris yang banyak dicari mahasiswa untuk hadiah teman seperjuangan yang sudah wisuda.

bisnis kreatif selempang wisudaSelempang wisuda biasanya diberikan dari kampus tempat mereka kuliah, tapi uniknya sekarang ini malah justru jadi hadiah yang banyak dicari. Tulisannya pun bisa request sesuai permintaan konsumen, misalnya seperti mencantumkan nama dan gelar sarjana yang diperoleh, atau bisa juga menuliskan pesan lucu untuk sahabatnya yang wisuda.

4. Bikin bucket bunga dari kerajinan kain flanel, modalnya kecil harga jualnya mahal di pasaran

bisnis kerajinan flanelBudaya membawakan bunga untuk mereka yang sedang wisuda, sampai saat ini memang masih sering dilakukan banyak orang. Tapi selain bunga segar, sekarang ini justru kerajinan bucket bunga dari kain flanel yang banyak dicari sebagai hadiah wisuda. Selain karena bentuknya yang cantik menyerupai bunga asli, bucket bunga dari kerajinan kain flanel lebih awet tak seperti bunga asli yang hanya bertahan dalam hitungan hari.

5. Buat kamu yang hobi fotografi, bisa buka foto booth musiman

bisnis kreatif selempang wisudaHampir setiap moment bahagia pasti tak bisa dipisahkan dari kebiasaan foto bersama. Nah, buat kalian nih yang hobi fotografi, saatnya kamu unjuk gigi misalnya membuka peluang bisnis jasa foto booth di halaman gedung wisuda. Buat backgroun yang menarik dan tambahkan aksesoris lucu yang bisa digunakan para wisudawan untuk berfoto.

Strategi Promosi Bisnis Sampingan

Meski peluang bisnis sampingan ini banjir orderan saat musim wisuda datang, tapi bukan berarti kamu tak bisa mempromosikannya di hari-hari biasa. Pasalnya sekarang ini bucket snack, selempangan wisuda, pop up pigura, dan kerajinan bunga flanel bisa dijadikan hadiah menarik di moment-moment penting selain wisuda. Misalnya jadi hadiah saat ulang tahun, baby shower, dan acara lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan kekuatan sosial media seperti instagram dan facebook untuk mempromosikan bisnis tersebut. Apalagi sekarang ini cara pomosi di instagram semakin mudah saja, kamu bisa menggandeng para selebgram, atau bisa juga menggunakan fasilitas promosi berbayar di instagram untuk meningkatkan popularitas bisnis yang saat ini kamu jalankan.

Sekarang saatnya kamu coba memulainya, berikut ini kami informasikan salah satu analisa ekonomi kalau kamu pengen mencoba bisnis bucket snack.

Analisa Ekonomi

Modal Awal :
- Bahan baku (kain tile, lem tembak, pita)  : Rp   500.000,-
- Aneka snack (coklat, keripik, permen, dll): Rp   500.000,-
- Peralatan : gunting, cutter, penggaris    : Rp   500.000,-
Total modal                                 : Rp 1.500.000,-

Biaya operasional 
- Beli hiasan dan stok snack                : Rp 7.500.000,-
- Biaya promosi Instagram ads               : Rp   500.000,-
Total biaya operasional per bulan           : Rp 8.000.000,-

Omset per bulan 
Perkiraan pesanan per hari 5 pesanan
Harga rata-rata bucket snack : Rp 100.000,-
(5 x Rp 100.000,-) x 25 hari             : Rp 12.500.000,-

Laba Bersih
Rp 12.500.000 - Rp 8.000.000              : Rp 4.500.000,-

Semoga bermanfaat dan salam sukses!